Roboguru

Pertanyaan

Bacalah cuplikan hikayat berikut!



Dengan tiba-tiba, Seri Laut duduk menyembah kaki Anggun Dewa.

"Ampun hamba pada kakak, usahlah hati dipermalukan. Jangan bicara diperpanjang. Hamba tahu, hamba arif. Kata kakak, kata menyindir, ngilu tulangku mendengarkannya. Dosa hamba seberat bukit, kesalahan sebesar bumi. Bagaimana hamba akan menurut, bagaimana hamba akan pulang menentang kakak, hamba malu. Bukanlah kakak yang celaka, untung hamba kiranya. Jangan suka mendengar asut petenah, buah bicara orang penghasut. Akhirnya, badan yang menanggung. Menanggung dendam siang malam, hidup bagai hantu rimba," demikianlah kata Seri Laut sambil menangis.

"Manalah Tuan Seri Laut, jangan Tuan panjang bicara. Hari hampir berjuak malam, matahari hampir terbenam. Bawa hamba ke tempat Tuan. Menjemput inang dan pengasuh. Mari kita pulang ke rumah, menjelang ayah dengan bunda."space 

Mengapa saat ini hikayat kurang diminati oleh pembaca? Jelaskan alasan Andaspace 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Hikayat adalah salah satu jenis cerita rakyat yang disajikan dengan bahasa Melayu klasik yang menonjolkan unsur penceritaan berciri kemustahilan dan kesaktian tokoh-tokohnya.

Salah satu penyebab hikayat kurang diminati oleh pembaca pada saat ini adalah bahasa yang digunakan, yaitu bahasa Melayu klasik yang kurang dipahami oleh pembaca saat ini, selain itu, pembaca saat ini lebih tertarik dengan alur cerita yang logis ketimbang cerita yang terdapat kemustahilan dan pembaca pada saat ini jarang yang tertarik dengan tokoh yang mempunyai kesaktian.

Dengan demikian, salah satu penyebab hikayat kurang diminati oleh pembaca pada saat ini adalah bahasa yang digunakan, yaitu bahasa Melayu klasik yang kurang dipahami oleh pembaca saat ini, selain itu, pembaca saat ini lebih tertarik dengan alur cerita yang logis ketimbang cerita yang terdapat kemustahilan dan pembaca pada saat ini jarang yang tertarik dengan tokoh yang mempunyai kesaktian.space 

405

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perbedaan antara cerpen dan hikayat adalah ...

201

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia