Iklan

Iklan

Pertanyaan

Molekul H 2 ​ O merupakan molekul polar sedangkan molekul BeCl 2 ​ merupakan molekul non-polar. SEBAB Pada molekul terdapat perbedaan keelektronegatifan sedangkan pada tidak ada perbedaan keelektronegatifan. ​

Molekul  merupakan molekul polar sedangkan molekul  merupakan molekul non-polar.

SEBAB

Pada molekul H subscript 2 O terdapat perbedaan keelektronegatifan sedangkan pada Be Cl subscript 2 tidak ada perbedaan keelektronegatifan.

  1. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

  2. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.

  3. Jika pernyataan benar dan alasan salah.

  4. Jika pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah.

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space

Iklan

Pembahasan

Molekul dikatakan polar apabila memiliki perbedaan keelektronegatifan antar atom penyusunnya. Molekul polar juga memiliki syarat yaitu : Atom pusat memiliki pasangan elektron bebas. Momen dipol ataupun sebaraan elektron tidak merata. Bentuk molekul asimetris. Perbedaan keelektronegtifan diantara 0,40 - 1,50. Penentuan kepolaran molekul dan sebagai berikut. Molekul merupakan molekul polar karena pada atom pusatnya yaitu oksigen masih memiliki 2 pasang elektron bebas, yang menyebabkan bentuknya tidak simetris. Jika ditinjau dari beda keelektronegatifan ( ) antara H dengan O sebagai berikut. Molekul merupakan molekul non-polar dimana sebaran elektron antara B-Cl sama rata dengan B-Cl lainnya. Selain itu, bentuknya juga simetris dan jika ditinjau dari beda keelektronegatifan ( ) antara B dengan Clsebagai berikut. △ EN ​ = = ​ 3 , 16 − 1 , 57 1 , 59 ​ Dengan demikian, molekul merupakan polar dan tidak polar. Oleh karena itu, pernyataan benar dan alasan salah. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Molekul dikatakan polar apabila memiliki perbedaan keelektronegatifan antar atom penyusunnya. Molekul polar juga memiliki syarat yaitu :

  1. Atom pusat memiliki pasangan elektron bebas.
  2. Momen dipol ataupun sebaraan elektron tidak merata.
  3. Bentuk molekul asimetris.
  4. Perbedaan keelektronegtifan diantara 0,40 - 1,50.

Penentuan kepolaran molekul H subscript 2 O dan Be Cl subscript 2 sebagai berikut.

  • Molekul H subscript 2 O merupakan molekul polar karena pada atom pusatnya yaitu oksigen masih memiliki 2 pasang elektron bebas, yang menyebabkan bentuknya tidak simetris. Jika ditinjau dari beda keelektronegatifan (increment E) antara H dengan O sebagai berikut.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell increment EN end cell equals cell 3 comma 44 minus sign 2 comma 20 end cell row blank equals cell bold 1 bold comma bold 24 end cell end table 

  • Molekul Be Cl subscript 2 merupakan molekul non-polar dimana sebaran elektron antara B-Cl sama rata dengan B-Cl lainnya. Selain itu, bentuknya juga simetris dan jika ditinjau dari beda keelektronegatifan (increment E) antara B dengan Cl sebagai berikut.

  

Dengan demikian, molekul H subscript 2 O merupakan polar dan Be Cl subscript 2 tidak polar. Oleh karena itu, pernyataan benar dan alasan salah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space

Latihan Bab

Pendahuluan Ikatan Kimia

Teori Ikatan Lewis

Ikatan Ion

Ikatan Kovalen

180

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui skala keelektronegatifan F, Cl, Br, dan I berturut-turut adalah 4,0; 3,0; 2,8; dan 2,5. Senyawa antarhalogen yang paling polar adalah ...

3rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia