RoboguruRoboguru
SD

Menurut pendapat Anda, bagaimanakah cara ·yang paling tepat untuk mencegah penyakit malaria? Apakah kaitan malaria dengan kelompok Protista?

Pertanyaan

Menurut pendapat Anda, bagaimanakah cara ·yang paling tepat untuk mencegah penyakit malaria? Apakah kaitan malaria dengan kelompok Protista? 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jentik-jentik nyamuk tersebut tidak dapat berkembang menjadi nyamuk dewasa. Jadi, pencegahan penyakit malaria yang paling efektif adalah dengan memutus daur hidup nyamuk Anopheles.

Pembahasan

Penyakit malaria disebabkan oleh parasit Plasmodium. Plasmodium merupakan contoh spesies sporozoa. Sporozoa merupakan salah satu filum dalam kingdom protista yang memiliki ciri yaitu pada salah satu fase hidupnya ada fase pembentukan spora. Organisme yang termasuk ke dalam kelompok ini, tubuhnya tidak memiliki alat gerak dan vakuola kontraktil sehingga bergerak dengan mengubah bentuk selnya. Sporozoa umumnya hidup sebagai parasit. 

Plasmodium mempunyai dua inang, yaitu nyamuk Anopheles dan manusia. Nyamuk Anopheles disebut sebagai inang definitif, sedangkan manusia disebut sebagai inang intermediet. lnang definitif adalah inang tempat parasit (Plasmodium) mengalami reproduksi seksual, sedangkan inang intermediet adalah inang ternpat parasit (Plasmodium) mengalami reproduksi aseksual. Penularan penyakit malaria disebarkan oleh Nyamuk Anopheles. Nyamuk Anopheles sp. bertelur di air dan akan menetas menjadi jentik-jentik setelah dua hari. Oleh karena itu, cara pembasmian nyamuk Anopheles sp. yang paling tepat adalah dengan memutus siklus hidupnya.

Pemutusan siklus hidup nyamuk dapat dilakukan dengan cara menguras bak mandi minimal seminggu dua kali serta mengubur benda atau barang yang dapat digenangi air. Dengan demikian, jentik-jentik nyamuk tersebut tidak dapat berkembang menjadi nyamuk dewasa. Jadi, pencegahan penyakit malaria yang paling efektif adalah dengan memutus daur hidup nyamuk Anopheles.

393

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Rosetting merupakan fenomena berkumpulnya sel darah normal di sekitar sel darah merah yang terinfeksi merozoit Plasmodium penyebab malaria. Gambar di bawah ini menunjukkan rosetting sel darah merah. E...

66

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia