Roboguru

Nilai yang terkandung dalam penggalan hikayat di atas adalah....

Pertanyaan

Nilai yang terkandung dalam penggalan hikayat di atas adalah.... 

  1. nilai agama 

  2. nilai sosial 

  3. nilai estetika (keindahan) 

  4. nilai edukasi (pendidikan) 

  5. nilai budaya 

Pembahasan Soal:

    Hikayat merupakan karya sastra lama berisi cerita maupun biografi yang bersifat historis berkaitan dengan keagamaan dan perilaku manusia. Pada umumnya, hikayat berbahasa Melayu karena berasal dari bangsa Melayu. Hikayat menceritakan kehidupan dalam kerajaan pada zaman dahulu, tetapi bersifat pralogis.

    Hikayat banyak mengandung nilai kehidupan. Nilai-nilai kehidupan tersebut dapat berupa nilai religi (agama), moral, budaya, sosial, edukasi (pendidikan), dan estetika (keindahan).

    Dilihat dari kutipan hikayat berikut

Maka anakanda yang mulia baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.

    Terlihat bahwa nilai kehidupan yang terkandung dalam kutipan tersebut yaitu nilai agama. Hal ini dapat dibuktikan pada pernyataan "...dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya". Nilai agama tersebut masih ada hingga saat ini.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Mariam

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa nilai yang menonjol dalam cuplikan hikayat tersebut? Jelaskan alasan Anda

Pembahasan Soal:

Dalam sebuah hikayat, ada beberapa nilai di dalamnya, diantaranya:

1. Nilai religi, nilai yang berkaitan dengan agama dan ketuhanan.
2. Nilai moral, nilai yang berkaitan dengan kemanusiaan.
3. Nilai budaya, nilai yang berkaitan dengan pola hidup pada suatu masyarakat tertentu yang ada pada zamannya.
4. Nilai sosial, nilai yang berkaitan dengan hakikat manusia sebagai makhluk yang senantiasa berinteraksi dengan orang lain serta tidak dapat hidup sendiri.
5. Nilai edukasi, nilai yang berkaitan dengan segala hal yang berbentuk pendidikan dalam artian yang umum atau luas.
6. Nilai estetika, nilai yang berkaitan dengan keindahan.

Nilai yang menonjol dalam cuplikan hikayat tersebut adalah nilai moral yang ditunjukan pada perkataan Seri Laut yang mengatakan bahwa "Jangan suka mendengar asut petenah, buah bicara orang penghasut. Akhirnya, badan yang menanggung. Menanggung dendam siang malam, hidup bagai hantu rimba," demikianlah kata Seri Laut sambil menangis." 

Dengan demikian, nilai yang menonjol dalam cuplikan hikayat tersebut adalah nilai moral.space 

0

Roboguru

Nilai moral yang terdapat dalam kutipan sastra Melayu klasik tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Hikayat adalah karya sastra klasik yang mengisahkan lengkap tentang kekuatan, kesaktian serta mukjizat. Salah satu unsur intrinsik hikayat adalah amanat. 

Salah satu nilai yang terkandung dalam hikayat adalah moral. Secara umum, nilai moral adalah nasihat-nasihat yang berkaitan dengan budi pekerti, perilaku, atau tata susila yang dapat diperoleh pembaca dari cerita yang dibaca atau dinikmatinya.

Teks hikayat di atas,berisi tentang Indera Bangsawan yang mendengar kabar bahwa kesembilan anak raja ingin membunuh buraksa. Indera Bangsawan yang mengetahui hal tersebut, langsung berangkat menghadap raja dan meminta agar Ia dapat membantunya karena Indera Bangsawan mengetahui bahwa tidak ada yang bisa membunuh buraksa itu selain dirinya.

Pada hikayat di atas,terdapat nilai moral budi baik yang dapat dipetik oleh pembaca, yaitu kepedulian rakyat atas keselamatan rajanya. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap Indera Bangsawan yang ingin menolong kesembilan anak raja yang akan membunuh buraksa, yang menurutnya tidak akan bisa dilakukan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C. 

0

Roboguru

Nilai sosial yang tampak pada kutipan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Hikayat merupakan salah satu cerita rakyat yang disampaikan secara turun-temurun, biasanya diceritakan dari mulut ke mulut. Hikayat mengandung nilai-nilai kehidupan, seperti nilai religius (agama), moral, sosial, budaya, pendidikan, maupun estetika (keindahan).

Nilai sosial merupakan segala prinsip yang berlaku di masyarakat dan menjadi pedoman hidup anggota masyarakat.

Niai sosial yang tampak pada kutipan tersebut adalah menolong sesama dari kesulitan atau bahaya. Berdasarkan kutipan: demi didengar oleh segala tekukur itu akan titah rajanya, sekaliannya itu pun terbanglah ke udara membawa jaring itu. Kalimat tersebut menunjukkan nilai sosial dari tolong menolong.


Dengan demikian jawaban yang benar adalah C.space 

0

Roboguru

Nilai moral yang terdapat dalam kutipan hikayat tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Hikayat adalah karya sastra lama melayu yang menceritakan kehidupan kerajaan atau bangsawan di masa lampau. Dalam hikayat, terdapat nilai-nilai kehidupan yang juga disebut sebagai nilai ekstrinsik. Salah satu nilai ekstrinsik hikayat adalah nilai moral, yaitu nilai akhlak atau sikap baik dan buruk manusia. Pada hikayat di atas, diceritakan bahwa Hatta memberikan emas kepada orang tua itu setulus hati. Oleh karena itu, nilai moral yang terdapat dalam kutipan hikayat tersebut adalah kita harus membantu orang yang membutuhkan bantuan dengan ikhlas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Nilai didik yang dapat diambil dari kutipan hikayat tersebut adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Hikayat mengandung nilai-nilai kehidupan, seperti nilai religius (agama), moral, sosial, budaya, pendidikan, maupun estetika (keindahan).
Nilai didik merupakan pesan atau nasihat yang dapat diteladani oleh pembaca dari cerita tersebut yang diharapkan dapat memperbaiki budi pekerti.

Adapun nilai didik yang sesuai dengan kutipan hikayat tersebut adalah kita tidak boleh menambah kerumitan setiap masalah. Berdasarkan kutipan: Kakak-kakaknya pun diam seribu bahasa. Kalimat tersebut menggambarkan perilaku yang baik ketika telah melakukan kesalahan. Sikap tersebut menyiratkan perilaku tidak bertanggungjawab atau tidak mengakui kesalahan yang dilakukan. Hal tersebut akan memperumit permasalahan yang sedang terjadi. 


Dengan demikian jawaban yang benar adalah pilihan B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved