Roboguru

Menurut Tome Pires, Kesultanan Samudera Pasai mencapai puncaknya pada awal abad ke-14 masehii. Kesultanan itu mengalami kemajuan di berbagai bidang kehidupan seperti politik, ekonomi, pemerintahan, keagamaan dan terutama ekonomi perdagangan. Hal tersebut terjadi pada masa pemerintahan sultan ...

Pertanyaan

Menurut Tome Pires, Kesultanan Samudera Pasai mencapai puncaknya pada awal abad ke-14 masehii. Kesultanan itu mengalami kemajuan di berbagai bidang kehidupan seperti politik, ekonomi, pemerintahan, keagamaan dan terutama ekonomi perdagangan. Hal tersebut terjadi pada masa pemerintahan sultan ...

  1. Sultan Malik As-saleh

  2. Sultan Muhammad Malik Zahir

  3. Sultan Mahmud Malik Zahir

  4. Sultan Zainal Abidin Malik Zahir

  5. Sultanah Nahrisyah

Pembahasan Soal:

Kesultanan Samudera Pasai mencapai masa kejayaan pada masa Sultan Mahmud Malik Az-Zahir atau Sultan Malik Az-Zahir II yang berkuasa pada tahun 1349 masehi. Pada masa kejayaannya, Samudera Pasai menjadi pusat aktivitas perdagangan. Hal-hal yang menjadi penanda majunya perdagangan masa itu: (1) menjadikan lada sebagai komoditas utamanya, (2) bandar dagang besar pada masanya, dan (3) mengeluarkan alat pembayaran berupa koin emas, bahkan komposisi 70% nya adalah emas murni.
Selain maju karena aktivitas perdagangan, pada masanya, Samudera Pasai juga menjadi pusat penyebaran agama Islam. Tempat yang strategis sebagai tempat berkunjungnya banyak orang dari berbagai tempat, menjadikan ia sebagai psuat penyebaran Islam di Nusantara.

Jadi, opsi jawaban benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Setiadi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perlak merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Dalam perkembangannya Kerajaan Perlak menjalin politik persahabatan dengan Kerajaan Samudera Pasai. Politik persahabatan tersebut ditandai dengan ...

Pembahasan Soal:

Sultan ke-17 Perlak, Sultan Makhdum Alaiddin Malik Muhammad Amin Shah II Johan Berdaulat (memerintah 1230 – 1267) menjalankan politik persahabatan dengan menikahkan dua orang putrinya dengan penguasa negeri tetangga Peureulak:

  • Putri Ratna Kamala, dikawinkan dengan Raja Kerajaan Malaka , Sultan Muhammad Shah (Parameswara).
  • Putri Ganggang, dikawinkan dengan Raja Kerajaan Samudera Pasai Al Malik Al-Saleh.

Sultan terakhir Perlak adalah sultan ke-18, Sultan Makhdum Alaiddin Malik Abdul Aziz Johan Berdaulat (memerintah 1267 – 1292). Setelah ia meninggal, Perlak disatukan dengan Kerajaan Samudera Pasai di bawah pemerintahan Sultan Samudera Pasai, Sultan Muhammad Malik Al Zahir, putra Al Malik Al-Saleh.

Jadi jawaban yang tepat adalah A.  Pernikahan putri Kerajaan Perlak dengan Raja Samudera Pasai 

0

Roboguru

Kesultanan Samudra Pasai mencapai puncak kejayaannya di masa pemerintahan...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1326, tampuk kepemimpinan Samudra Pasai diteruskan oleh Sultan Mahmud Malik Az-Zahir. Di masa pemerintahannya, Kerajaan Samudea Pasai terkenal sebagai kerajaan dagang yang maju. Di tempat ini, banyak dijumpai pedagang dari India dan Cina yang membeli rempah-rempah, terutama lada. Selain itu, di Kerajaan Samudera Pasai terdapat beberapa jenis barang dari Cina yang dapat dibeli pedagang tanpa harus berlayar ke Cina. 

0

Roboguru

Faktor yang tidak mendukung Samudera Pasai berkembang menjadi Kerajaan Islam adalah ...

Pembahasan Soal:

Dalam periodisasi Islam di Nusantara, Kesultanan Samudera Pasai merupakan kerajaan pertama Islam yang telah eksis sejak abad ke-13 masehi hingga 16 masehi. Meski demikian, proses islamisasi sejatinya telah berangsur-angsur sejak abad ke-7 masehi, ketika Kerajaan Sriwijaya di Sumatera masih berdiri. Hal ini dipahami, sebab interaksi perdagangan maritim dunia, menjadikan Sumatera dan Selat Malaka misalnya, sebagai salah satu pelabuhan penting menunjang aktivitas perdagangan. Samudera Pasai berdiri pada tahun 1267 dan runtuh pada tahun 1521, Samudera Pasai telah mengalami siklus mulai dari kelahiran, kemajuan hingga di ujung masa keruntuhannya.
Kesultanan Samudera Pasai terletak di pesisir Utara Sumatera, dekat Lhouksemawe, Aceh, berbatasan dengan Selat Malaka. Dengan kondisi yang dekat dengan jalur perdagangan dunia, Samudera Pasai menjadikan ekonomi perdagangan sebagai salah satu pemenuhan ekonomi kerajaan, sebab banyak pedagang dari luar yang memilih Samudera Pasai sebagai tempat istirahat. Masa kejayaan Samudera Pasai, yang terjadi pada masa Sultan Malik Az-zahir II tahun 1349 masehi, menjadikan lada sebagai komoditas utama perdagangan. Selain itu, ramainya lalu lintas perdagangan dari ragam orang, menjadikan kesultanan ini sebagai salah satu tempat interaksi antar kebudayaan, termasuk salah satunya Islam, sehingga selain jaya karena perdagangan maritim, kejayaan Samudera Pasai juga terletak pada pusat penyebaran agama Islam.
Akan tetapi, pada tahun 1511, ketika Portugis berhasil menguasai Selat Malaka, dominasi Samudera Pasai di sana mulai menurun. Puncaknya terjadi pada tahun 1521, ketika Portugis berhasil menaklukan Samudera Pasai, adalah akhir dari kekuasaan Samudera Pasai. tahun 1524, Kerajaan Aceh Darussalam melihat peluang untuk memperluas wilayahnya, ditaklukan lah Samudera Pasai yang sudah ada dalam kendali Portugis, sehingga berdiri Kesultanan Aceh Darussalam, tahun 1524.

Jadi, dengan melihat keterangan di atas, opsi jawaban paling benar adalah C.
 

0

Roboguru

Apa faktor yang membuat kerajaan Samudera Pasai mencapai puncak kejayaan?

Pembahasan Soal:

Samudera Pasai merupakan kerajaan yang berdiri abad ke-13 oleh Sultan Malik Al-Saleh. Samudera Pasai mengalami kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Malik Az Zahir, yang berkuasa dari tahun 1326-1345. Pada masa kepemimpinannya Kerajaan Samudera Pasai mengalami perkembangan pesat dan terus menjalin hubungan dengan kerajaan-kerajaan Islam di India maupun Arab. Puncak kejayaan Kerajaan Samudera Pasai juga ditandai dengan aktivitas perdagangan yang sudah maju, ramai, dan menggunakan koin emas sebagai alat pembayaran. Koin emas yang disebut dirham ini pertama kali diperkenalkan oleh Sultan Muhammad Malik Az Zahir, ayah Mahmud Malik Az Zahir, dan kemudian digunakan secara resmi di kerajaan. Pada masa kejayaannya, Samudera Pasai merupakan pusat perniagaan penting di kawasan nusantara. Samudera Pasai memiliki banyak bandar yang dikunjungi oleh para saudagar dari berbagai negeri, seperti Cina, India, Siam, Arab, dan Persia. Kerajaan ini juga dikenal sebagai penghasil rempah-rempah terkemuka di dunia dengan lada sebagai komoditas andalannya. Tidak hanya itu, Samudera Pasai juga menjadi produsen sutra, kapur barus, dan emas. Di samping sebagai pusat perdagangan, Samudera Pasai juga merupakan pusat perkembangan agama Islam. Kejayaan yang dicapai kerajaan Samudera Pasai tidak terlepas dari faktor Samudera Pasai yang letaknya strategis di selat malaka yang merupakan jalur perdagangan internasional, hasil lada yang meningkat dan kekayaan alam yang melimpah, serta Samudra Pasai selalu meningkatkan hubungan dagang dengan Cina dan India.

Jadi, jawabannya adalah letak strategis, meningkatkan hasil bumi, dan menjaga hubungan dagang dengan negara asing.

0

Roboguru

Kerajaan Samudra Pasai merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kebudayaan masyarakat Kerajaan Samudra Pasai diatur dengan aturan hukum Islam sehingga mengantarkan menjadi sebuah kerajaan yang m...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Samudra Pasai adalah kerajaan Islam pertama yang ada di Indonesia sejak abad ke-13. Sebagai kerajaan Islam, penggunaan hukum Islam bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara mengantarkan Kerajaan Samudra Pasai menjadi kerajaan yang makmur. Berbagai bukti kemakmuran dari Kerajaan Samudra Pasai ini diceritakan oleh Tomé Pires dalam bukunya berjudul Suma Oriental. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Kerajaan Samudra Pasai menurutnya adalah kerajaan yang kaya dengan aktivitas perdagangan yang ramai. Para pedagang-pedagang dari luar negeri seperti dari Turki, Arab, Persia, Gujarat, Jawa, dan Siam.
  • Terdapat mata uang dirham yang bentuknya kecil.
  • Sebagai kerajaan maritim, setiap kapal yang memasuki wilayah Samudra Pasai akan dikenakan pajak sebesar 6%.

Jadi, berbagai bukti kemakmuran dari Kerajaan Samudra Pasai ini diceritakan oleh Tomé Pires seperti merupakan kerajaan yang kaya dengan aktivitas perdagangan yang ramai, terdapat mata uang dirham, dan dikenakannya pajak bagi setiap kapal yang memasuki wilayahnya sehingga perekonomiannya menjadi lancar. space

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved