Roboguru

Opini penulis yang sesuai dengan teks editorial tersebut adalah ...

Pertanyaan

Opini penulis yang sesuai dengan teks editorial tersebut adalah ...space 

  1. Hasil survei Gallup Korea yang menyatakan mayoritas warga tidak yakin perang di Semenanjung Korea akan terjadi menarik sekaligus melegakan.space 

  2. Survei terakhir mengungkapkan 58 persen responden melihat tidak mungkin Korea Utara (Korut) memicu perang hanya 37 persen responden yang berpikir bahwa perang akan dipicu oleh Pyongyang.space 

  3. Pada survei 2007, hanya 45 persen responden yang memperkirakan perang tidak akan pecah.space 

  4. Sebanyak 51 persen responden berpikir Korut akan memicu perang.space 

  5. Sejumlah negara terus berusaha mencari jalan untuk menyelesaikan masalah secara damai.space 

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah jenis teks yang berisi pendapat penulis terhadap sebuah isu aktual yang terjadi, teks editorial dapat ditemukan di surat kabar.

Pada teks editorial terdapat fakta dan opini terkait isu yang sedang dibahas. Fakta adalah sesuatu yang benar-benar terjadi salah satu ciri fakta adalah disertai dengan data yang valid, sedangkan opini adalah kalimat yang mengandung pendapat, pikiran, dan pendirian penulis.

  1. Hasil survei Gallup Korea yang menyatakan mayoritas warga tidak yakin perang di Semenanjung Korea akan terjadi menarik sekaligus melegakan. Kalimat ini merupakan opini karena hasil survei tersebut menarik sekaligus melegakan merupakan pendapat dari penulis.
  2. Survei terakhir mengungkapkan 58 persen responden melihat tidak mungkin Korea Utara (Korut) memicu perang hanya 37 persen responden yang berpikir bahwa perang akan dipicu oleh Pyongyang. Kalimat ini merupakan fakta karena benar-benar terjadi dan didukung dengan data yang valid.
  3. Pada survei 2007, hanya 45 persen responden yang memperkirakan perang tidak akan pecah. Kalimat ini merupakan fakta karena benar-benar terjadi dan didukung dengan data yang valid pada survei yang dilakukan pada tahun 2007.
  4. Sebanyak 51 persen responden berpikir Korut akan memicu perang. Kalimat ini merupakan fakta karena benar-benar terjadi dan didukung dengan data yang valid pada survei yang dilakukan pada tahun 2007.
  5. Sejumlah negara terus berusaha mencari jalan untuk menyelesaikan masalah secara damai. Kalimat ini merupakan fakta karena benar-benar terjadi dan dibuktikan oleh kalimat, Sejumlah negara terus berusaha mencari jalan untuk menyelesaikan masalah secara damai, sekalipun ada perbedaan sikap antara AS dan Rusia, misalnya, tentang bagaimana caranya meredam "gejolak darah muda" pemimpin Korut.

Maka, opini penulis yang sesuai dengan teks editorial tersebut adalah hasil survei Gallup Korea yang menyatakan mayoritas warga tidak yakin perang di Semenanjung Korea akan terjadi menarik sekaligus melegakan.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu keluhan wajib pajak adalah terbatasnya bank dan loket yang melayani embayaran PBB. Pemerintah daerah engnginkan pembayaran dilakukan di bank pembangunan daerah (BPD) agar BPD dapat menghimp...

Pembahasan Soal:

Opini merupakan pernyataan yang belum tentu dapat dibuktikan kebenarannya. Dalam hal ini, opini selalu bersifat subjektif dan sesuai pandangan orang yang mengatakannya. Opini penulis dalam teks tersebut adalah (B) Keinginan pemerintah daerah untuk menghimpun dana di BPD jangan mengalahkan kualitas pelayanan pada masyarakat. Hal ini semakin diperkuat oleh kalimat Meski demikian, keinginan tersebut jangan sampai mengalahkan layanan pada wajib pajak.

0

Roboguru

Status negara berpendapatan menengah menurut Sri Mulyani, ditandai dengan modernisasi, disimbolkan antara lain oleh munculnya gedung-gedung tinggi, hotel berbintang dan restoran mewah. Namun, pada saa...

Pembahasan Soal:

Opini penulis adalah pendapat pribadi penulis yang tertuang dalam sebuah teks. Dalam tajuk rencana diatas, opini penulis terlihat melalui kalimat persuasif "Marilah kita bangkit dengan menjadi bangsa yang sanggup merespons tantangan zaman." Oleh karena itu jawaban yang paling tepat adalah jawaban E

0

Roboguru

Bacalah kutipan teks editorial berikut dengan cermat!     Kemarin, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengumumkan komitmen bersama dengan para anggotanya untuk memberlakukan kebijakan Kant...

Pembahasan Soal:

Kata kemarin dan sudah merupakan kata yang dapat menandai sebuah fakta, yaitu hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Kata kemarin berarti ‘hari sebelum hari ini’ dan sudah berarti ‘telah jadi; telah sedia; selesai’. Kata kemarin dan sudah yang terdapat pada teks di atas menunjukkan bahwa peristiwa dalam teks tersebut benar-benar ada atau terjadi (fakta).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Opini penulis sebagai alternatif solusi pada tajuk tersebut terdapat pada kalimat ...

Pembahasan Soal:

Teks editorial atau tajuk adalah jenis teks yang berisi pendapat penulis terhadap sebuah isu aktual yang terjadi, teks editorial dapat ditemukan di surat kabar.

Opini adalah kalimat yang mengandung pendapat, pikiran, dan pendirian dikemukakan oleh penulis. Opini dapat disampaikan dalam bentuk saran, solusi, maupun kritik. Pada setiap tajuk penulis selalu memaparkan opininya terhadap suatu isu yang sedang dibahas.

Solusi penulis terdapat pada kalimat nomor 5, yaitu Presiden bisa kembali ke dokumen Nawacita yang mengantarkannya menjadi presiden: "Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermatabat, dan terpercaya". Pada kalimat tersebut penulis tajuk memberikan opini berupa alternatif solusi yang bisa dilakukan untuk isu yang sedang dibahas. Maka, opini penulis sebagai alternatif solusi pada tajuk tersebut terdapat pada kalimat nomor 5.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Olahraga sangat membantu pertahanan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Rajin berolahraga, antara lain, membuat kita dapat tidur nyenyak. Olahraga juga membuat kita menjadi orang yang selalu ...

Pembahasan Soal:

Fakta pengalaman tentang orang-orang yang biasa berolahraga dibutuhkan untu mengetahui dampak positif bagi kesehatan setelah melakukan olahraga. Jawaban A tidak tepat karena jumlah penyakit yang biasa menyerang tubuh tidak ada hubungannya dengan kebiasaan berolahraga. Jawaban C tidak tepat karena cara berolahraga yang baik belum tentu mengetahui cara agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Jawaban D tidak tepat karena teks tersebut tidak membicarakan penyakit kanker. Jawaban E tidak tepat karena macam-macam penyakit berbahay tidak berpengaruh dengan pembahasan berolahraga dapat menghindari penyakit.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved