Roboguru

Nilai moral yang tertuang dalam penggalan cerita di atas tampak pada perbuatan …

Pertanyaan

Nilai moral yang tertuang dalam penggalan cerita di atas tampak pada perbuatan … 

  1. menghormati orang lain 

  2. mendahulukan kepentingan umum 

  3. menegur orang dengan bahasa yang sopan 

  4. menolong orang yang sedang menderita 

  5. membantu orang yang sedang bersedih hati 

Pembahasan Soal:

Hikayat adalah karya sastra klasik yang mengisahkan lengkap tentang kekuatan, kesaktian serta mukjizat. Salah satu unsur intrinsik hikayat adalah amanat. 

Salah satu nilai yang terkandung dalam hikayat adalah moral. Secara umum, nilai moral adalah nasihat-nasihat yang berkaitan dengan budi pekerti, perilaku, atau tata susila yang dapat diperoleh pembaca dari cerita yang dibaca atau dinikmatinya.

Hikayat di atas menceritakan tentang baginda yang sedang bersedih hati, kemudian ada seseorang yang ingin bertanya kepadanya. Namun baginda tak ingin membahasnya sambil bermuka sedih. Seseorang tersebut kemudian menghiburnya dengan mengatakan jika orang yang bijak tak akan pernah menyerah dan berlarut-larut dalam kesedihan karena hanya akan menggerogoti jasad.

Dari cerita tersebut, dapat disimpulkan nilai moral yang tertuang dalam penggalan cerita di atas tampak pada perbuatan membantu orang yang sedang bersedih hati. Hal tersebut dapat dilihat dari sang adinda yang ingin menghibur  baginda.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Nilai sosial yang terdapat pada kutipan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Nilai sosial adalah nilai yang berkaitan dengan tata pergaulan antara individu dalam masyarakat. Kutipan teks di soal berisi tentang raja yang telah meninggal di suatu negeri. Raja tersebut tidak memiliki anak untuk meneruskannya menjadi raja. Maka seluruh menteri, hulubalang, dan orang-orang lainnya membicarakan tentang pengganti raja. Ada seorang menteri yang tua mengatakan kepada semua yang hadir agar berbicara dalam musyawarah.
Dengan demikian, nilai sosial yang terdapat pada kutipan tersebut adalah memberi kesempatan berbicara kepada semua yang hadir dalam musyawarah.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space

0

Roboguru

Nilai moral yang terungkap dalam kutipan hikayat tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Nilai moral adalah nilai yang dapat memberikan ajaran yang berkaitan dengan etika atau moral. Dalam hal ini berkaitan dengan perkataan atau perbuatan tokoh dengan nilai baik-buruk. Hikayat di soal tersebut berisi tentang cerita seekor kera yang melihat pencari kayu. Ketika pencari kayu pulang karena lapar, kera menggerak-gerakkan baji pada kayu, dan ekor kera terjepit di belahan kayu, maka kera itu mati. Pencari kayu datang dan melihat kera yang terjepit, lalu diambil dan dibuang. Hal yang perlu dicermati adalah perkataan Kalila: "Hai Damina, inilah perinya yang perdulikan pekerjaan orang bukan pekerjaan dirinya adalah seperti kata syair yang pekerjaan utas bukannya pekerjaan kera itu, demikian umpamanya." Berdasarkan kutipan tersebut, kita tidak seharusnya melakukan pekerjaan orang lain yang bukan pekerjaan kita, seperti pekerjaan utas (pencari) kayu bukanlah pekerjaan kera.
Dengan demikian, nilai moral yang terungkap dalam kutipan hikayat tersebut adalah mengingat orang lain agar tidak ceroboh.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.space

0

Roboguru

Nilai yang terkandung pada penggalan hikayat di atas yaitu ...

Pembahasan Soal:

Hikayat adalah karya sastra klasik yang mengisahkan lengkap tentang kekuatan, kesaktian serta mukjizat. Salah satu unsur intrinsik hikayat adalah amanat. 

Nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat, diantaranya:

  1. Nilai sosial, yaitu kaitannya dengan hubungan antar manusia.
  2. Nilai religius (keagamaan), yaitu kaitannya dengan hal-hal keagamaan.
  3. Nilai moral (etika), yaitu kaitannya dengan moral perilaku manusia
  4. Nilai pendidikan (edukatif), yaitu kaitannya dengan permasalahan-permasalahan pendidikan manusia.
  5. Nilai budaya, yaitu kaitannya dengan budaya/kebiasaan/tradisi yang berlangsung di dalam masyarakat.

Pada hikayat di atas,terdapat nilai religius (agama). Hal tersebut dapat ditunjukan dari kata "mengaji". Istilah mengaji merujuk pada aktivitas membaca Al Qur'an atau membahas kitab-kitab oleh penganut agama Islam. 

Jadi, mengaji termasuk dalam hal-hal yang berkaitan dengan keagamaan. Oleh karena itu, nilai yang terkandung dalam hikayat di atas adalah nilai agama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B. 

0

Roboguru

Syahdan maka segala orang-orang besar itupun datanglah menghadap sang Suparba, maka sembahnya, Terlalu bahagianya kami sekalian sebab duli Yang Dipertuan sampai ke negeri kami ini, tetapi tuanku, di d...

Pembahasan Soal:

Nilai budaya merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang sekitar yang sudah menjadi tradisi. Dalam teks hikayat tersebut, nilai budaya yang terdapat di dalamnya adalah meminta tolong kepada raja yang tedapat pada kalimat "....dan jikalau kami ada derma karunia tuanku, hendaklah tuanku bunuhkan ular itu, karena kami sekalian tada dapat membunuh ular itu..."

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Adapun raja di Kota Maligai itu namanya Paya Tu Kerub Mahajana. Maka Paya Tu Kerub Mahajana pun beranak seorang laki-laki, maka dinamai anakanda baginda itu Paya Tu Antara. Hatta berapa lamanya maka P...

Pembahasan Soal:

Nilai sosial adalah nilai yang berkaitan dengan hubungan antarmanusia dalam sebuah lingkungan. Dalam kutipan di atas, hal yang berkaitan dengan nilai sosial adalah kepekaan Sang Raja pada peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Hal ini menunjukkan bahwa Sang Raja memiliki jiwa sosial yang baik. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved