Pertanyaan

Analitika Kebangkrutan Detroit: Pudarnya Pusat Industri Otomotif AS Kota Detroit di Amerika Serikat, yang pernah menjadi markas terbesar otomotif dunia, mengalami kebangkrutan. Pemerintah kota terbelenggu utang 18,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 188 triliun) dan telah mengajukan pernyataan bangkrut ke pengadilan. Pengajuan kebangkrutan disampaikan hari Kamis (18/7) waktu setempat. Ini bertujuan menghentikan kewajiban sementara pembayaran bunga dan cicilan utang kepada para kreditor. Pemerintah kota Detroit di Negara Bagian Michigan ini mengajukan Chapter 9 atau perlindungan kebangkrutan. "Ini akan membuka kesempatan kepada kami untuk berunding dengan para kreditor", kata Manajer Bagian Darurat Pemerintah Kota Detroit Kevyn Orr. Ini adalah pengajuan kebangkrutan terbesar yang pernah dilakukan sebuah kota di AS sepanjang sejarah. Sejak tahun 1950, ada 60 pemerintah kota dan desa yang mengajukan kebangkrutan, tetapi ini adalah kebangkrutan terbesar. Warga kota pun merasa skeptis terhadap kemampuan Detroit memulihkan masa jayanya kembali. "Ini benar-benar menunjukkan keadaan terburuk. Saya tidak tahu apakah kebangkrutan itu akan berdampak terhadap penjungkalan kehidupan kami sebagai warga kota ini" kata Jodie Holmes (55), warga Detroit. Keberadaan perusahaan otomotif Ford, General Motor (GM), dan Chrysler pernah mengharumkan nama kota ini ke seantero jagat. Namun, krisis keuangan yang melanda AS dan merosotnya produksi tiga perusahaan otomotif itu membuat Detroit terkena dampak. GM dan Chrysler pernah mengajukan kepailitan atau kebangkrutan di puncak resesi besar di AS tahun 2009. Ini sebuah ironi mengingat Detroit adalah simbol kebesaran industri otomotif AS pada masa lalu. Kota ini juga pernah menjadi pusat kegiatan terbesar pembuatan pesawat, tank-tank tempur, dan peluru pada masa Perang Dunia Il sehingga pernah mendapatkan julukan "Arsenal of Democracy" (Gudang Senjata Demokrasi).

Sumber: Kompas, Sabtu, 20-07-2013 space space 

Menurut Anda, bagaimana kelompok ekonomi deskriptif, kelompok teori ekonomi, dan kelompok ekonomi terapan membahas masalah di atas?

Menurut Anda, bagaimana kelompok ekonomi deskriptif, kelompok teori ekonomi, dan kelompok ekonomi terapan membahas masalah di atas? space space 

S. Sumiati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Kelompok ekonomi deskriptif membahas permasalahan diatas dimulai dari menjabarkan tiga perusahaan berpotensi bangkrut karena kondisi keuangan AS yang turun. Hal ini didukung oleh pengajuan fakta bahwa ada pengajuan kebangkrutan yang terbesar kepadaManajer Bagian Darurat Pemerintah Kota Detroit. Selain itu ini masuk pada kelompok teori ekonomi makro karena menganalisis permasalahan ekonomi secara nasional yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi barang atau jasa turun dan berpengaruh pada kesejahteraan. Hal ini dijelaskanDetroit awalanya menjadi pusat kegiatan terbesar pembuatan pesawat, tank-tank tempur, dan peluru akan mengalami kemunduran. Dan kelompok ekonomi terapan untuk merumuskan kebijakan yang segera diambil pemerintah untuk menangani masalah ekonomi. Dalam kasus diatas belum ada kebijakan lanjutan yang akan diambil pemerintah.

Kelompok ekonomi deskriptif membahas permasalahan diatas dimulai dari menjabarkan tiga perusahaan berpotensi bangkrut karena kondisi keuangan AS yang turun. Hal ini didukung oleh pengajuan fakta bahwa ada pengajuan kebangkrutan yang terbesar kepada Manajer Bagian Darurat Pemerintah Kota Detroit. Selain itu ini masuk pada kelompok teori ekonomi makro karena menganalisis permasalahan ekonomi secara nasional yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi barang atau jasa turun dan berpengaruh pada kesejahteraan. Hal ini dijelaskan Detroit awalanya menjadi pusat kegiatan terbesar pembuatan pesawat, tank-tank tempur, dan peluru akan mengalami kemunduran. Dan kelompok ekonomi terapan untuk merumuskan kebijakan yang segera diambil pemerintah untuk menangani masalah ekonomi. Dalam kasus diatas belum ada kebijakan lanjutan yang akan diambil pemerintah. space space 

940

5.0 (2 rating)

Layalia Nadhirah Apriliani

Ini yang aku cari!

Iklan

Pertanyaan serupa

Pembagian ilmu ekonomi adalah ....

69

4.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia