Roboguru

Nada yang digunakan dalam kutipan puisi tersebut adalah ....

Pertanyaan

Nada yang digunakan dalam kutipan puisi tersebut adalah ....space 

  1. mengingatkanspace 

  2. mengguruispace 

  3. memerintahspace 

  4. mendiktespace 

  5. membantahspace 

Pembahasan Soal:

Puisi merupakan suatu karya sastra yang berisi ungkapan hati si penulis, dimana di dalamnya terdapat suatu lirik, irama, rima, dan ritme pada setiap barisnya, kemudian dikemas dalam bahasa yang imajinatif dan dengan kata yang padat serta penuh makna.

Nada dalam puisi adalah sikap penyair terhadap pembaca yang berkaitan dengan makna dan rasa. Seperti sikap penulis yang sedang mendikte, memandang rendah, dan lain sebagainya.

Nada yang digunakan dalam kutipan puisi tersebut adalah mengingatkan karena puisi di atas berisi pesan-pesan yang disampaikan sebagai pengingat kematian.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Rizky

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Amanat yang tersirat dalam puisi tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Amanat merupakan bagian dari struktur batin puisi. Amanat puisi adalah pesan yang disampaikan oleh pengarang puisi kepada pembaca puisi.

Amanat yang hendak disampaikan oleh penyair dapat ditelaah setelah memahami tema, rasa, nada puisi itu. Tujuan atau amanat merupakan hal yang mendorong penyair untuk menciptakan puisinya. Amanat tersirat di balik kata-kata yang disusun, dan juga berada di balik tema yang diungkapkan. Menemukan amanat yang tersirat dalam sebuah puisi dapat dilakukan dengan memahami makna tiap larik dari puisi tersebut.

Berikut ini adalah analisis makna yang tersirat pada larik puisi di atas, yaitu:

  • Makna yang terdapat pada larik yang berbunyi "dari dada pahlawan yang gugur" adalah menunjukkan penggambaran tekad yang sudah ada di dalam dada
  • Makna yang terdapat pada larik yang berbunyi "panji perjuangan pantang mundur" adalah menandakan makna perjuangan yang terus berjalan.
  • Makna yang terdapat pada larik yang berbunyi "Senjata kita adalah keringat, senjata kita adalah darah" adalah dua larik yang membuktikan bahwa tidak ada hambatan untuk sebuah perjuangan.

Berdasarkan analisis makna pada larik puisi di atas, mmanat yang tersirat dalam puisi tersebut adalah "Dengan tekad yang bulat, perjuangan berjalan tanpa hambatan".


Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

0

Roboguru

Amanat yang hendak di sampaikan oleh penulis dalam puisinya adalah ...

Pembahasan Soal:

Puisi merupakan ungkapan hati atau pemikiran penyair mengenai berbagai hal dalam kehidupan ke dalam susunan kata-kata yang padat dan penuh makna.

Puisi terdiri dari dua struktur, yaitu struktur fisik dan struktur batin. Salah satu bagian struktur batin puisi adalah amanat.  Amanat dalam puisi diartikan sebagai sebuah pesan yang ingin disampaikan oleh penyair kepada pembaca.

Untuk menentukan amanat, kita harus mengetahui isi dari puisi tersebut. Puisi tersebut menceritakan tentang keesaan Tuhan dan sifat-sifat-Nya yang tidak dapat dibandingkan dengan makhluk lain. Hal ini dapat dibuktikan dari tiap baris puisi, seperti:

Aku ruh tunggal                                                  
Namaku beragam
Petakku tiga puluh enam

Aku hidup abadi
Aku melampaui sorga dan neraka
Aku mendahului Adam
Aku mengelak dari ujung waktu

Berdasarkan penjelasan isi di atas, amanat yang hendak di sampaikan oleh penulis dalam puisi "Aku Ruh Tunggal" adalah mengajak kita semua untuk memupuk keyakinan kepada Sang Maha Pencipta yang tidak dapat dibandingkan dengan makhluk.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined

0

Roboguru

Amanat yang terkandung dalam puisi tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Puisi adalah suatu karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca.

Amanat yang terkandung dalam puisi pada soal yang tepat adalah janganlah berputus asa dalam menghadapi kehidupan. Berdasarkan kutipan berikut:

Kemiskinan dan kelaparan (penderitaan/kenyataan kehidupan)
Membangkitkan keangkuhanku (memotivasiku untuk tidak berputus asa menghadapinya)

Baris puisi tersebut bermakna penderitaan atau kenyataan kehidupan memotivasiku untuk tidak berputus asa menghadapinya (janganlah berputus asa dalam menghadapi kehidupan).

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.undefined 

0

Roboguru

Bagaimana suasana dalam puisi di atas?

Pembahasan Soal:

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. Suasana dalam puisi adalah keadaan jiwa pembaca setelah membaca puisi tersebut, contohnya gembira, bahagia, sedih, haru, gelisah, bimbang, semangat, tenang, pasrah, khusyuk, sepi, dan bimbang.

Pada puisi di atas, suasananya adalah kesedihan dan kerinduan. Terlihat pada kalimat pada paragraf kedua yaitu menuai air mata yang mereka tanam di ladang-ladang karang. Maksudnya adalah mereka sedih terhadap kekeringan yang melanda desa mereka. Sedangkan kalimat Nanti, jika musim hujan tiba, langit akan memandikan gadis kecil itu dengan air matanya. Maksudnya adalah gadis kecil yang kesepian dan rindu akan datangnya musim hujan.


Dengan demikian, suasana dalam puisi di atas adalah kesedihan dan kerinduan.space 

0

Roboguru

Amanat yang terdapat pada puisi tersebut yaitu ...

Pembahasan Soal:

Amanat merupakan bagian dari struktur batin puisi. Amanat puisi adalah pesan yang disampaikan oleh pengarang puisi kepada pembaca puisi.

Amanat yang hendak disampaikan oleh penyair dapat ditelaah setelah memahami tema, rasa, nada puisi itu. Tujuan atau amanat merupakan hal yang mendorong penyair untuk menciptakan puisinya. Amanat tersirat di balik kata-kata yang disusun, dan juga berada di balik tema yang diungkapkan.

Amanat yang dapat dipetik dari puisi Derai-derai Cemara adalah Kehidupan hanyalah perjalanan yang keras untuk ditempuh dan setiap manusia akan mati dengan tenang kalau apa yang harapkannya tercapai. Amanat pada puisi ini dapat disimpulkan dari setiap larik, misalnya Cemara menderai sampai jauh. Cemara menderai sampai jauh disini maksudnya bahwa dedaunan cemara yang jatuh berguguran, seolah-olah menceritakan sebuah perjalanan kehidupan yang mulai lelah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah Espace  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved