Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikan contoh kegunaan unsur dan senyawa berikut! A. besi B. kromium C. tembaga D. nikel E. kobalt

Berikan contoh kegunaan unsur dan senyawaspaceberikut!

A.spacebesi

B.spacekromium

C.spacetembaga

D.spacenikel

E.spacekobalt

Iklan

S. Oktasari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Jawaban terverifikasi

Jawaban

contoh kegunaan unsur dan senyawa besi, kromium, tembaga, nikel dan kobalt seperti dijelaskan di atas.

contoh kegunaan unsur dan senyawaspacebesi, kromium, tembaga, nikel dan kobalt seperti dijelaskan di atas.

Iklan

Pembahasan

Contoh kegunaan unsur dan senyawa: A. Besi Besi cair pada umumnya langsung diproses untuk membuat baja, tetapi sebagian ada juga yang dialirkan ke dalam cetakan untuk membuat besi tuang ( cast iron ). B. Kromium Kromisering digunakansebagai pelapis logam untuk melindungiterjadinya korosi dan memberikan tampilan yang berkilau.Kromium bersifat tahan karat karena membentuk lapisan oksida yang dapat · melindungi oksidasi lebih lanjut. Krornium sebagai dikromat atau kromat digunakan secaraluas sebagai zat oksidator. C. Tembaga Kegunaan tembaga, antara lain: Merupakan penghantar panas dan listrik yang sangat baik, maka banyak digunakan pada alat-alat listrik. Sebagai perhiasan, campuran antara tembaga dan emas. Sebagai bahan pembuat uang logam. Sebagai bahan pembuat logam lain, seperti kuningan (campuran antara tembaga dan seng), perunggu (campuran antara tembaga dan timah), monel, dan alniko. Tembaga sulfatdalam air berwarna biru, banyak digunakan sebagai zat warna. Tembaga klorida digunakan untuk menghilangkan kandungan belerang pada pengolahan minyak. D. Nikel Kebanyakan nikel digunakan untuk pembuatan aliase. Nikel memperbaiki kekuatanbaja dan daya tahannya terhadap reaksi kimia. Magnet permanen yang sangat kuat dibuat dari baja Alnico (mengandung Al, Ni, dan Co).Kawat nikrom mengandung 60% Ni dan 40% Cr. Kupro nikel (80% Cu dan 20% Ni) digunakan untuk membuat koin perak. Nikel juga digunakari dalam pembuatan baterai Ni-Fe yang memiliki keuntungan dapat diisi san gat cepat .tanpa merusakkan sel baterai. Nikel yang sangat lembut digunakan untuk katalis proses reduksi. E. Kobalt Kobalt (Co) bersifat feromagnetik (misalnya dapat dibuat menjadi magnet permanen) seperti Fe dan Ni. Seperlima bagian Co digunakan untukpembuatan aliase magnetik seperti Alnico (mengandung Al, Ni, dan Co). Aliasetersebut dapat digunakan untuk pembuatan magnet permanen ·yang kuat,. sifat kemagnetannya 20-30 kali lebih kuat daripada kemagnetan Fe. Jadi, contoh kegunaan unsur dan senyawa besi, kromium, tembaga, nikel dan kobalt seperti dijelaskan di atas.

Contoh kegunaan unsur dan senyawa:

A. Besi

Besi cair pada umumnya langsung diproses untuk membuat baja, tetapi sebagian ada juga yang dialirkan ke dalam cetakan untuk membuat besi tuang (cast iron).

B. Kromium

Kromi sering digunakan sebagai pelapis logam untuk melindungi terjadinya korosi dan memberikan tampilan yang berkilau. Kromium bersifat tahan karat karena membentuk lapisan oksida yang dapat · melindungi oksidasi lebih lanjut. Krornium sebagai dikromat atau kromat digunakan secara luas sebagai zat oksidator.

C. Tembaga

Kegunaan tembaga, antara lain:

  1. Merupakan penghantar panas dan listrik yang sangat baik, maka banyak digunakan pada alat-alat listrik.
  2. Sebagai perhiasan, campuran antara tembaga dan emas.
  3. Sebagai bahan pembuat uang logam.
  4. Sebagai bahan pembuat logam lain, seperti kuningan (campuran antara tembaga dan seng), perunggu (campuran antara tembaga dan timah), monel, dan alniko.
  5. Tembaga sulfat dalam air berwarna biru, banyak digunakan sebagai zat warna.
  6. Tembaga klorida digunakan untuk menghilangkan kandungan belerang pada pengolahan minyak.

D. Nikel

Kebanyakan nikel digunakan untuk pembuatan aliase. Nikel memperbaiki kekuatan baja dan daya tahannya terhadap reaksi kimia. Magnet permanen yang sangat kuat dibuat dari baja Alnico (mengandung Al, Ni, dan Co).Kawat nikrom mengandung 60% Ni dan 40% Cr. Kupro nikel (80% Cu dan 20% Ni) digunakan untuk membuat koin perak. Nikel juga digunakari dalam pembuatan baterai Ni-Fe yang memiliki keuntungan dapat diisi san gat cepat .tanpa merusakkan sel baterai. Nikel yang sangat lembut digunakan untuk katalis proses reduksi.

E. Kobalt

Kobalt (Co) bersifat feromagnetik (misalnya dapat dibuat menjadi magnet permanen) seperti Fe dan Ni. Seperlima bagian Co digunakan untuk pembuatan aliase magnetik seperti Alnico (mengandung Al, Ni, dan Co). Aliase tersebut dapat digunakan untuk pembuatan magnet permanen ·yang kuat,. sifat kemagnetannya 20-30 kali lebih kuat daripada kemagnetan Fe.

Jadi, contoh kegunaan unsur dan senyawaspacebesi, kromium, tembaga, nikel dan kobalt seperti dijelaskan di atas.

Latihan Bab

Logam Transisi Periode ke-4

Senyawa dan Ion Kompleks

Unsur Penting Lainnya

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Egawahyu

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tabel berikut berisi unsur, mineral, pengolahan, dan penggunaannya. Pasangan yang berhubungan dengan tepat ditunjukkan oleh angka ...

2rb+

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia