Iklan

Iklan

Pertanyaan

Menguatnya posisi kelompok pengusaha dari berbagai etnis terhadap kondisi ekonomi di Indonesia sudah berlangsung cukup lama. Bentuk konfigurasi dalam tatanan masyarakat tersebut adalah ....

Menguatnya posisi kelompok pengusaha dari berbagai etnis terhadap kondisi ekonomi di Indonesia sudah berlangsung cukup lama. Bentuk konfigurasi dalam tatanan masyarakat tersebut adalah ....

  1. komposisi seimbang

  2. mayoritas dominan

  3. minoritas dominan

  4. segmentasi seimbang

  5. fragmentasi kelompok

Iklan

F. Dwi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Menguatnya posisi kelompok pengusaha dari berbagai etnis di Indonesia menunjukkan adanya konfigurasi komposisi seimbang atau kondisi di mana masyarakat terdiri atas sejumlah komunitas atau etnik yang mempunyai kekuatan (jumlah individu dalam kelompok) kompetitif yang seimbang. Adapun bentuk konfigurasi etnik pada masyarakat majemuk yang lainnya, yaitu: Mayoritas dominan merupakan masyarakat majemuk yang terdiri atas sejumlah komunitas etnik dengan kekuatan kompetitif tidak seimbang. Di mana salah satu kekuatan kompetitif lebih besar daripada kelompok lainnya, atau suatu kelompok etnik mayoritas mendominasi kompetisi sehingga posisi kelompok-kelompok yang lain menjadi kecil. Minoritas dominan merupakan suatu masyarakat dimana satu kelompok etnik minoritas mempunyai keunggulan kompetitif yang luas sehingga mendominasi kehidupan politik atau ekonomi masyarakat. F ragmentasi kelompok merupakan masyarakat yang terdiri atas sejumlah kelompok etnik, tetapi semuanya dalam jumlah yang kecil sehingga tidak ada satu kelompok pun yang mempunyai posisi politik atau ekonomi yang dominan. Masyarakat demikian ini biasanya sangat stabil, tapi masih mempunyai potensi konflik karena rendahnya kemampuan coalition building.

Menguatnya posisi kelompok pengusaha dari berbagai etnis di Indonesia menunjukkan adanya konfigurasi komposisi seimbang atau kondisi di mana masyarakat terdiri atas sejumlah komunitas atau etnik yang mempunyai kekuatan (jumlah individu dalam kelompok) kompetitif yang seimbang.

Adapun bentuk konfigurasi etnik pada masyarakat majemuk yang lainnya, yaitu:

  • Mayoritas dominan merupakan masyarakat majemuk yang terdiri atas sejumlah komunitas etnik dengan kekuatan kompetitif tidak seimbang. Di mana salah satu kekuatan kompetitif lebih besar daripada kelompok lainnya, atau suatu kelompok etnik mayoritas mendominasi kompetisi sehingga posisi kelompok-kelompok yang lain menjadi kecil.
  • Minoritas dominan merupakan suatu masyarakat dimana satu kelompok etnik minoritas mempunyai keunggulan kompetitif yang luas sehingga mendominasi kehidupan politik atau ekonomi masyarakat.
  • Fragmentasi kelompok merupakan masyarakat yang terdiri atas sejumlah kelompok etnik, tetapi semuanya dalam jumlah yang kecil sehingga tidak ada satu kelompok pun yang mempunyai posisi politik atau ekonomi yang dominan. Masyarakat demikian ini biasanya sangat stabil, tapi masih mempunyai potensi konflik karena rendahnya kemampuan coalition building.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam perolehan suara sembilan partai politik pada pemilu legislatif tahun 2009, Partai Demokrat meraih suara 20,85%, Partai Golkar 14,45%, PDIP 14,03%, PKS 7,88%, PAN 6,01%, PPP 5,32%, PKB 4,94%, GER...

11

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia