Nikel merupakan unsur transisi periode empat yang berupa logam putih mengilap. a. Apa kegunaan logam nikel?

Pertanyaan

Nikel merupakan unsur transisi periode empat yang berupa logam putih mengilap.


a. Apa kegunaan logam nikel?undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Y. Rochmawatie

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kegunaan Nikel yang paling utama adalah sebagai campuran dengan logam lain agar memiliki sifat antikarat serta pelapis untuk mempercantik tampilan karna mengilap sekaligus antikarat.

Pembahasan

Pembahasan
  • Pembuatan Stainless Steel

Stainless steel biasanya terbuat dari bijih besi yang dicampur dengan nikel dan krom agar tidak mudah teroksidasi oleh air dan udara. Karena itulah Stainless steel tidak mudah berkarat layaknya besi biasa. 

  • Pembuatan Koin

Uang koin di Indonesia umumnya terbuat dari nikel karena bersifat alot dan mudah dibentuk.

  • Campuran pada Besi Baja

Kandungan nikel membuat baja memiliki kekuatan yang baik dibanding besi baja yang hanya dicampur alumunium. Struktur ini biasa dipakai untuk bahan bangunan dan rel kereta api.

  • Pembuatan Rangka Otomotif

Kandungan nikel pada rangka otomotif menjadikan hasilnya terlihat lebih mengkilap serta tidak mudah berkarat. Biasa digunakan pada velg, bumper, dan knalpot.

  • Baterai Isi Ulang

Baterai berbahan nikel termasuk baterai sekunder (bisa diisi ulang). Baterai nikel yang banyak dikenal adalah jenis baterai nikel-kadmiun (Ni-Cd) dan Nikel Metal Hibrida (NiMH). Namun, penggunaan baterai Ni sudah ditinggalkan karena kapasitas energi rendah dan memiliki efek memori pada baterai sehingga masa gunanya singkat.

  • Pembuatan Kawat

Dengan sifat tahannya terhadap karat, nikel juga bisa dimanfaatkan untuk campuran pembuatan kawat. Dalam hal ini contohnya seperti pembentukan turbin pesawat. Nikel kawat juga bisa dimanfaatkan sebagai alat laboratorium khususnya pada alat penghantar panas yang baik. Hal ini karena unsur nikel juga merupakan konduktor panas yang baik.

  • Sebagai Pelapis Antikarat

Unsur nikel memang sangat baik digunakan sebagai campuran atau pelapis anti karat. Logam yang dilapisi unsur nikel tidak cepat rusak karena sifatnya yang anti karat. Selain itu nikel memberikan efek mengkilap yang membuat logam terlihat lebih menarik. Oleh karena itu nikel banyak digunakan sebagai pelapis khususnya dalam industri makanan. Bahkan nikel dengan sifatnya yang kuat dan anti karat, sering juga dimanfaatkan sebagai pelapis terluar untuk berbagai senjata produksi pabrikan ternama.

 

Jadi, kegunaan Nikel yang paling utama adalah sebagai campuran dengan logam lain agar memiliki sifat antikarat serta pelapis untuk mempercantik tampilan karna mengilap sekaligus antikarat.

216

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

lon transisi Ni2+ menghasilkan warna...

37

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia