Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cara yang tepat untuk membentuk sistem pemerintahan yang kuat pada negara yang memiliki rakyat multikultural, yaitu dengan dibentuk koalis etnik. Bentuk konfigurasi pemerintahan yang dimaksud adalah ....

Cara yang tepat untuk membentuk sistem pemerintahan yang kuat pada negara yang memiliki rakyat multikultural, yaitu dengan dibentuk koalis etnik. Bentuk konfigurasi pemerintahan yang dimaksud adalah ....

  1. minoritas dominan

  2. fragmentasi sosial

  3. komposisi seimbang

  4. masyarakat majemuk

  5. mayoritas dominan

Iklan

S. Dianita

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Menurut J.S. Furnivall, konfigurasi dan komunitas etniknya dibedakan dalam empat kategori/tipe, salah satunya berupa masyarakat majemuk dengan komposisi seimbang. Masyarakat majemuk dengan komposisi seimbang terdiri atas sejumlah komunitas etnik dengan kekuatan kompetitif yang seimbang. Artinya, setiap etnik yang ada di masyarakat berhak untuk bersaing dalam berbagai bidang, seperti bidang politik (DPR/DPRD) dan ekonomi. Berdasarkan pada soal, cara yang tepat untuk membentuk sistem pemerintahan yang kuat pada negara memiliki masyarakat multikultural, yaitu dengan konfigurasi masyarakat majemuk berupa komposisi seimbang. Adapun penjelasan tentang konfigurasi dan komunitas etnik dalam kategori lainnya sebagai berikut. Masyarakat majemuk dengan mayoritas dominan, terdiri atas sejumlah komunitas etnik dengan kekuatan kompetitif tidak seimbang atau adanya suatu kelompok/komunitas berdasarkan jumlah anggotanya banyak (mayoritas) dan memiliki kekuatan dominan. Masyarakat majemuk dengan minoritas dominan, berarti etnik minoritas memiliki keunggulan kompetitif sehingga mendominasi kehidupan politik atau ekonomi masyarakat. Masyarakat majemuk dengan fragmentasi, terdiri atas kelompok etnik kecil sehingga tidak memiliki posisi dominan dalam politik dan ekonomi.

Menurut J.S. Furnivall, konfigurasi dan komunitas etniknya dibedakan dalam empat kategori/tipe, salah satunya berupa masyarakat majemuk dengan komposisi seimbang. Masyarakat majemuk dengan komposisi seimbang terdiri atas sejumlah komunitas etnik dengan kekuatan kompetitif yang seimbang. Artinya, setiap etnik yang ada di masyarakat berhak untuk bersaing dalam berbagai bidang, seperti bidang politik (DPR/DPRD) dan ekonomi. Berdasarkan pada soal, cara yang tepat untuk membentuk sistem pemerintahan yang kuat pada negara memiliki masyarakat multikultural, yaitu dengan konfigurasi masyarakat majemuk berupa komposisi seimbang.

Adapun penjelasan tentang konfigurasi dan komunitas etnik dalam kategori lainnya sebagai berikut.

  • Masyarakat majemuk dengan mayoritas dominan, terdiri atas sejumlah komunitas etnik dengan kekuatan kompetitif tidak seimbang atau adanya suatu kelompok/komunitas berdasarkan jumlah anggotanya banyak (mayoritas) dan memiliki kekuatan dominan.
  • Masyarakat majemuk dengan minoritas dominan, berarti etnik minoritas memiliki keunggulan kompetitif sehingga mendominasi kehidupan politik atau ekonomi masyarakat.
  • Masyarakat majemuk dengan fragmentasi, terdiri atas kelompok etnik kecil sehingga tidak memiliki posisi dominan dalam politik dan ekonomi.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan empat upaya pencegahan disintegrasi bangsa sebagai dampak negatif keberagaman Indonesia!

347

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia