Pertanyaan

Deskripsikan tentang penggolongan ilmu ekonomi!

Deskripsikan tentang penggolongan ilmu ekonomi! space space 

N. Mazidah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Jember

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Ilmu ekonomi dapat dibedakan menjadi ilmu ekonomi positif dan ilmu ekonomi normatif. Ilmu ekonomi positif merupakan ilmu yang mempelajari kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan tanpa memasukkan aspek nonekonomi seperti agama, pandangan hidup, etika, hukum, filsafat, dan politik. Ilmu ekonomi normatif merupakan ilmu yang mempelajarikegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan dengan cara mengembangkan teori-teori yang memuat unsur-unsur nonekonomi. Ilmu ekonomi juga dapat dibedakan menjadi ilmu ekonomi teori dan ilmu ekonomi terapan. Ilmu ekonomi teori merupakan hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi yang terjadi di dalam masyarakat. Ekonomi teori dibedakan menjadi dua, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Ekonomi makro membahas peristiwa-peristiwa ekonomi secara menyeluruh yang terjadi dalam suatu perekonomian. Ekonomi mikro membahas kegiatan ekonomi individual yang terjadi pada bidang-bidang tertentu. Bahasan yang termasuk dalam ekonomi mikro adalah permintaan dan penawaran, pasar, biaya produksi, harga, perilaku konsumen maupun produsen. Ilmu ekonomi terapan adalah ilmu yang mengkaji penerapan teori-teori ekonomi yang ada dalam kegiatan ekonomi. Dalamperkembangannya, ekonomi terapan melahirkan cabang cabang ilmu ekonomi seperti ekonomi pembangunan, ekonomi industri, ekonomi internasional, ekonomi politik, ekonomi perdagangan, ekonomi pertanian, ekonomi moneter, ekonomi pendidikan, ekonomi manajerial, ekonomi publik, ekonomi perusahaan, dan ekonomi strategi, bahkan masing-masing cabang ilmu ekonomi itu telah melahirkan cabang-cabang ilmu ekonomi yang lebih lanjut. Misalnya, ekonomi perusahaan dalam perkembangannya melahirkan cabang-cabang ilmu seperti akuntansi, hitung keuangan, asuransi, manajemen perusahaan, dan sebagainya.

Ilmu ekonomi dapat dibedakan menjadi ilmu ekonomi positif dan ilmu ekonomi normatif.

  • Ilmu ekonomi positif merupakan ilmu yang mempelajari kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan tanpa memasukkan aspek nonekonomi seperti agama, pandangan hidup, etika, hukum, filsafat, dan politik.
  • Ilmu ekonomi normatif merupakan ilmu yang mempelajari kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan dengan cara mengembangkan teori-teori yang memuat unsur-unsur nonekonomi. 

Ilmu ekonomi juga dapat dibedakan menjadi ilmu ekonomi teori dan ilmu ekonomi terapan.

  • Ilmu ekonomi teori merupakan hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi yang terjadi di dalam masyarakat. Ekonomi teori dibedakan menjadi dua, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro.
    Ekonomi makro membahas peristiwa-peristiwa ekonomi secara menyeluruh yang terjadi dalam suatu perekonomian.
    Ekonomi mikro membahas kegiatan ekonomi individual yang terjadi pada bidang-bidang tertentu. Bahasan yang termasuk dalam ekonomi mikro adalah permintaan dan penawaran, pasar, biaya produksi, harga, perilaku konsumen maupun produsen.
  • Ilmu ekonomi terapan adalah ilmu yang mengkaji penerapan teori-teori ekonomi yang ada dalam kegiatan ekonomi. Dalam perkembangannya, ekonomi terapan melahirkan cabang cabang ilmu ekonomi seperti ekonomi pembangunan, ekonomi industri, ekonomi internasional, ekonomi politik, ekonomi perdagangan, ekonomi pertanian, ekonomi moneter, ekonomi pendidikan, ekonomi manajerial, ekonomi publik, ekonomi perusahaan, dan ekonomi strategi, bahkan masing-masing cabang ilmu ekonomi itu telah melahirkan cabang-cabang ilmu ekonomi yang lebih lanjut. Misalnya, ekonomi perusahaan dalam perkembangannya melahirkan cabang-cabang ilmu seperti akuntansi, hitung keuangan, asuransi, manajemen perusahaan, dan sebagainya. space space 

1rb+

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan beberapa hal yang berkait dengan bahasan ilmu ekonomi berikut! Menjelaskan hubungan antara peristiwa-peristiwa ekonomi dan pengaruhnya. Menganalisis perekonomian secara menyeluruh ...

546

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia