Roboguru

Nilai moral dalam kutipan teks cerita sejarah tersebut adalah ....

Pertanyaan

Nilai moral dalam kutipan teks cerita sejarah tersebut adalah ....space 

  1. memandang sama kedudukan orang lainspace 

  2. membantu orang tanpa mengharap imbalanspace 

  3. menyerahkan semua masalah kepada Tuhanspace 

  4. menghormati orang yang berusia lebih tuaspace 

  5. mensyukuri nikmat sehat yang diberikan Tuhan space 

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, moral merupakan ajaran baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dan sebagainya. Nilai moral berkaitan dengan akhlak, budi pekerti, dan tindakan susila manusia. Nilai moral dapat diketahui dengan membaca teks cerita sejarah. Nilai moral dapat ditemukan pada narasi ataupun dialog yang terkandung dalam teks cerita sejarah.

Nilai moral dalam teks di atas adalah memandang sama kedudukan orang lain. Hal ini terdapat dalam kalimat Oh!... Pak Wongso kalau Pak Wongso menyadari bahwa dirimu itu adalah titipan dari karya suci Tuhan, maka tak akan kamu merendahkan dirimu serendah itu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan dua informasi penting (yang mengandung aspek mengapa dan bagaimana) berdasarkan teks di atas!

Pembahasan Soal:

Informasi penting adalah suatu informasi mengenai suatu hal yang sifatnya sebagai pokok atau inti dari topik tersebut. 

Informasi penting pertama yang mengandung aspek mengapa adalah Aksi "penculikan" ini semula dimaksudkan untuk menekan Sukarno dan Hatta agar bersedia segera memproklamirkan kemerdekaan, tetapi karena wibawa dua tokoh bangsa itu, para pemuda pun merasa segan. Kalimat tersebut menjawab pertanyaan tentang mengapa aksi penculikan tersebut dilakukan?

Informasi penting kedua yang mengandung aspek bagaimana adalah Para pejuang dari golongan muda membawa Sukarno dan Hatta ke Rengasdengklok, dekat Karawang. Pengamanan pun berjalan lancar karena dibantu oleh Latief Hendraningrat yang merupakan prajurit PETA (Pembela Tanah Air) berpangkat Sudanco atau Komandan Kompi. Tepat pada pukul 04.30 dini hari tanggal 16 Agustus 1945, Sukarno bersama Fatmawati dan putra sulungnya, Guntur, serta Hatta dibawa ke Rengasdengklok, kemudian ditempatkan di rumah seorang warga keturunan Tionghoa bernama Jiauw Ki Song. Kalimat tersebut menjawab pertanyaan tentang bagaimana proses penculikan tersebut terjadi?

Dengan demikian, informasi yang di dapat berdasarkan teks di atas (yang memuat aspek mengapa dan bagaimana) yaitu Aksi "penculikan" ini semula dimaksudkan untuk menekan Sukarno dan Hatta agar bersedia segera memproklamirkan kemerdekaan, tetapi karena wibawa dua tokoh bangsa itu, para pemuda pun merasa segan; Para pejuang dari golongan muda membawa Sukarno dan Hatta ke Rengasdengklok, dekat Karawang. Pengamanan pun berjalan lancar karena dibantu oleh Latief Hendraningrat yang merupakan prajurit PETA (Pembela Tanah Air) berpangkat Sudanco atau Komandan Kompi. Tepat pada pukul 04.30 dini hari tanggal 16 Agustus 1945, Sukarno bersama Fatmawati dan putra sulungnya, Guntur, serta Hatta dibawa ke Rengasdengklok, kemudian ditempatkan di rumah seorang warga keturunan Tionghoa bernama Jiauw Ki Song.space 

0

Roboguru

Tentukan nilai moral dalam kutipan novel sejarah tersebut!

Pembahasan Soal:

Nilai moral juga sering dijumpai dalam teks cerita sejarah yaitu nilai yang berkenaan dengan ajaran baik buruk perbuatan, sikap, kewajiban, dan segalanya atau perihal akhlak dan budi pekerti. Dari kutipan novel sejarah di atas, nilai moral dapat dilihat dari kalimat "Apalagi menertawakan nasib buruk orang lain, Nak. Jangan, sekali-kali.". Ajaran yang terkandung dari kalimat tersebut yakni agar semua orang meski berpangkat haruslah berbuat baik, turut berduka cita jika melihat orang lain dalam kemalangan dan membantu orang yang butuh pertolongan.space Dengan demikian, nilai moral dalam kutipan novel sejarah tersebut adalah kita harus berbuat baik, turut berduka cita jika melihat orang lain dalam kemalangan,  dan membantu orang yang butuh pertolongan.

0

Roboguru

Nilai kehidupan yang dapat dipetik dari kutipan teks cerita sejarah tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks cerita sejarah merupakan teks narasi yang menceritakan peristiwa sejarah di masa lampau. Teks cerita sejarah dapat menceritakan peristiwa, tokoh, maupun momen bersejarah. Sama seperti teks narasi lainnya, teks cerita sejarah juga mengandung nilai-nilai yang dapat dipetik oleh pembacanya.

Menurut KBBI, nilai adalah sifat-sifat (hal-hal) yang penting atau berguna bagi kemanusiaan. Nilai kehidupan diartikan sebagai segala nilai yang dianggap ideal untuk menjadi sifat, watak, dan kepribadian seseorang. 

Kutipan teks cerita sejarah di atas berisi gambaran umum mengenai peristiwa hari Buruh yang ditetapkan 1 Mei setiap tahunnya. Penetapan tersebut dilakukan untuk memperingati usaha dan upaya para buruhmomen tuntutan para buruh atau pekerja dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut. Berbagai perjuangan dilakukan agar para buruh bisa mendapatkan hak-haknya. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, nilai kehidupan yang dapat dipetik dari kutipan teks cerita sejarah tersebut adalah sebuah keberhasilan harus diperjuangkan dengan gigih.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Nilai kehidupan yang menonjol dalam novel sejarah tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks cerita sejarah adalah naskah atau narasi yang mengandung unsur sejarah, seperti tokoh, waktu, nama tempat, dan peristiwa sejarah. Cerita sejarah mengandung nilai-nilai kehidupan. Nilai-nilai dalam teks cerita sejarah dapat ditentukan dengan langkah berikut:

  1. Membaca cerita dalam teks cerita sejarah dengan saksama.
  2. Menelaah perbuatan tokoh dalam cerita.
  3. Menemukan nilai yang terkandung dalam cerita.
  4. Menyimpulkan nilai yang terkandung dalam cerita dengan bahasa sendiri.

Nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita sejarah di antaranya adalah nilai moral, nilai religius, nilai budaya, dan nilai sosial. Dalam teks cerita sejarah di atas, diceritakan bahwa Icah membantu ibunya untuk mengupas sukun meskipun hari sudah malam. Anak yang membantu orang tuanya merupakan sikap seseorang terhadap sekitarnya. Oleh karena itu, nilai kehidupan yang menonjol dalam novel sejarah tersebut adalah nilai moral.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

2

Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut! Siti Nurbaya harus menerima kenyataan pahit bahwa usaha ayahnya bangkrut, ditambah dengan tagihan utang yang selalu datang. Sampai pada suatu hari, pemberi utang, Da...

Pembahasan Soal:

Nilai budaya adalah nilai-nilai yang disepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat dan menjadi suatu kebiasaan yang sering dilakukan dalam lingkungan masyarakat. Pada kutipan teks tersebut, terlihat adanya kawin paksa yang dialami oleh tokoh Siti Nurbaya. Hal tersebut menjadi kebiasaan yang serIng dilakukan oleh orang tua terhadap anak perempuannya pada zaman dahulu. Dengan demikian, kutipan teks di atas mengandung nilai budaya karena memuat pola kebiasaan pada zaman dahulu, yaitu kawin paksa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved