Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pada 16 Agustus 1945, waktu Subuh, golongan pemuda menculik Soekarno-Hatta dibawa ke Rengasdengklok. Apa tujuan dari penculikan itu...

Pada 16 Agustus 1945, waktu Subuh, golongan pemuda menculik Soekarno-Hatta dibawa ke Rengasdengklok. Apa tujuan dari penculikan itu...space  

  1. Untuk mengamankan Soekarno-Hattaspace 

  2. Untuk menyusun teks proklamasispace 

  3. Untuk melaksanakan proklamasispace 

  4. Untuk berdiskusi dengan golongan tuaspace 

  5. Untuk menjauhkan Soekarno-Hatta dari pengaruh Jepangspace 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah E. Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: Pada 15 Agustus 1945 Sutan Syahrir sebagai tokoh muda yang bergerak dibawah tanah (nonkooperatif dengan Jepang) mendengar berita menyerahnya Jepang dari sekutu. Kondisi ini mendorong kalangan mudamendesak kalangan senior yang diwakili Soekarno-Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan. Kalangan muda berpendapat juga kemerdekaan sebaiknya tidak melalui PPKI, lembaga bentukan Jepang. Kondisi ini semakin memperkuat pandangan kemerdekaan Indonesiabuatan Jepang. Pemuda berharap kemerdekaan yang dilakukan adalah kemerdekaan yang dilakukan oleh bangsa sendiri, bukan karena jasaJepang. Hari Rabu tanggal 15 Agustus 1945 sekitar pukul 21.30 WIB, para pemuda yang dipimpin Wikana, dan Darwis datang di rumah Sukarno di Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta. Wikana dan Darwis memaksa Sukarno untuk memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. Para pemuda mendesak agar proklamasi malam ini dapat dilaksanakan paling lambat tanggal 16 Agustus 1945. Para pemuda tidak berhasil mendesakSoekarno. Untuk mengatasi keadaan itu, para pemuda berembug kembali untuk merencanakan strategi selanjutnya. Hasil dari pertemuan itu, disepakati Soekarno-Hatta diamankan oleh para pemuda ke Rengasdengklok, dengan tujuan agar Jepang tidak bisa mempengaruhi keduanya.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah E.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: 

Pada 15 Agustus 1945 Sutan Syahrir sebagai tokoh muda yang bergerak dibawah tanah (nonkooperatif dengan Jepang) mendengar berita menyerahnya Jepang dari sekutu. Kondisi ini mendorong kalangan muda mendesak kalangan senior yang diwakili Soekarno-Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan. Kalangan muda berpendapat juga kemerdekaan sebaiknya tidak melalui PPKI, lembaga bentukan Jepang. Kondisi ini semakin memperkuat pandangan kemerdekaan Indonesia buatan Jepang. Pemuda berharap kemerdekaan yang dilakukan adalah kemerdekaan yang dilakukan oleh bangsa sendiri, bukan karena jasa Jepang.

Hari Rabu tanggal 15 Agustus 1945 sekitar pukul 21.30 WIB, para pemuda yang dipimpin Wikana, dan Darwis datang di rumah Sukarno di Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta. Wikana dan Darwis memaksa Sukarno untuk memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. Para pemuda mendesak agar proklamasi malam ini dapat dilaksanakan paling lambat tanggal 16 Agustus 1945. Para pemuda tidak berhasil mendesak Soekarno. Untuk mengatasi keadaan itu, para pemuda berembug kembali untuk merencanakan strategi selanjutnya. Hasil dari pertemuan itu, disepakati Soekarno-Hatta diamankan oleh para pemuda ke Rengasdengklok, dengan tujuan agar Jepang tidak bisa mempengaruhi keduanya.  

Konsep Kilat Masa Awal Kemerdekaan (NEW!)

Konsep Kilat Revolusi Indonesia (NEW!)

Bedah Tipe Soal Masa Awal Kemerdekaan (NEW!)

Bedah Tipe Soal Revolusi Indonesia (NEW!)

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

414

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pembentukan Komite Nasional Indonesia pada awal kemerdekaan Indonesia bertujuan untuk ...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia