Roboguru

Nilai moral yang terdapat dalam kutipan sastra Melayu klasik tersebut adalah ....

Pertanyaan

Nilai moral yang terdapat dalam kutipan sastra Melayu klasik tersebut adalah .... 

  1. kekacauan penduduk akibat hasutan 

  2. ketidakpedulian raja kepada rakyatnya 

  3. kepedulian rakyat atas keselamatan rajanya 

  4. kekejaman raja terhadap rakyatnya 

  5. keadilan seorang raja kepada rakyatnya 

Pembahasan Soal:

Hikayat adalah karya sastra klasik yang mengisahkan lengkap tentang kekuatan, kesaktian serta mukjizat. Salah satu unsur intrinsik hikayat adalah amanat. 

Salah satu nilai yang terkandung dalam hikayat adalah moral. Secara umum, nilai moral adalah nasihat-nasihat yang berkaitan dengan budi pekerti, perilaku, atau tata susila yang dapat diperoleh pembaca dari cerita yang dibaca atau dinikmatinya.

Teks hikayat di atas,berisi tentang Indera Bangsawan yang mendengar kabar bahwa kesembilan anak raja ingin membunuh buraksa. Indera Bangsawan yang mengetahui hal tersebut, langsung berangkat menghadap raja dan meminta agar Ia dapat membantunya karena Indera Bangsawan mengetahui bahwa tidak ada yang bisa membunuh buraksa itu selain dirinya.

Pada hikayat di atas,terdapat nilai moral budi baik yang dapat dipetik oleh pembaca, yaitu kepedulian rakyat atas keselamatan rajanya. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap Indera Bangsawan yang ingin menolong kesembilan anak raja yang akan membunuh buraksa, yang menurutnya tidak akan bisa dilakukan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Nilai didik yang dapat diambil dari kutipan hikayat tersebut adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Hikayat mengandung nilai-nilai kehidupan, seperti nilai religius (agama), moral, sosial, budaya, pendidikan, maupun estetika (keindahan).
Nilai didik merupakan pesan atau nasihat yang dapat diteladani oleh pembaca dari cerita tersebut yang diharapkan dapat memperbaiki budi pekerti.

Adapun nilai didik yang sesuai dengan kutipan hikayat tersebut adalah kita tidak boleh menambah kerumitan setiap masalah. Berdasarkan kutipan: Kakak-kakaknya pun diam seribu bahasa. Kalimat tersebut menggambarkan perilaku yang baik ketika telah melakukan kesalahan. Sikap tersebut menyiratkan perilaku tidak bertanggungjawab atau tidak mengakui kesalahan yang dilakukan. Hal tersebut akan memperumit permasalahan yang sedang terjadi. 


Dengan demikian jawaban yang benar adalah pilihan B.

0

Roboguru

Nilai budaya yang terdapat dalam naskah tersebut terletak pada nomor ....

Pembahasan Soal:

Nilai budaya adalah nilai yang dapat memberikan atau mengandung hubungan yang mendalam dengan suatu masyarakat, peradaban, atau kebudayaan. Kalimat yang perlu dicermati adalah Maka dengan takdir Allah ta'ala lembu kenaikan baginda itu pun muntahkan buih, maka keluarlah daripada buih itu seorang manusia laki-laki dinamai Bat dan destarnya terlalu besar. Berdasarkan kalimat tersebut menjelaskan suatu mukjizat dari sang maha Pencipta. Nilai tersebut merupakan nilai dalam suatu masyarakat terkait kepercayaan adanya mukjizat.
Dengan demikian, nilai budaya yang terdapat dalam naskah tersebut terletak pada nomor (4).

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space

0

Roboguru

Perhatikan kutipan hikayat berikut untuk menjawab soal nomor 3 hingga 5! Di suatu negeri nun jauh hiduplah seorang tua bersama keluarganya. Pekerjaan si Tua itu sehari-hari menangkap burung dan ayam ...

Pembahasan Soal:

Hikayat merupakan karya sastra yang kaya akan nilai-nilai kehidupan. Nilai paling menonjol yang terdapat pada kutipan hikayat di atas adalah nilai moral, yaitu nilai yang berkaitan dengan kemanusiaan; berkaitan dengan ajaran tentang baik buruk yang diterima secara umum. Kutipan hikayat di atas bercerita tentang seorang pemuda yang dengan sombongnya menantang seorang kakek tua untuk berlomba menangkap ayam. Karena rupanya sang kakek benar-benar hebat menangkap ayam, si pemuda merasa malu. Cerita tersebut mengajarkan bahwa perbuatan sombong dan menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya merupakan hal yang tidak boleh dilakukan. Itulah nilai moral dalam cerita tersebut. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Nilai sosial yang tampak pada kutipan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Hikayat merupakan salah satu cerita rakyat yang disampaikan secara turun-temurun, biasanya diceritakan dari mulut ke mulut. Hikayat mengandung nilai-nilai kehidupan, seperti nilai religius (agama), moral, sosial, budaya, pendidikan, maupun estetika (keindahan).

Nilai sosial merupakan segala prinsip yang berlaku di masyarakat dan menjadi pedoman hidup anggota masyarakat.

Niai sosial yang tampak pada kutipan tersebut adalah menolong sesama dari kesulitan atau bahaya. Berdasarkan kutipan: demi didengar oleh segala tekukur itu akan titah rajanya, sekaliannya itu pun terbanglah ke udara membawa jaring itu. Kalimat tersebut menunjukkan nilai sosial dari tolong menolong.


Dengan demikian jawaban yang benar adalah C.space 

0

Roboguru

Nilai moral yang tertuang dalam penggalan cerita tersebut tampak pada perbuatan ....

Pembahasan Soal:

Hikayat adalah karya sastra lama melayu yang menceritakan kehidupan kerajaan atau bangsawan di masa lampau. Dalam hikayat, terkandung banyak nilai-nilai dalam kehidupan, salah satunya adalah nilai moral, yaitu akhlak atau sikap baik dan buruk manusia. Pada penggalan hikayat di atas, diceritakan bahwa tokoh adinda menghormati tokoh baginda. Oleh karena itu, nilai moral yang tertuang dalam penggalan cerita tersebut tampak pada perbuatan menghormati orang lain.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved