Roboguru

Mengapa masyarakat modern sering diidentikkan dengan masyarakat perkotaan?

Pertanyaan

Mengapa masyarakat modern sering diidentikkan dengan masyarakat perkotaan?space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pertanyaan menunjuk pada alasan mengapa masyarakat modern diidentikkan/disamakan dengan masyarakat perkotaan. 

Sebelumnya, mari kita ulas apa itu masyarakat modern dan masyarakat kota. 

Masyarakat modern merupakan golongan masyarakat yang orientasi hidup dan nilai budayanya lebih terarah di masa kini. Masyarakat modern juga dapat diartikan sebagai bentuk transformasi dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat yang lebih maju dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan, serta cara berpikirnya. Ciri-cirinya adalah 

  1. Sektor industri dan teknologi berkembang sangat pesat
  2. Pekerjaannya tidak bergantung pada alam dan bersifat heterogen
  3. adanya urbanisasi
  4. Peluang atau kesempatan kerjanya lebih tinggi 
  5. Adanya stratifikasi sosial
  6. Tersedianya fasilitas perkotaan yang memadai
  7. Bersikap individualistis 
  8. Gerak mobilitas yang tinggi

Sedangkan, Masyarakat perkotaan merupakan masyarakat urban dari berbagai asal/desa yang bersifat heterogen dan majemuk karen terdiri dari berbagai jenis pekerjaan/keahlian dan datang dari berbagai ras, etnis, dan agama. 

Dari uraian tersebut, dapat dilihat bahwa masyarakat modern dan masyarakat kota memiliki berbagai macam kesamaan definisi dan ciri-cirinya sehingga masyarakat sering di identikkan dengan masyarakat perkotaan. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana ciri-ciri orang modern?

Pembahasan Soal:

Manusia modern mempunyai sikap mental yang cenderung tidak bisa terkontrol karena banyak pemikiran-pemikiran yang sering datang serta pengaruh dari berbagai sumber.space space  

Ciri-ciri manusia modern yaitu:

  1. Manusia modern memiliki kepekaan terhadap masalah yang terjadi di sekitarnya dan mempunyai kesadaran bahwa masalah tersebut berhubungan dengan dirinya.
  2. Manusia modern selalu siap untuk menerima perubahan setelah ia menilai kekurangan yang dihadapinya saat itu.
  3. Manusia modern senantiasa harus menyadari potensi yang ada pada dirinya dan yakin bahwa potensi tersebut akan dapat dikembangkan.
  4. Manusia modern adalah manusia yang peka perencanaan.
  5. Manusia modern tidak pasrah pada nasib.
  6. Manusia modern selalu mempunyai informasi yang lengkap mengenai pendiriannya.
  7. Manusia modern cenderung berorientasi ke masa kini dan masa mendatang (yang merupakan suatu ‘sequence‘).
  8. Manusia modern menyadari dan menghormati hak dan kewajiban serta kehormatan pihak lain.
  9. Manusia modern adalah orang yang bersikap terbuka terhadap pengalaman maupun penemuan baru. Tidak ada sikap apriori (prasangka).
  10. Manusia modern percaya pada keampuhan IPTEK, di dalam meningkatkan kesejahteraan umat manusia.space space  
Roboguru

Suatu perilaku yang memengtingkan diri sendiri daripada orang lain dan sekitarnya disebut dengan istilah ....

Pembahasan Soal:

Individualisme memiliki arti lebih mementingkan kebebasan pribadi artinya lebih mementingkan diri sendiri dibandingkan mementingkan orang lain. 

Jadi, jawabannya adalah A Individualismespace 

Roboguru

Menguatnya individualisme dalam masyarakat merupakan salah satu karakteristik modernisasi. Hal tersebut dapat ditandai oleh ….

Pembahasan Soal:

Salah satu karakteristik modernisasi adalah menguatnya individualisme dalam masyarakat. Kondisi ini terjadi ketika suatu masyarakat mulai melepaskan ikatan sosial tradisional kelompoknya yang homogen untuk menuju masyarakat modern. Pada situasi ini, masyarakat mulai bebas memilih di mana mereka ingin berkelompok dan juga bebas memilih pekerjaan serta jalan untuk menghasilkan karya karena berkembangnya industrialisasi. Untuk itu, ketergantungan masyarakat pada ikatan kelompok tradisionalnya telah digantikan dengan sikap individualisme yang mendorong kebebasan masyarakat dalam merespon modernisasi. Dengan demikian, individualisme dapat mendorong individu ataupun masyarakat untuk bebas dalam menentukan pilihannya sendiri. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Proses globalisasi tidak hanya membawa dampak positif, tetapi juga membawa ekses seperti perilaku hidup bersenang-senang tanpa memperdulikan sekitar. Dampak negatif perilaku tersebut ditinjau dari sud...

Pembahasan Soal:

Globalisasi merupakan suatu bentuk ketergantungan antarmasyarakat dunia dalam bidang sosial, ekonomi dan interaksi tanpa dihalangi oleh batas-batas teritorial negara. Proses globalisasi tidak hanya membawa dampak positif tetapi juga dampak negatif. Karena globalisasi menghilangkan batas-batas teritorial negara dampaknya semua budaya dari negara lain dapat masuk dan berkembang di indonesia salah satunya adalah budaya barat seperti hedonisme, konsumerisme dan materialistis. Berdasarkan ilustrasi globalisasi membawa akses seperti perilaku hidup bersenang-senang tanpa memperdulikan lingkungan sekitar dampak negatif perilaku tersebut dari sudut pandang sosiologi adalah berkembangnya sifat individualis dalam masyarakat karena ada kata kunci hidup bersenag-senang tanpa memperdulikan lingkungan sekitar.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Memudarnya jati diri keutuhan masyarakat indonesia kurang tepat karena terlalu luas.
  • Maraknya penggunaan gadget di kalangan remaja bukan dampak negatif dari perilaku-perilkau hidup yang bersenang-senang tanpa memperdulikan lingkungan sekitar. Maraknya penggunaan gadget merupakan akibat dari modernisasi.
  • Transformasi budaya barat menjadi mainstream publik merupakan penyebab hadirnya perilaku-perilaku negatif tersebut sedangkan yang ditanya adalah dampak negtif perilaku tersebut.
  • Masyarakat mengadopsi budaya barat sebagai gaya hidup publik merupakan penyebab hadirnya perilaku-perilaku negatif tersebut sedangkan yang ditanya adalah dampak negatif perilaku tersebut.
Roboguru

Ketika mekanisasi pertanian mulai berkembang, ikatan sosial masyarakat petani yang tadinya berdasar pada nilai-nilai kegotongroyongan, mulai bergeser ke arah individualistis. Hal ini terjadi karena ….

Pembahasan Soal:

Pada masyarakat tradisional, ikatan sosial masyarakatnya masih cenderung kuat, karena didasari oleh nilai-nilai kegotongroyongan, seperti yang terbangun pada masyarakat petani sebelum masuknya teknologi pertanian. Namun, ketika mekanisasi pertanian mulai berkembang, ikatan sosial masyarakat petani yang tadinya berdasar pada nilai-nilai kegotongroyongan, mulai bergeser ke arah individualistis. Hal ini terjadi karena adanya pengurangan tenaga petani yang digantikan oleh tenaga mesin. Oleh karena itu, pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan secara bersama-sama, dengan adanya mesin dan teknologi lainnya, kini semuanya menjadi lebih mudah dan dapat dikerjakan sendiri, sebab telah ada pembagian kerja yang spesifik. Ada yang menebar bibit dan mengolah lahan, menggiling padi, dan ada juga yang mengolah padi menjadi beras.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved