Roboguru

Pilihlah fakta atau opini pada setiap pernyataan berikut!

Pertanyaan

Pilihlah fakta atau opini pada setiap pernyataan berikut!undefined 


undefined 

Pembahasan Soal:

Teks editorial merupakan opini yang berisi pendapat dan sikap resmi suatu media sebagai institusi penerbitan terhadap persoalan aktual, fenomenal, atau kontroversial yang berkembang dalam masyarakat. Teks editorial memang didominasi oleh opini penulis terhadap suatu permasalahan, akan tetapi penulis pun harus menyampaikan fakta yang ada di lapangan mengenai hal tersebut. 

Fakta merupakan perihal keadaan atau peristiwa yang nyata dan benar-benar terjadi. Sedangkan opini menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pendapat; pikiran; dan pendirian. 

Pernyataan Pendistribusian ikan tidak berjalan dengan baik termasuk ke dalam bagian opini. Hal ini dikarenakan, di dalam teks editorial yang disajikan hanya memuat pendapat, tidak dilengkapi dengan data dan bukti akurat yang menunjukkan jika pendistribusian ikan tidak berjalan dengan baik. 

Dengan demikian, pernyataan "Pendistribusian ikan tidak berjalan dengan baik" termasuk ke dalam bagian opini.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 23 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bacalah kutipan teks editorial berikut! (1) Pernah terpikir soal berapa banyak pengguna internet saat ini? (2) “Bila Anda ingin memerdekakan sebuah masyarakat,” ujar Wael Ghonim, “yang Anda butuhkan...

Pembahasan Soal:

Fakta merupakan hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Fakta pada paragraf di atas terdapat pada kalimat (4), yaitu “Kala itu, Mesir sedang dalam masa revolusi yang akan menggulingkan pemerintahan otoriter Mubarak.” Fakta pada kalimat tersebut ditandai oleh kala itu yang berarti ‘waktu itu’. Dengan demikian, peristiwa yang disebutkan dalam kalimat (4) telah terjadi (fakta).

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Walaupun sejak tahun 2005 setiap 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, bobot kesaktian Pancasila makin hilang. Kesaktian Pancasila yang dulu diagungkan, bagi generasi sekarang diangg...

Pembahasan Soal:

Opini yang disampaikan oleh penulis adalah berkaitan dengan semakin lunturnya kesaktian Pancasila sebagai batu sendi dan common platform bernegara di Indonesia karena rencana pemerintah menjadikan Pancasila sebagai salah satu pilar kehidupan berbangsa. Oleh karena itu, tujuan penulis menyampaikan opini tersebut adalah kepada pemerintah agar mengembalikan fungsi Pancasila sebagai batu sendi dan common platform bernegara di Indonesia. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Kalimat pernyataan di atas yang berupa opini terdapat pada nomor ...

Pembahasan Soal:

Kalimat pernyataan di atas yang berupa opini terdapat pada nomor satu (1) ditandai dengan kalimat Menurut seorang pengembang. Pengembang agrobisnis dan agroindustri merupakan tuntutan perkembangan logis, kata menurut pada kalimat tersebut merupakan sebuah pandangan subjektif tidak didasarkan pada data akurat.space 

0

Roboguru

Status negara berpendapatan menengah menurut Sri Mulyani, ditandai dengan modernisasi, disimbolkan antara lain oleh munculnya gedung-gedung tinggi, hotel berbintang, dan restoran mewah. Namun, pada sa...

Pembahasan Soal:

Opini penulis adalah pendapat pribadi penulis yang tertuang dalam sebuah teks. Dalam tajuk rencana di atas, opini penulis terlihat melalui kalimat persuasif "Marilah kita bangkit dengan menjadi bangsa yang sanggup merespons tantangan zaman." Oleh karena itu jawaban yang paling tepat adalah jawaban E.

0

Roboguru

Kalimat fakta pada tajuk rencana tersebut terdapat pada ....

Pembahasan Soal:

Teks editorial, disebut juga tajuk rencana adalah artikel utama yang ditulis oleh redaktur koran yang merupakan pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa (berita) aktual (sedang menjadi sorotan), fenomenal, dan kontroversial (menimbulkan perbedaan pendapat). Dalam teks editorial terdapat kalimat fakta. Kalimat fakta adalah kalimat berupa hal, keadaan, peristiwa yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar terjadi. Fakta sulit terbantahkan karena dapat dilihat, didengar, atau diketahui oleh banyak pihak.

Kalimat fakta pada teks tersebut terletak pada paragraf pertama kalimat kedua yaitu Tari Pendet yang sangat dicintai masyarakat Bali telah digunakan negeri jiran itu untuk promosi pariwisatanya. Peristiwa tersebut merupakan sesuatu yang benar-benar terjadi yang dapat dibuktikan dengan dilihat, didengar, serta diketahui oleh banyak yaitu adanya promosi pariwisata Malaysia.
Dengan demikian, kalimat fakta pada tajuk rencana tersebut terdapat pada paragraf pertama kalimat kedua.   

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved