Roboguru

Opini penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ....

Pertanyaan

Opini penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ....space 

  1. Jepang tidak akan berkompromi dan mempertahankan wilayah Kepulauan Senkaku.space 

  2. Kapal-kapal China menyusup dan memancing emosi Jepang dan mereka menggugat.space 

  3. Negara manapun tidak menginginkan terulangnya Perang Pasifik yang terkenal kejam.space 

  4. Sebaiknya China membawa sengketa wilayah Kepulauan Senkaku ke Mahkamah Internasional.space 

  5. China harus menciptakan damai bukan memprovokasi agar sengketa terus berlanjut.space 

Pembahasan Soal:

Opini adalah sebuah pendapat, pandangan, atau anggapan. Biasanya ditandai dengan penggunaan kata  mungkin, bisa jadi, sebaiknya (seyogyanya), dan kata-kata lain yang menunjukkan sifat subjektivitas. Tajuk rencana adalah artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan.

Opini penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah sebaiknya China membawa sengketa wilayah Kepulauan Senkaku ke Mahkamah Internasional. Kalimat tersebut dikatak opini penulis karena menggunakan kata "sebaiknya" yang menunjukkan pendapat atau pandangan penulis yang bersifat subjektif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Fatimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat di atas yang berupa opini terdapat pada kalimat nomor ....

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi terhadap suatu isu/masalah aktual berdasarkan fakta yang didukung dengan data. Salah satu kebahasaan teks editorial adalah penggunaan kalimat opini. Opini adalah suatu sikap atau pendapat seseorang mengenai sebuah keadaan atau situasi.

Adapun ciri-ciri opini adalah sebagai berikut:

  1. Bersifat subjektif (menurut pihak tertentu);
  2. Kata-kata yang digunakan bersifat relatif (bisa berubah);
  3. Mengandung pendapat pribadi ataupun orang lain;
  4. Kebenarannya tidak pasti dan masih diragukan;
  5. Menjelaskan tentang hal tertentu.

Kalimat di atas yang berupa opini terdapat pada kalimat "Menurut seorang pengembang, pengembang agrobisnis dan agroindustri merupakan tuntutan perkembangan logis" (1) dan "Hasil yang dicapai mengesankan dan memuaskan" (4). Kedua kalimat tersebut merupakan kalimat opini karena sesuai dengan ciri-ciri yang terdapat pada kalimat opini. 

Kalimat pertama merupakan pendapat seseorang yang bersifat subjektif. Hal tersebut sesuai dengan ciri-ciri opini. Sementara itu, kalimat keempat mengandung kata-kata yang bersifat subjektif dan pernyataan yang bersifat relatif. Tidak ada data pasti yang mendukung pernyataan tersebut sehingga kalimat tersebut merupakan kalimat opini.

Jadi, yang merupakan kalimat opini adalah nomor 1) dan 4).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Penggunaan jasa penerbangan tentu berharap semua maskapai mencapai standar keselamatan excellent. Berbeda dengan bus kota yang boleh mogok di tengah jalan, bagi transportasi udara, kerusakan mesin dan...

Pembahasan Soal:

Opini merupakan kalimat yang mengandung pendapat pribadi seorang penulis. Opini dapat berupa saran, kritik, dan penilaian. Dalam paragraf satu, kalimat dua, penulis melakukan penilaian terhadap transportasi udara yang mengalami kerusakan mesin dan kekacauan sistem pascalepas landas. Penulis menilai hal tersebut merupakan dosa besar. Jadi, jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Pilihlah fakta atau opini pada setiap pernyataan berikut!

Pembahasan Soal:

Teks editorial merupakan opini yang berisi pendapat dan sikap resmi suatu media sebagai institusi penerbitan terhadap persoalan aktual, fenomenal, atau kontroversial yang berkembang dalam masyarakat. Teks editorial memang didominasi oleh opini penulis terhadap suatu permasalahan, akan tetapi penulis pun harus menyampaikan fakta yang ada di lapangan mengenai hal tersebut. 

Fakta merupakan perihal keadaan atau peristiwa yang nyata dan benar-benar terjadi. Sedangkan opini menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pendapat; pikiran; dan pendirian. 

Pernyataan "Tingkat konsumsi ikan di Indonesia jauh lebih rendah dari negara tetangga" merupakan bagian dari fakta karena dalam teks editorial yang tersaji, tertera jika konsumsi ikan di Indonesia mencapai 41 kilogram (kg) per kapita per tahun, Malaysia mencapai 70 kilogram (kg) per kapita per tahun, dan Singapura mencapai 80 kilogram (kg) per kapita per tahun. 

Dengan demikian, pernyataan "Tingkat konsumsi ikan di Indonesia jauh lebih rendah dari negara tetangga" merupakan bagian dari fakta. 

 

0

Roboguru

Status negara berpendapatan menengah menurut Sri Mulyani, ditandai dengan modernisasi, disimbolkan antara lain oleh munculnya gedung-gedung tinggi, hotel berbintang, dan restoran mewah. Namun, pada sa...

Pembahasan Soal:

Pihak yang ingin dituju penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah (D) Pendapat Sri Mulyani. Hal ini diketahui dari kalimat pertama paragraf pertama "... menurut Sri Mulyani, ditandai dengan modernisasi, disimbolkan antara lain oleh munculnya gedung-gedung tinggi, hotel berbintang, dan restoran mewah." dan didukung kalimat pertama paragraf terakhir., Harus diakui bahwa kita belum sanggup menegakkan prasyarat di atas dengan konsisten.

0

Roboguru

Data dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk anak-anak (UNICEF) menyebutkan, 36 persen anak usia dibawah lima tahun berarti satu dari tiga anak menderita kurang gizi kronis pada tahun 2012. Indonesia m...

Pembahasan Soal:

Opini adalah pendapat penulis yang tertuang dalam teks editorial. Opini penulis dalam teks editorial dapat juga diartikan sebagai tesis atau isu utama yang dibahas dalam teks tersebut. Opini atau hal utama yang dibahas dalam teks di atas adalah penyebab kurang gizi adalah ketiadaan akses untuk mendapatkan gizi yang baik. Hal inilah yang merupakan opini yang menjiwai isi paragraf di atas. Selain itu, opini tidak disertai dengan bukti data. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved