Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa faktor yang membuat kerajaan Samudera Pasai mencapai puncak kejayaan?

Apa faktor yang membuat kerajaan Samudera Pasai mencapai puncak kejayaan?undefined 

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawabannya adalah letak strategis, meningkatkan hasil bumi, dan menjaga hubungan dagang dengan negara asing.

jawabannya adalah letak strategis, meningkatkan hasil bumi, dan menjaga hubungan dagang dengan negara asing.

Iklan

Pembahasan

Samudera Pasai merupakan kerajaan yang berdiri abad ke-13 oleh Sultan Malik Al-Saleh. Samudera Pasai mengalami kejayaan pada masa pemerintahanSultan Mahmud Malik Az Zahir, yang berkuasa dari tahun 1326-1345.Pada masa kepemimpinannya Kerajaan Samudera Pasai mengalami perkembangan pesat dan terus menjalin hubungan dengan kerajaan-kerajaan Islam di India maupun Arab. Puncak kejayaan Kerajaan Samudera Pasai juga ditandai dengan aktivitas perdagangan yang sudah maju, ramai, dan menggunakan koin emas sebagai alat pembayaran. Koin emas yang disebut dirham ini pertama kali diperkenalkan oleh Sultan Muhammad Malik Az Zahir, ayah Mahmud Malik Az Zahir, dan kemudian digunakan secara resmi di kerajaan. Pada masa kejayaannya, Samudera Pasai merupakan pusat perniagaan penting di kawasan nusantara. Samudera Pasai memiliki banyak bandar yang dikunjungi oleh para saudagar dari berbagai negeri, seperti Cina, India, Siam, Arab, dan Persia. Kerajaan ini juga dikenal sebagai penghasil rempah-rempah terkemuka di dunia dengan lada sebagai komoditas andalannya. Tidak hanya itu, Samudera Pasai juga menjadi produsen sutra, kapur barus, dan emas. Di samping sebagai pusat perdagangan, Samudera Pasai juga merupakan pusat perkembangan agama Islam. Kejayaan yang dicapai kerajaan Samudera Pasai tidak terlepas dari faktor Samudera Pasai yangletaknya strategis di selat malaka yang merupakan jalur perdagangan internasional, hasil lada yang meningkat dan kekayaan alam yang melimpah, serta Samudra Pasai selalu meningkatkan hubungan dagang dengan Cina dan India. Jadi, jawabannya adalah letak strategis, meningkatkan hasil bumi, dan menjaga hubungan dagang dengan negara asing.

Samudera Pasai merupakan kerajaan yang berdiri abad ke-13 oleh Sultan Malik Al-Saleh. Samudera Pasai mengalami kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Malik Az Zahir, yang berkuasa dari tahun 1326-1345. Pada masa kepemimpinannya Kerajaan Samudera Pasai mengalami perkembangan pesat dan terus menjalin hubungan dengan kerajaan-kerajaan Islam di India maupun Arab. Puncak kejayaan Kerajaan Samudera Pasai juga ditandai dengan aktivitas perdagangan yang sudah maju, ramai, dan menggunakan koin emas sebagai alat pembayaran. Koin emas yang disebut dirham ini pertama kali diperkenalkan oleh Sultan Muhammad Malik Az Zahir, ayah Mahmud Malik Az Zahir, dan kemudian digunakan secara resmi di kerajaan. Pada masa kejayaannya, Samudera Pasai merupakan pusat perniagaan penting di kawasan nusantara. Samudera Pasai memiliki banyak bandar yang dikunjungi oleh para saudagar dari berbagai negeri, seperti Cina, India, Siam, Arab, dan Persia. Kerajaan ini juga dikenal sebagai penghasil rempah-rempah terkemuka di dunia dengan lada sebagai komoditas andalannya. Tidak hanya itu, Samudera Pasai juga menjadi produsen sutra, kapur barus, dan emas. Di samping sebagai pusat perdagangan, Samudera Pasai juga merupakan pusat perkembangan agama Islam. Kejayaan yang dicapai kerajaan Samudera Pasai tidak terlepas dari faktor Samudera Pasai yang letaknya strategis di selat malaka yang merupakan jalur perdagangan internasional, hasil lada yang meningkat dan kekayaan alam yang melimpah, serta Samudra Pasai selalu meningkatkan hubungan dagang dengan Cina dan India.

Jadi, jawabannya adalah letak strategis, meningkatkan hasil bumi, dan menjaga hubungan dagang dengan negara asing.

Latihan Bab

Kerajaan Maritim Islam

Pengaruh Kerajaan Maritim Islam

Konsep Kilat

6rb+

Rizqia

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kerajaan Samudra Pasai merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kebudayaan masyarakat Kerajaan Samudra Pasai diatur dengan aturan hukum Islam sehingga mengantarkan menjadi sebuah kerajaan yang m...

1rb+

4.8

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia