Roboguru

Organisasi Konferensi Islam (OKI) merupakan organisasi yang menaungi negara-negara Islam di dunia dan Indonesia merupakan salah satu anggota OKI. Salah satu bentuk konstribusi Indonesia dalam kegiatan OKI adalah . . . .

Pertanyaan

Organisasi Konferensi Islam (OKI) merupakan organisasi yang menaungi negara-negara Islam di dunia dan Indonesia merupakan salah satu anggota OKI. Salah satu bentuk konstribusi Indonesia dalam kegiatan OKI adalah . . . .undefined 

  1. Mengakhiri kerja sama dengan IMFundefined 

  2. Mengirim jamaah haji ke Arab Saudiundefined 

  3. Mendukung upaya kemerdekaan etnik Rohingyaundefined 

  4. Menjadi mediator dalam konflik Kamboja - Vietnamundefined 

  5. Menyelesaikan masalah etnik muslim Moro di Filipinaundefined 

Pembahasan Soal:

Indonesia menjadi salah satu anggota OKI (Organisasi Kerja Sama Islam). Peran Indonesia dalam OKI menunjukkan bahwa Indonesia selalu berusaha untuk berpartisipasi aktif dalam organisasi yang diikutinya. OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) dibentuk setelah para pemimpin dari sejumlah negara Islam menyelenggarakan Konferensi di Rabat, Maroko. Koneferensi ini diadakan pada tanggal 22 – 25 September 1969.  Salah satu bentuk konstribusi Indonesia dalam kegiatan OKI adalah menjadi mediator dalam menyelesaikan masalah minoritas Muslim Moro di Filipina Selatan.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di kalangan negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI), Indonesia dianggap sebagai anggota yang memiliki sikap positif dan konstruktif. Salah satu peran Indonesia dalam kegiatan OKI yang ...

Pembahasan Soal:

Organisasi Konferensi Islam atau OKI merupakan organisasi yang mewadahi negara-negara Islam yang dibentuk pada 22-25 September 1969. Sebagai sebuah negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, Indonesia memiliki peranan penting dalam perkembangan OKI. Beberapa peran atau kiprah Indonesia dalam OKI adalah mengakui kemerdekaan Bangladesh dari Pakistan, membela Pakistan dalam konflik dengan India, memperjuangkan kedaulatan Palestina, hingga menyelesaikan pertikaian atau konflik etnik muslim Moro di Filipina.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah E. 

0

Roboguru

Indonesia pernah mengajukan resolusi tentang . . . pada pelaksanaan KTT OKI di Thaif, Saudi Arabia.

Pembahasan Soal:

OKI didirikan berdasarkan keputusan pada konferensi di Rabat, Maroko, pada 25 September 1969 sebagai reaksi keras terhadap pembakaran masjid Al-Aqsha yang terletak di kota Quds, Yerussalem. Maka dari itu, OKI dibentuk guna menghimpun kekuatan Islam dalam sebuah organisasi Internasional. Menanggapi hal ini, negara Republik Indonesia sendiri sudah bergabung kedalam OKI sejak tahun 1969 serta selalu turut aktif berperan dalam upaya membangun solidaritas dan melawan penindasan terhadap umat Islam di dunia. Contohnya pada KTT OKI 1981 di Thaif, Arab Saudi, Indonesia mengajukan Resolusi Solidaritas Islam yang diterima baik oleh para peserta KTT saat itu. Resolusi ini kemudian menjadi dasar bagi pembentukan komite perdamaian Islam. Selain itu, peranan lain dari Indonesia yaitu turut serta mendamaikan sengketa antara Pakistan-Bangladesh, dan memperjuangkan permasalahan minoritas Muslim Moro di Filipina Selatan

.Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif dalam Organissasi Konferensi Islam OKI. Jelaskan bentuk keaktifan Indonesia dalam organisasi tersebut!

Pembahasan Soal:

Bentuk keaktifan Indonesia dalam Organisasi Konferensi Islam, yaitu:

  • mengakui kemerdekaan Bangladesh dari Pakistan,
  • menyelesaikan pertikaian Moro dengan pemerintah Filipina,
  • menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi lslam,
  • memperjuangkan kedaulatan Palestina, dan 
  • mendukung reformasi Organisasi Konferensi lslam.

Dengan demikian, peran Indonesia dalam Organisasi Konferensi Islam antara lain mengakui kemerdekaan Bangladesh dari Pakistan, menyelesaikan pertikaian Moro dengan pemerintah Filipina, dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina. 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini! Sebagai organisasi pertahanan militer bagi negara-negara Islam di dunia Wadah pemersatu umat Islam menghadapi Israel Melindungi tempat suci umat Islam Memajuka...

Pembahasan Soal:

OKI (Organisasi Konferensi Islam) atau yang kini berubah menjadi Organisasi Kerjasama Islam merupakan organisasi internsional dengan negara anggota yang memiliki seorang eprwakilan tetap di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). OKI pada awalnya berdiri sebagai solidaritas sesama muslim di dunia untuk melindungi tempat-tempat suci umat Islam. Sesuai latar belakang tersebut, maka OKI dibentuk dengan tujuan, yaitu:

  1. Melindungi tempat suci umat Islam
  2. Memajukan solodaritas antar negara anggota
  3. Membuat hubungan yang harmonis antar negara OKI dengan negara Islam

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan informasi berikut. 1) Memperkokoh dan memperkuat solidaritas di antara negara-negara yang menjadi anggotanya. 2) Melakukan aksi bersama untuk melindungi tempat-tempat suci umat islam. 3)...

Pembahasan Soal:

Organisasi ini didirikan dengan tujuan antara lain sebagai berikut.

1. Memperkokoh dan memperkuat solidaritas di antara negara-negara yang menjadi anggotanya. Mereka bekerja sama dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, negara-negara OKI mendukung perjuangan umat muslim dalam melindungi kehormatan dan hak-haknya.

2. Melakukan aksi bersama untuk melindungi tempat-tempat suci umat Islam, dan memberi dukungan serta semangat terhadap pemerintah dan warga Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya serta kebebasan untuk berdiam di wilayahnya.

3. Anggota OKI akan selalu bekerja sama menentang diskriminasi sosial yang ada dalam masyarakat dan segala bentuk penjajahan, serta menciptakan suasana yang menguntungkan dan Saling pengertian di antara negara anggota dan negara-negara lainnya..

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved