Roboguru

Masalah yang diungkapkan dalam kutipan naskah drama tersebut adalah ....

Pertanyaan

Masalah yang diungkapkan dalam kutipan naskah drama tersebut adalah ....space 

  1. penghasilan sepasang pengemis yang tidak memadaispace 

  2. pekerjaan yang dilakukan setiap hari oleh manusiaspace 

  3. suami istri saling menasihati dan menyayangispace 

  4. pertanyaan seorang suami kepada istri dan anaknyaspace 

  5. harapan seorang pengemis akan masa depannyaspace 

Pembahasan Soal:

Naskah drama adalah sebuah teks yang berisikan dialog dengan gambaran karakter-karakter tokoh di dalamnya, berfungsi sebagai naskah sastra (untuk dibaca) atau naskah untuk dipentaskan. 

Masalah pada kutipan naskah drama di atas, digambarkan dengan dialog antara suami dan istri yang tidak dapat menghasilkan uang sepeser pun dari mengemis. Dari hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa masalah yang diungkapkan dalam kutipan naskah drama tersebut adalah penghasilan sepasang pengemis yang tidak memadai.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Orang 1     : "Antri, Bung, ah!" Orang 2     : "Diri di tempat panas emang kagak enak, tuan." Orang 3     : "Antri dong, kasian yang lain nih." Pemuda     : "Mau apa? Berani lagi buka mulut aku han...

Pembahasan Soal:

Gambaran watak tokoh dapat diperoleh melalui melalui gambaran langsung pengarang (analitik), tanggapan tokoh lain (dramatik), dan dialog antartokoh. Dalam cerpen tersebut, pengarang menceritakan watak tokoh melalui dialog antartokoh, yakni antara orang 3 dan pemuda (pada baris ketiga dan keempat).

Orang 3:          “Antri dong, kasian yang lain nih.”

Pemuda:          “Mau apa? Berani lagi buka mulut aku hantam. Mau apa kau?”

Roboguru

Perhatikan kutipan naskah drama berikut! Efendi      : Menurut penceramah kemarin masih banyak peluang untuk jadi pengusaha tinta, aku tertarik untuk mencobanya!” Markus     : Mencoba apa maksudmu? ...

Pembahasan Soal:

Latar pada cerita dibagi menjadi tiga, yaitu latar waktu, tempat, dan suasana. Suasana yang tergambar pada cerita ialah semangat. Hal tersebut dibuktikan dari dialog-dialog para tokoh yang semangat untuk membuka usaha tinta. Mereka akan menjual tinta yang dimasukkan ke dalam botol-botol dan diberi label. Dialog terakhir mereka “Kita menjadi pengusaha!” juga membuktikan bahwa suasana yang tergambar ialah semangat. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Bacalah teks berikut. Filsuf: (Mengangkat gagang telepon) Halo...Halo...minta bertemu dengan saya? Sekarang? Setan: (Lemah lembut dan sopan) Maafkan aku karena mengganggu kesibukan malammu. Filsuf...

Pembahasan Soal:

   Menyimpulkan teks drama dapat dilakukan dengan cara memahami unsur pembangun drama. Sebagai sebuah karya sastra, drama dibentuk oleh unsur intrinsik, seperti tema, alur, latar, penokohan, amanat, gaya bahasa, dan konflik, sedangkan unsur ekstrinsik, seperti latar sosial budaya dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

    Simpulan yang tepat sesuai dengan isi percakapan drama tersebut adalah manusia sering menggambar wajah Setan dengan tampang seram, berdasarkan kutipan dialog: Aku tahu bagaimana manusia melukiskan wajah setan yang begitu menyeramkan.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

Roboguru

Suasana di ruang depan sebuah rumah, tersedia satu setel kursi dan lampu panjang. Telepon berdering. Dokter: (Tampak lelah dan masih mengantuk menerima telepon) Ya, halo dari kantor kecamatan ... ya...

Pembahasan Soal:

    Konflik adalah pertikaian atau pertentangan antara dua tokoh atau lebih. Konflik merupakan unsur inti dalam sebuah cerita. Artinya, tanpa konflik, suatu cerita akan terasa hambar karena tidak menarik.
    Di dalam sebuah drama, konflik dapat diidentifikasi melalui isi dialog dan gerak. Dua tokoh yang sedang berselisih akan mengucapkan dialog yang isinya saling bertentangan atau mempertahankan ide masing-masing. Mereka akan saling memaki dengan intonasi pengucapan tinggi, layaknya orang bertengkar.
    Selain itu, mimik dan gerakan anggota tubuh akan melengkapi isi dialog tadi, misalnya, mencibir, mendorong, menampar, atau memukul. Sebuah konflik akan muncul setidaknya karena dua alasan. Pertama, dalam sebuah cerita, selalu diciptakan dua peran tokoh yang saling berlawanan, yaitu protagonis dan antagonis. Kedua, adanya perbedaan ide/paham antara dua pihak.
    Jenis konflik terdiri atas tiga macam, yaitu pelaku dengan alam lingkungannya, antara pelaku dengan pelaku lain, dan antara pelaku dengan dirinya sendiri (konflik batin).

Berdasarkan penjelasan terebut, konflik dalam penggalan drama tersebut adalah antara dokter dengan istrinya.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

Roboguru

Sukroso : "Telah kukatakan kepada Bibi, bahwa mereka harus dipisahkan." Perempuan tua : "Tidak perlu kaulangi lagi. Coba pikirkan andaikata karena obatku ini, mereka bercerita, apa yang akan terjadi ...

Pembahasan Soal:

Konflik merupakan permasalahan utama yang diangkat penulis dalam sebuah cerita. Di dalam sebuah cerita, konflik dianggap sebagai "bumbu" atau hal yang mewarnai dalam cerita tersebut. Tahapan-tahapan sebuah konflik biasanya berawal dari pengenalan konflik, komplikasi (konflik mulai memanas), klimaks (puncak konflik) dan antiklimaks (penyelesaian). Sesuai isi percakapan yang terjadi antara Sukroso dengan perempuan tua, konflik yang terjadi adalah Sukroso ingin mencelakakan Satilawati dan Ishak

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved