Pertanyaan

Nissa akan melakukan praktikum hukum Faraday 1, yang pertama kali akan Nissa lakukan yaitu memberikan arus listrik sebesar 1 Faraday ke dalam larutan NiSO 4 ​ . Jika pengukuran yang dilakukan Nissa dalam keadaan standar, maka berapakah volume O 2 ​ yang akan dihasilkan pada anoda yang diukur?

Nissa akan melakukan praktikum hukum Faraday 1, yang pertama kali akan Nissa lakukan yaitu memberikan arus listrik sebesar 1 Faraday ke dalam larutan . Jika pengukuran yang dilakukan Nissa dalam keadaan standar, maka berapakah volume yang akan dihasilkan pada anoda yang diukur?space

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Bunyi Hukum Faraday 1 adalah massa zat yang diperoleh pada suatu elektroda selama proses elektrolisis akan berbanding lurus dengan muatan strik yang digunakan. Ketika larutan dielektrolisis maka mengalami reduksi yang terjadi di katoda sedangkan pada anoda, mengalami oksidasi sedangkan yang merupakan sisa asam tidak mengalami oksidasi di anoda. Reaksi yang terjadi pada anoda dan katoda sebagai berikut: Katoda : Anoda : Hukum Faraday 1 menyatakan bahwa 1 Faraday = 1 mol elektron. Dengan menggunakan rumus perbandingan mol sama dengan perbandingan koefisien, mol yang dihasilkan adalah 0,25 Volume yang terbentuk pada keadaan standar sebagai berikut: Volume = mol x 22,4 L/mol Volume = 0,25 mol x 22,4 L/mol Volume = 5,6 L J adi, volume yang terbentuk pada anoda yang diukur adalah 5,6 L.

Bunyi Hukum Faraday 1 adalah massa zat yang diperoleh pada suatu elektroda selama proses elektrolisis akan berbanding lurus dengan muatan strik yang digunakan.

Ketika larutan Ni S O subscript 4 dielektrolisis maka Ni to the power of 2 plus sign mengalami reduksi yang terjadi di katoda sedangkan pada anoda, H subscript 2 O mengalami oksidasi sedangkan S O subscript 4 to the power of 2 minus sign end exponent yang merupakan sisa asam tidak mengalami oksidasi di anoda. Reaksi yang terjadi pada anoda dan katoda sebagai berikut:

Katoda : 2 Ni to the power of 2 plus sign and 4 e to the power of minus sign yields 2 Ni

Anoda  : 2 H subscript 2 O yields 4 H to the power of plus sign and O subscript 2 and 4 e to the power of minus sign

Hukum Faraday 1 menyatakan bahwa 1 Faraday = 1 mol elektron.

Dengan menggunakan rumus perbandingan mol sama dengan perbandingan koefisien, mol O subscript 2 yang dihasilkan adalah 0,25

Volume O subscript 2 yang terbentuk pada keadaan standar sebagai berikut:

Volume O subscript 2 = mol O subscript 2 x 22,4 L/mol

Volume O subscript 2 = 0,25 mol x 22,4 L/mol

Volume O subscript 2 = 5,6 L

Jadi, volume O subscript 2 yang terbentuk pada anoda yang diukur adalah 5,6 L.space

83

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika arus listrik 10 Ampere dialirkan selama 965 detik ke dalam larutan asam sulfat, maka volume gas oksigen yang dihasilkan dalam keadaan stadar (STP) adalah . . . .

18rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia