Roboguru

Jika ditinjau dari struktur elektronnya, jelaskan penyebab kearomatikan benzena.

Pertanyaan

Jika ditinjau dari struktur elektronnya, jelaskan penyebab kearomatikan benzena.  undefined

  1. .... undefined

  2. .... undefined

Pembahasan Soal:

Rumus molekul begin mathsize 14px style C subscript 6 H subscript 6 end style memperlihatkan ketidakjenuhan, jadi bukanlah termasuk dalam golongan alkana maupun alkena. Hal tersebut menunjukkan bahwa keenam atom C benzena adalah setara. Ikatan rangkap yang berkonjugasi  pada cincin benzena tersebut selalu berpindah-pindah (resonansi). Tiap atom C pada benzena memiliki satu elektron bebas yang berada pada orbital p yang satu sama lain sama jauhnya. Akibatnya elektron tersebut terdelokalisasi seputar cincin. Inilah yang menjadi ciri khas senyawa aromatik.


Jadi, jawaban yang benar adalah sesuai penjelasan di atas

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Krisna

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan ciri-ciri senyawa aromatik yang membedakannya dengan senyawa alkena atau alkuna.

Pembahasan Soal:

Senyawa aromatik yang paling sederhana adalah benzena, yaitu suatu senyawa hidrokarbon siklik dengan ikatan rangkap terkonjugasi yaitu ikatan rangkap yang terdapat pada atom karbon yang saling berdampingan. Benzena dengan rumus molekul begin mathsize 14px style C subscript 6 H subscript 6 end style bila dibandingkan dengan senyawa hidrokarbon lain yang beranggotakan 6 karbon misalnya heksana begin mathsize 14px style open parentheses C subscript 6 H subscript 14 close parentheses end style terlihat bahwa benzena memiliki tingkat ketidakjenuhan yang tinggi. Akan tetapi walaupun benzena memiliki ketidakjenuhan seperti halnya senyawa alkena, benzena tidak memiliki sifat kimia seperti halnya senyawa alkena. Ciri-ciri senyawa aromatik yang membedakannya dengan alkena dan alkuna diantaranya:

  1. Senyawa aromatik memilki struktur siklik (tertutup)
  2. Tidak mengalami reaksi adisi apabila direaksikan dengan halogen tetapi yang terjadi adalah reaksi substitusi.


Jadi, jawaban yang benar adalah sesuai pernyataan di atas.

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Toluena merupakan senyawa aromatis. SEBAB Toluena mempunyai ikatan rangkap dua yang tersusun secara kon...

Pembahasan Soal:

Hidrokarbon aromatik adalah senyawa organik dengan ikatan tak jenuh, dimana senyawa ini memiliki struktur siklik dan mengandung ikatan sigma yang memungkinkan terjadinya delokalisasi elektron phi. Senyawa aromatik juga disebut dengan senyawa arena ataupun aril. Secara sederhana, hidrokarbon aromatik merupakan senyawa hidrokarbon siklik yang memiliki ikatan rangkap secara berselang seling. Namun, masing masing ikatan rangkap tersebut memiliki elektron yang dapat berpindah dari satu atom ke atom lain sehingga posisi ikatan rangkap tersebut tidak dapat dipastikan secara tepat karena terus berpindah sesuai dengan pergerakan elektron.

Benzena merupakan senyawa organik siklik (berbentuk cincin) dengan enam atom karbon yang bergabung membentuk cincin segi enam dengan tiga ikatan rangkap yang terkonjugasi dan selalu berpindah-pindah. Rumus molekul benzena adalah C6H6. Jika salah satu atau lebih atom H dalam benzena digantikan dengan atom atau gugus fungsi yang lain, senyawa baru tersebut merupakan senyawa turunan dari benzena.

Toluena yang memiliki rumus molekul C6H5CH3, merupakan salah satu senyawa turunan benzena dengan struktur sebagai berikut.


 


Berdasarkan struktur di atas, terlihat bahwa toluena memiliki struktur cincin benzena dalam senyawanya. Hal ini menunjukkan bahwa toluena memiliki struktur hidrokarbon siklik berbentuk cincin segi enam yang memiliki ikatan rangkap secara berselang seling (terkonjugasi) yang memungkinkan terjadinya delokalisasi elektron, sehingga posisi ikatan rangkapnya dapat berpindah-pindah Oleh karena itu, maka toluena termasuk dalam senyawa aromatis.

Dengan demikian, maka pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan kelompok senyawa hidrokarbon ini: C2​H6​,C3​H8​,C4​H10​  C2​H4​,C3​H6​,C4​H8​  C2​H2​,C3​H4​,C4​H6​ C2​H6​,C2​H4​,C2​H2​ C2​H6​,C3​H6​,C4​H6​ Yang merupakan pasangan kelompok alifa...

Pembahasan Soal:

Senyawa alifatis tidak jenuh merupakan senyawa alifatis dengan ikatan rangkap dengan rumus umum tidak boleh begin mathsize 14px style C subscript n H subscript 2 n plus 2 end subscript end style karena merupakan rumus umum alifatis jenuh. Dari pernsyaratan tersebut maka kelompok senyawa yang termasuk dalam alifatis tidak jenuh adalah kelompok senyawa 2 dan 3.

Jadi, pasangan kelompok alifatis tidak jenuh adalah kelompok 2 dan 3.undefined 

0

Roboguru

Benzena dinyatakan sebagai senyawa aromatik. Jelaskan maksud dari aromatik. Tuliskan contoh senyawa aromatik selain benzena.

Pembahasan Soal:

Sebuah hidrokarbon aromatik  adalah hidrokarbon dengan ikatan tunggal dan atau ikatan ganda di antara atom-atom karbonnya. Beberapa senyawa aromatik yang bukan merupakan turunan benzena disebut dengan heteroarena, senyawa-senyawa ini mengikuti Aturan Hückel. Suatu molekul cincin planar memenuhi aturan Hückel, jika memiliki elektron-π sebanyak 4n+2, dengan n adalah bilangan bulat.

Salah satu contoh senyawanya adalah furan, sebuah senyawa heterosiklik cincin yang mempunyai 5 anggota, salah satunya atom oksigen. Contoh lainnya adalah piridina, sebuah senyawa heterosiklik cincin dengan 6 anggota, salah satunya atom nitrogen.undefined 

undefined
Jadi, jawaban yang benar maksud aromatik adalah hidrokarbon dengan ikatan tunggal dan atau ikatan ganda di antara atom-atom karbonnya dan contohnya adalah furan.undefined 

0

Roboguru

Senyawa A, B, C dan D berturut-turut memiliki jumlah elektron pi sebanyak 4, 6, 8 dan 10. Senyawa yang termasuk senyawa aromatis adalah ….

Pembahasan Soal:

Senyawa hidrokarbon dapat dikatakan sebagai senyawa aromatik jika memenuhi kaidah Hückel dengan jumlah elektron pi (π) = 4n+2, dengan n adalah 0, 1, 2 dan seterusnya yang merupakan bilangan bulat positif. Deret angka yang memenuhi aturan tersebut jika dimasukkan bilangan bulat positifnya menghasilkan jumlah elektron sebanyak 2, 6, 10, 14 dan seterusnya. Oleh karena itu, B (6 elektron) dan D (10 elektron) termasuk senyawa aromatis.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved