Iklan

Iklan

Pertanyaan

Indonesia pernah mengajukan resolusi tentang . . . pada pelaksanaan KTT OKI di Thaif, Saudi Arabia.

Indonesia pernah mengajukan resolusi tentang . . . pada pelaksanaan KTT OKI di Thaif, Saudi Arabia.

  1. Solidaritas Islam dunia

  2. Solidaritas muslim dunia

  3. Persatuan umat Islam dunia

  4. Penyelesaian konflik Afganistan

  5. Penyelesaian kasus minoritas Moro di Filipina

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

OKI didirikan berdasarkan keputusan pada konferensi di Rabat, Maroko, pada 25 September 1969sebagai reaksi keras terhadappembakaran masjid Al-Aqsha yang terletak di kota Quds, Yerussalem. Maka dari itu, OKI dibentuk guna menghimpun kekuatan Islam dalam sebuah organisasi Internasional. Menanggapi hal ini, negara Republik Indonesia sendiri sudah bergabung kedalam OKI sejak tahun 1969 serta selalu turut aktif berperan dalam upaya membangun solidaritas dan melawan penindasan terhadap umat Islam di dunia. Contohnya padaKTT OKI 1981 di Thaif, Arab Saudi, Indonesia mengajukan Resolusi Solidaritas Islam yang diterima baik oleh para peserta KTT saat itu. Resolusi ini kemudian menjadi dasar bagi pembentukan komite perdamaian Islam. Selain itu, peranan lain dari Indonesia yaitu turut sertamendamaikan sengketa antara Pakistan-Bangladesh,dan memperjuangkan permasalahanminoritas Muslim Moro di Filipina Selatan .Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

OKI didirikan berdasarkan keputusan pada konferensi di Rabat, Maroko, pada 25 September 1969 sebagai reaksi keras terhadap pembakaran masjid Al-Aqsha yang terletak di kota Quds, Yerussalem. Maka dari itu, OKI dibentuk guna menghimpun kekuatan Islam dalam sebuah organisasi Internasional. Menanggapi hal ini, negara Republik Indonesia sendiri sudah bergabung kedalam OKI sejak tahun 1969 serta selalu turut aktif berperan dalam upaya membangun solidaritas dan melawan penindasan terhadap umat Islam di dunia. Contohnya pada KTT OKI 1981 di Thaif, Arab Saudi, Indonesia mengajukan Resolusi Solidaritas Islam yang diterima baik oleh para peserta KTT saat itu. Resolusi ini kemudian menjadi dasar bagi pembentukan komite perdamaian Islam. Selain itu, peranan lain dari Indonesia yaitu turut serta mendamaikan sengketa antara Pakistan-Bangladesh, dan memperjuangkan permasalahan minoritas Muslim Moro di Filipina Selatan

.Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

407

K. Annisa

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif dalam Organissasi Konferensi Islam OKI. Jelaskan bentuk keaktifan Indonesia dalam organisasi tersebut!

24

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia