Roboguru

Mengapa pembagian flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga kelompok? Apa bukti bahwa pembagian flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga?

Pertanyaan

Mengapa pembagian flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga kelompok? Apa bukti bahwa pembagian flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga?

Pembahasan Soal:

Flora dan dauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu fauna Indonesia bagian barat (tipe Asiatis), fauna Indonesia bagian tengah  (tipe peralihan), dan fauna Indonesia bagian timur (tipe Australis). Secara geologi, Indonesia terletak diantara dua paparan, yaitu Paparan Sunda dan Paparan Sahul. Berdasarkan sejarah waktu geologi sebelum kala glasial, Indonesia bagian barat (Kalimantan, Sumatera, dan Jawa) pernah bersatu dengan Benua Asia, sedangkan di bagian timur (Papua) dulunya bersatu dengan Benua Australia. Keberadaan Paparan Sahul dan Paparan Sunda memiliki arti penting dalam keanekaragaman hayati di Indonesia. Hal itu menyebabkan flora dan fauna Indonesia dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan garis Wallace dan Weber. 

Selain itu hal tersebut juga menjadi bukti bahwa pembagian flora dan fauna dikelompokkan menjadi tiga. Pada wilayah Indonesia bagian barat yang termasuk bagian Paparan Sunda, flora-faunanya memiliki kesamaan dengan flora-fauna di Benua Asia. Pada wilayah Indonesia bagian timur yang termasuk bagian paparan Sahul, flora-faunanya memiliki kesamaan dengan flora-fauna di Benua Australia. Sementara untuk wilayah Indonesia bagian tengah yang tidak termasuk bagian Paparan Sunda maupun Sahul, flora-faunanya sebagian besar khas Indonesia, tidak memiliki kesamaan dengan flora-fauna di Benua Asia, maupun di Benua Australia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Kartikasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana pengelompokan fauna di Indonesia menurut Wallace dan Weber?

Pembahasan Soal:

Pengelompokkan fauna di Indonesia menurut Wallace dan Weber adalah sebagai berikut.

  1. Fauna Indonesia bagian barat (Tipe Asiatis) terdapat di wilayah Sumatra, Jawa dan Kalimantan pada saat zaman es terjadi penurunan permukaan laut sampai wilayah Indonesia bagian barat kering (Paparan Sunda) sehingga binatang-binatang yang berada di Asia berpindah melalui laut yang kering ke Indonesia bagian barat. Jenis fauna tipe Asiatis, yaitu gajah, harimau, orang utan, banteng, dan beruang madu ;
  2. Fauna Indonesia bagian timur (Tipe Australis) terdapat di wilayah Papua akibat terjadi penuruan air laut pada zaman es yang menyebabkan laut Arafuru kering sehingga daratan Australia dengan Indonesia bagian timur menjadi terhubung dan binatang yang berasal dari Australia berpindah ke Papua. Jenis fauna tipe Australis, yaitu cendrawasih, kanguru, kus-kus, kakatua, walaby ; dan 
  3. Fauna Indonesia bagian tengah (Tipe Peralihan) terdapat di wilayah Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat. Jenis fauna di wilayah ini merupakan fauna endemik Indonesia yang tidak terdapat di Indonesia bagian barat ataupun Indonesia bagian timur sehingga memiliki corak tersendiri karena pada zaman es di sekitar Pulau Sulawesi laut di wilayah ini tidak kering, tetapi tergenang. Jenis fauna di wilayah ini antara lain babi rua, komodo, anoa, burung maleo.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengelompokkan fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber adalah fauna tipe Asiatis, fauna tipe Australis dan fauna tipe peralihan.

0

Roboguru

Sebutkan pengelompokan fauna berdasarkan iklim!

Pembahasan Soal:

Menurut Alfred Russel fauna di dunia terbagi menjadi 6 wilayah, diantaranya:

  1. Wilayah Neartik; Meliputi Greenland dan Amerika bagian utara, jenis fauna di kawasan ini dipengaruhi oleh jenis vegetasi dan kondisi alam, seperti antelop bertanduk cabang tiga, praraire (sejenis tupai dari Amerika Utara), kalkun, burung biru salamander dan Byson.
  2. Wilayah Neotropik; Sebagian besar beriklim tropis kecuali di daerah utara lebih dipengaruhi oleh iklim sedang, kawasan neotropik meliputi Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Meksiko. Fauna khas kawasan ini adalah piranha, belut listrik, anaconda, alpaca, kera dan tapir.
  3. Wilayah Oriental; Kondisi fisik wilayah Oriental bervariasi, sebagian kawasan beriklim tropis sehingga terdapat hutan hujan tropis yang kaya flora dan fauna. Fauna kawasan oriental di dominasi oleh babon dan orang utan. Fauna khas oriental tersebar di wilayah India, Sri Lanka, Indo-Cina, Tiongkok bagian selatan, Indonesia bagian barat, dan Malaysia.
  4. Wilayah Ethiopian; Tersebar di wilayah Afrika selatan, Pegunungan Atlas, Gurun Sahara, dan Barat Daya Arabia. Fauna khas kawasan ini adalah zebra, kuda nil, singa, badak, jerapah, dan berbagai jenis burung.
  5. Wilayah Australis; Tipe Australis tersebar di daerah Papua dan pulau kecil sekitarnya. seperti Kanguru, Kakaktua, burung cenderawasih, burunh emu, dan masih banyak lagi.
  6. Wilayah Paleartik; mencakup wilayah eropa dan asia bagian utara, fauna yang ada seperti reptil, domba, kambing, bison dan ikan salmon.

0

Roboguru

Karakteristik bioma flora dan fauna di Indonesia....

Pembahasan Soal:

Fauna di Indonesia terbagi menjadi 3 zona fauna, yaitu sebagai berikut :

  1. zona Indonesia barat ; zona ini disebut juga dengan zona Asiatis karena merupakan hewan-hewan tipe Asiatis. Contoh fauna yang ada adalah harimau, gajah, orang utan, dan sebagainya.
  2. zona Indonesia tengah ; zona ini disebut juga dengan zona Peralihan karena merupakan peralihan antara hewan-hewan tipe Asiatis dan tipe Australis. Contoh fauna yang ada adalah komodo, anoa, babi rusa, dan sebagainya.
  3. zona Indonesia timur ; zona ini disebut juga dengan zona Australis karena merupakan hewan-hewan tipe Australis. Contoh fauna yang ada adalah kanguru, cenderawasih, dan sebagainya.

Flora di Indonesia mayoritas dipengaruhi oleh tiga jenis bioma, yakni sebagai berikut :

  1. Bioma hutan hujan tropis ; dicirikan dengan hutan lebat yang banyak turun hujan, kerapatan antar pohon sangat rapat.
  2. Bioma hutan musim ; dicirikan dengan hutan agak lebat dengan curah hujan yang jarang, kerapatan antar pohon agak renggang.
  3. Bioma sabana ; padang rumput yang diselilingi tanaman belukar dan pohon-pohon.

 

0

Roboguru

Perhatikan nama-nama fauna berikut. Komodo Piranha Labi-labi moncong babi Anoa Kalkun Fauna endemik di Indonesia dan dilindungi ditunjukkan nomor....

Pembahasan Soal:

Adapun beberapa fauna endemik di Indonesia dan dilindungi adalah sebagai berikut.

  • Komodo, komodo menjadi salah satu hewan yang keberadaannya terancam punah, hewan ini merupakan fauna endemik Indonesia bagian timur, yang saat ini  dilindungi di sebuah pulau kecil di kawasan Taman Nasional Komodo di ujung barat Pulau Flores, NTT. Hewan ini dilindungi karena mengalami kepunahan yang terjadi akibat adanya aksi perburuan liar serta berubahnya lingkungan akibat pembakaran liar.
  • Labi-labi moncong babi, merupakan hewan endemik yang hanya terdapat di wilayah Papua bagian selatan, mulai dari Merauke sampai Kaimana. Hewan ini dilindungi karena labi-labi moncong babi juga berperan untuk menaikkan fungsi ekosistem menjadi lebih baik dan sehat. Hilangnya keberadaan labi-labi dalam sebuah ekosistem akan mengakibatkan gangguan terhadap keseimbangan eksosistem.
  • Anoa, aksi penebangan hutan yang sembarangan serta perburuan liar menjadi penyebab langkanya hewan yang satu ini. Anoa adalah mamalia terbesar dan endemik yang hidup di daratan Pulau Sulawesi dan Pulau Buton.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Sebutkan nama-nama provinsi yang berada di zona Asiatis, Peralihan, dan Australis!

Pembahasan Soal:

Provinsi yang termasuk zona fauna Asiatis adalah sebagai berikut.

  1. semua provinsi di kepualauan Sumatera
  2. semua provinsi di kepulauan Jawa
  3. semua provinsi di kepulauan Kalimantan

Provinsi yang termasuk zona fauna Peralihan adalah sebagai berikut.

  1. Bali, NTB dan NTT
  2. semua provinsi di kepulauan Sulawesi
  3. Maluku dan Maluku Utara

Provinsi yang termasuk zona fauna Austalis adalah sebagai berikut.

  1. Papua
  2. Papua Barat

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved