Roboguru

Pertanyaan

Mengapa rumus molekul benzena yang terdiri dari unsur C dan H tidak digolongkan ke dalam senyawa hidrokarbon tetapi digolongkan ke dalam senyawa aromatik? Berikan alasannya!space  

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Benzena digolongkan sebagai senyawa aromatik karena memiliki struktur yang terdiri dari ikatan rangkap yang berselang seling yang beresonansi serta memenuhi aturan Huckel.

Senyawa-senyawa yang mengandung benzena memiliki aroma yang sedap, sehingga senyawa-senyawa tersebut dinamakan senyawa aromatik. Namun saat ini, istilah aromatik tidak lagi mengacu pada aromanya, tetapi mengacu pada struktur senyawanya. Benzena memiliki struktur siklik dengan 6 atom C yang mengikat satu atom H, di mana terdapat ikatan rangkap dua (punya elektron phi) dengan letak yang berselang-seling dengan ikatan tunggal. Ikatan rangkap ini mengalami resonansi atau delokalisasi elektron, yaitu dapat berpindah-pindah yang menyebabkan panjang ikatannya sama dan sukar diadisi. Suatu senyawa dikategorikan aromatik jika memenuhi aturan Huckel, dimana jumlah elektron phi-nya adalah 4n + 2.

Senyawa hidrokarbon diklasifikasikan menjadi hidrokarbon alifatik, siklik dan aromatik. Sehingga benzena masih termasuk hidrokarbon namun pada golongan aromatik. Dengan demikian, benzena digolongkan sebagai senyawa aromatik karena memiliki struktur yang terdiri dari ikatan rangkap yang berselang seling yang beresonansi serta memenuhi aturan Huckel.

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Mengapa benzena termasuk ke dalam senyawa karbosiklik?

12

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia