Pertanyaan

Sebutkan pembagian ilmu ekonomi!

Sebutkan pembagian ilmu ekonomi! space space 

S. Anugrah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Atma Jaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Ilmu ini muncul karena manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas, tetapi sumber daya yang tersedia untuk memenuhinya terbatas. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, kita bisa memprediksi tindakan manusia ke depannya yang kemudian bisa digunakan untuk perencanaan bisnis, penentuan harga, membuat kebijakan pemasaran, kebijakan sumber daya manusia, hingga membuat kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat. Ilmu ekonomi dibagi ke dalam 3 kelompok utama yakni: Ilmu Ekonomi Deskriptif , adalah ilmu ekonomi yang menggambarkan data-data atau keterangan factual mengenai suatu keadaan dalam bentuk grafik, angka, kurva dan lain sebagainya. Ilmu Ekonomi Teori , adalah ilmu ekonomi berupa teori-teori pada bidang ekonomi yang khusus menjelaskan, mencari, merumuskan pengertian, hubungan sebab-akibat serta bagaimana suatu sistem ekonomi bekerja. Ilmu teori ini dibagi lagi menjadi dua yakni mikro dan makro. Ilmu Ekonomi Terapan , adalah ilmu ekonomi berupa terapan dari ilmu ekonomi teori yang dijadikan kerangka pengertian dan analisa ekonomi dalam merumuskan kebijakan atau sebagai pedoman dalam mengatasi berbagai masalah ekonomi.

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Ilmu ini muncul karena manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas, tetapi sumber daya yang tersedia untuk memenuhinya terbatas. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, kita bisa memprediksi tindakan manusia ke depannya yang kemudian bisa digunakan untuk perencanaan bisnis, penentuan harga, membuat kebijakan pemasaran, kebijakan sumber daya manusia, hingga membuat kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Ilmu ekonomi dibagi ke dalam 3 kelompok utama yakni:

  1. Ilmu Ekonomi Deskriptif, adalah ilmu ekonomi yang menggambarkan data-data atau keterangan factual mengenai suatu keadaan dalam bentuk grafik, angka, kurva dan lain sebagainya.
  2. Ilmu Ekonomi Teori, adalah ilmu ekonomi berupa teori-teori pada bidang ekonomi yang khusus menjelaskan, mencari, merumuskan pengertian, hubungan sebab-akibat serta bagaimana suatu sistem ekonomi bekerja. Ilmu teori ini dibagi lagi menjadi dua yakni mikro dan makro.
  3. Ilmu Ekonomi Terapan, adalah ilmu ekonomi berupa terapan dari ilmu ekonomi teori yang dijadikan kerangka pengertian dan analisa ekonomi dalam merumuskan kebijakan atau sebagai pedoman dalam mengatasi berbagai masalah ekonomi.space space 

46

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan beberapa hal yang berkait dengan bahasan ilmu ekonomi berikut! Menjelaskan hubungan antara peristiwa-peristiwa ekonomi dan pengaruhnya. Menganalisis perekonomian secara menyeluruh ...

491

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia