Roboguru

Mikroorganisme yang dimanfaatkan di bidang pertambangan sebagai pemisah logam dari bijihnya adalah ....

Pertanyaan

Mikroorganisme yang dimanfaatkan di bidang pertambangan sebagai pemisah logam dari bijihnya adalah ....undefined 

  1. Bacillus thuringiensisundefined 

  2. Thiobacillus ferrooxidans

  3. Corynebacterium glutamicumundefined 

  4. Acetobacter acetiundefined

  5. Saccharomyces bayanusundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Adapun peranan mikroorganisme-mikroorganisme tersebut sebagai berikut.

  1. Bacillus thuringiensis, dimanfaatkan pada bidang pertanian sebagai pembasmi hama pertanian atau bioinsektisida.
  2. Thiobacillus ferrooxidans, dimanfaatkan pada bidang pertambangan sebagai pemisah logam dari bijihnya.
  3. Corynebacterium glutamicum, dimanfaatkan pada bidang industri  untuk memproduksi zat aditif yaitu zat MSG (Monosodium Glutamat).
  4. Acetobacter aceti, menghasilkan asam asetat, ditandai dengan kemampuannya untuk mengubah alkohol menjadi asam asetat (asam cuka) dengan bantuan udara sehingga dimanfaatkan pada bidang industri sebagai penghasil antibiotik dan memproduksi bahan makanan.
  5. Saccharomyces bayanus (jamur ragi), mengubah glukosa menjadi alkohol dan karbondioksida dalam proses fermentasi sehingga dimanfaatkan pada bidang industri dalam pembuatan anggur. 


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Dwi

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa persamaan biogas dan biodisel?

Pembahasan Soal:

Persamaan biogas dan biodisel adalah keduanya merupakan jenis biofuel. Biofuel adalah energi yang terbuat dari materi hidup, biasanya tanaman. Biofuel dianggap energi terbarukan, mengurangi peran dari bahan bakar fosil dan telah mendapat perhatian dalam transisi ke ekonomi rendah karbon.undefined 

0

Roboguru

Bagaimana peranan bioteknologi dalam usaha mengatasi krisis energi?

Pembahasan Soal:

Bioteknologi adalah pemanfaatan organisme secara langsung untuk membantu kehidupan manusia. Namun, bioteknologi juga dapat memanfaatkan hasil produk dari suatu organisme. Salah satu bioteknologi yang dapat berperan penting untuk mengatasi krisis energi adalah biofuel atau bahan bakar hayati. Bahan bakar hayati merupakan setiap bahan bakar yang dapat dihasilkan dari bahan organik, contohnya adalah biogas dan bioetanol. 

Jadi, produk bioteknologi seperti biogas dan bioetanol memiliki peranan penting sebagai sumber energi alternatif pengganti bahan bakar fosil yang murah dan ramah lingkungan sehingga menjadi salah satu cara mengatasi krisis energi.

0

Roboguru

Bagaimana peranan bioteknologi dalam menghasilkan energi yang ramah lingkungan ....

Pembahasan Soal:

Bioteknologi dapat digunakan dalam bidang energi dengan cara membantu membuat bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan. Dengan bioteknologi, sekarang sudah dapat dikembangkan bahan bakar alternatif dengan memanfaatkan proses metabolisme makhluk hidup terhadap sisa limbah organik seperti contohnya adalah biogas atau bioetanol.

  1. Biogas dapat diperoleh salah satunya dari limbah sisa kotoran yang diolah menggunakan bakteri anaerob yang mampu menghasilkan gas metana yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar.
  2. Bioetanol diperoleh dari proses fermentasi limbah organik yang mengandung gula seperti sisa tanaman, dan bahan makanan.

Biogas dan bioetanol dibuat dari proses pengolahan limbah organik memanfaatkan mikroorganisme, hal ini tentu saja memiliki dampak positif lain yaitu dapat mengurangi jumlah limbah organik di lingkungan.

Dengan demikian, bioteknologi dapat memiliki peran untuk membentuk bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan proses pengolahan limbah organik yang ada.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan dampak bioteknologi modern!

Pembahasan Soal:

Bioteknologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang penerapan makhluk hidup melalui suatu tahapan dan proses untuk mengasilkan suatu produk guna meningkatkan kesejahteraan manusia. Bioteknologi dibagi menjadi 2 yaitu bioteknologi modern dan konvensional. Bioteknologi modern berkembang sejak ditemukannya DNA dan dilakukan menggunakan peralatan modern dengan berbagai teknologi. Bioteknologi modern memiliki banyak dampak bagi kehidupan manusia di berbagai bidang. Dampak bioteknologi diantaranya berkembangnya teknik kloning, rekayasa genetika untuk memciptakan bibit unggul, terapi gen, bayi tabung dan kultur jaringan.space 

0

Roboguru

Bahan bakar gasohol (alkohol) dan gas bio (metana) merupakan produk bioteknologi yang menggunakan prinsip ...

Pembahasan Soal:

Bioetanol atau gasohol serta biogas merupakan produk hasil bioteknologi yang dapat digunakan di bidang energi. Bioetanol dalam proses pembuatannya melibatkan fermentasi gula yang dapat berasal dari limbah pertanian seperti tongkol jagung. Selain bioetanol, biogas juga menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang dihasillan dari proses respirasi anaerobik (fermentasi) mikroorganisme pada limbah seperti limbah pertanian dan pupuk kandang.

Sehingga, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved