Roboguru

Masalah yang ada pada kutipan cerpen tersebut adalah ...

Pertanyaan

Masalah yang ada pada kutipan cerpen tersebut adalah ...space 

  1. Ayah tidak mau memasang listrik, padahal listrik sudah masuk kampung.space 

  2. Tetangga belakang rumah sangat ingin memasang listrik.space 

  3. Ayah tidak mau memasang listrik sehingga rumahnya gelap.space 

  4. Ayah tidak mau memasang listrik karena tidak ada biaya.space 

Pembahasan Soal:

    Cerita pendek merupakan cerita yang habis dibaca sekitar sepuluh menit atau setengah jam (dibaca sekali duduk). Pada cerpen terdapat struktur pembangunnya. Struktur pembangun yaitu rangkaian cerita yang membentuk cerpen itu sendiri. Dengan demikian, struktur cerpen berupa unsur alur yang merupakan jalannya cerita yang terbentuk oleh hubungan sebab akibat ataupun secara kronologis. Secara umum, jalan cerita terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu sebagai berikut.

  1. Pengenalan situasi cerita (exposition, orientation). Bagian ini menjelaskan pengenalan para tokoh, menata adegan (latar) dan hubungan antartokoh.
  2. Pengungkapan peristiwa (complication). Dalam bagian ini disajikan peristiwa awal yang menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokoh.
  3. Puncak konflik (turning point). Bagian ini disebut juga klimaks. Pada bagian ini ditentukan nasib beberapa tokohnya.
  4. Penyelesaian (ending atau coda). Pada bagian ini berisi penjelasan tentang sikap ataupun nasib-nasib yang dialami tokohnya setelah mengalami peristiwa/ masalah.

    Di dalam soal, kita diminta untuk mencari struktur cerpen yang berupa masalah atau komplikasi dalam cerpen yang berjudul Rumah yang Terang Karya Ahmad Tohari. Struktur cerpen yang berupa masalah atau komplikasi tersebut yaitu Ayah tidak mau memasang listrik, padahal listrik sudah masuk kampung. Hal ini dapat dibuktikan pada kutipan cerpen berikut.

... .Ayah ku tidak mau pasang listrik. lnilah yang membuat tetangga di belakang rumah jengkel terus-terusan. Keduanya sangat berhasrat menjadi pelanggan listrik. Namun, hasrat mereka tak mungkin terlaksana sebelum ada dakstang di bubungan rumahku. Rumah dua tetangga di belakang itu terlalu jauh dari tiang. Kampungku yang punya kegemaran berceloteh seperti mendapat jalan buat berkata seenaknya terhadap ayah. Tentu saja, dua tetangga itulah sumbernya.

    Dalam kutipan tersebut terlihat bahwa terdapat dua tetangga yang selalu berceloteh tentang Ayah tokoh "Aku" yang tidak mau memasang listrik, yang menimbulkan dua tetangganya tersebut tidak bisa menggunakan listrik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Mariam

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Terakhir diupdate 11 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berdasarkan struktur cerpen, kutipan di atas termasuk dalam bagian ....

Pembahasan Soal:

Struktur teks cerita pendek adalah sebagai berikut.

  • Abstrak

Abstrak yakni dapat memberikan gambaran umum tentang semua situasi, peristiwa, dan berbagai elemen cerita lainnya. Pada titik ini, ide-ide kasar penulis biasanya ditimpa, akan tetapi tidak ada awal yang konkret.

  • Orientasi

Bagian ini memperkenalkan pengaturan atau setting cerita dalam hal waktu, ruang, dan peristiwa. Orientasi juga dapat memulai tanda-tanda pengantar, mengatur adegan yang berbeda dan menjelaskan hubungan dengan antar tokoh.

  • Komplikasi

Bagian ini menjelaskan bagaimana penyebab dan dampak konflik muncul di antara para manajer. Biasanya, komplikasi juga mulai membentuk, mengubah, atau menunjukkan karakter asli ketika orientasi karakter sebenarnya tidak dalam karakter.

  • Resolusi

Bagian tersebut yakni telah berisi penjelasan dan evaluasi akhir dari cerita tentang sikap atau variasi nasib yang dialami karakter atau berupa penurunan konfik cerita.

  • Koda

Koda merupakan sebuah sampul atau akhir dari keseluruhan cerita. Koda dapat menarik kesimpulan dari keseluruhan cerita dan juga dari interpretasi penulis tentang cerita yang diceritakan.

Berdasarkan struktur cerpen, kutipan di atas termasuk pada bagian komplikasi karena teks di atas berisi paparan cerita yang menjelaskan peristiwa atau penyebab munculnya konflik sampai terjadinya konflik cerita. Pada cerita di atas, konflik mulai muncul saat Nas mencari barang yang akan dibeli tetapi harganya tidak sesuai dengan uang yang dimilikinya.

Hal tersebut dapat dilihat dari kalimat berikut.

(3) Ia pun berhenti ketika ada yang menarik matanya. Ia amati dari jejeran atas hingga bawah. (4) Tapi dirasa, harganya tidak sesuai dengan uang yang ia punya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Roboguru

Kutipan cerpen tersebut merupakan struktur teks cerpen bagian . . . .

Pembahasan Soal:

Struktur yang terdapat dalam cerpen adalah sebagai berikut.

  1. Orientasi: bagian awal yang berisi pengenalan, baik latar, tokoh, atau watak dari tokoh tersebut
  2. Komplikasi: bagian ini merupakan bagian awal munculnya masalah pada tokoh. Pada bagian ini, berisi urutan kejadian yang bersifat sebab akibat. Masalah tersebut kemudian meningkat menjadi lebih serius sampai pada titik puncak yang disebut dengan klimaks.
  3. Resolusi: bagian ini merupakan akhir cerita yang ditandai dengan munculnya solusi atas masalah-masalah yang muncul.
  4. Koda: bagian yang berisi pernyataan-pernyataan pengarang tentang nilai-nilai yang muncul dalam cerita. Kehadirannya juga bersifat opsional sebagaimana abstraksi, artinya boleh ada boleh tidak.

Kutipan teks bersebut termasuk ke dalam struktur orientasi karena menceritakan pengenalan tokoh Derek Heartfield. Salah satunya terdapat pada kalimat Namanya Derek Heartfield.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space space space 

Roboguru

Bacalah dengan saksama kutipan cerita berikut! Di tengah jalan Rasmani diam saja, sebentar-sebentar menjauh ia sedikit, karena takut pakian Masrul akan basah oleh air bajunya. Masrul memayungi anak p...

Pembahasan Soal:

Konflik biasa disebut sebagai masalah. Konflik pada kutipan cerita berikut adalah tokoh Masrul yang merasa iba melihat seorang anak perempuan bernama Rasmani basah kuyup dan menggigil karena kehujanan. Oleh sebab itu, tokoh Masrul memayungi Rasmani. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Memang, keinginan untuk cepat mengetahui masalah menggebu­-gebu dalam benakku. Tetapi, aku juga harus memperhitungkan segi ekonomi. Maklumlah aku belum berpenghasilan dan kiriman dari rumah selalu saj...

Pembahasan Soal:

Cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek. Teks cerita pendek berbentuk narasi.

Oleh karena itu, sebagaimana teks sejenisnya, cerita pendek dibentuk oleh bagian-bagian berikut:

  • Orientasi: Berisi pengenalan tokoh, latar, ataupun unsur-unsur cerita lainnya. Dalam teks cerita pendek, umumnya penulis langsung mengenalkan masalah yang dialami tokoh utamanya.
  • Komplikasi: Berupa cerita yang berisi akibat dari adanya masalah yang dialami tokoh utama. Akibat itu dapat berupa konflik atau pertentangan pada diri tokoh itu sendiri (konflik sendiri) ataupun reaksi dari tokoh lain.
  • Resolusi: Menceritakan penyelesaian dari masalah yang dialami tokoh.

Di samping itu, mungkin pula mungkin pula di dalam sebuah cerpen terdapat abstrak dan koda.

  • Abstrak merupakan pengantar cerita oleh pengarang tentang cerpen yang disampaikannya. Abstrak berisi bagian akhir dari suatu cerita, biasanya berupa komentar dari pengarang atas seluruh rangkaian peristiwa yang disampaikan sebelumnya.
  • Koda, merupakan kata-kata penutup oleh pengarang setelah cerita yang disampaikannya tuntas. Koda dapat pula berperan sebagai suatu simpulan atas isi suatu cerita.

Pada kutipan terdapat kalimat:

  • Memang, keinginan untuk cepat mengetahui masalah menggebu­-gebu dalam benakku.
  • Tetapi, aku juga harus memperhitungkan segi ekonomi.
  • Maklumlah aku belum berpenghasilan dan kiriman dari rumah selalu saja pas-pasan.

Ketiga kalimat tersebut menyatakan konflik atau pertentangan pada diri tokoh Aku yang ingin mengetahui masalah, tetapi harus memperhitungkan segi ekomomi karena belum berpenghasilan sehingga ia harus belajar pasrah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

Roboguru

Identifikasilah teks fiksi di atas berdasarkan strukturnya!

Pembahasan Soal:

Cerita fiksi adalah sebuah karya satra yang bersifat imajinasi atau khayalan dari penulis dan bukan kejadian yang sebenarnya. Cerita fisksi memiliki struktur sebagai berikut

  1. Abstrak. Yaitu bagian yang berisi sebuah cerita singkat dari cerita keseluruhan atau berisi cerita inti sebuah teks cerita fiksi. Bagian ini bersifat opsional, boleh ada boleh tidak.
  2. Orientasi. Bagian ini menjelaskan tentang tema, latar belakang tema, serta tokoh dalam novel. Bagian ini biasanya terletak pada bagian awal cerita dan menjadi penjelas dari cerita fiksi dalam novel.
  3. Komplikasi. Bagian yang berisi tentang permasalahan-permasalahan yang mulai dihadapi para tokoh dalam cerita.
  4. Evaluasi. Yaitu bagian dari cerita yang berisi tentang pembahasan pemecahan atau penyelesaian masalah yang dihadapi para tokoh, namun belum berakhir.
  5. Resolusi. Yaitu bagian yang berisi inti pemecahan masalah dari masalah yang dihadapi para tokoh.
  6. Koda (reorientasi). Yaitu bagian yang berisi amanat cerita atau pesan moral yang dipetik dari cerita fiksi.

Hasil identifikasi struktur dari teks fiksi di atas sebagai berikut.

  1. Bagian abstrak
    Tidak terdapat abstrak pada teks di atas.
  2. Bagian orientasi
    Seekor anjing yang berjalan sambil menggigit seonggok daging segar yang cukup besar. Ia sangat senang dengan daging segar yang cukup besar. Ia sangat senang dengan daging yang ada di dalam gigitannya itu.
  3. Bagian komplikasi
    Di tengah jalan, ia menyusuri sebuah sungai dan tak sengaja melihat bayangan di sungai. Ia memandangi ada sosok seekor anjing yang juga sedang menggigit seonggok daging yang nampak lebih besar di mulutnya.
  4. Bagian evaluasi
    Tanpa menyadari bahwa sosok di sungai itu adalah bayangan dari dirinya sendiri, dengan serakahnya, ia meraih daging yang ada di mulut bayangannnya sendiri.
  5. Bagian resolusi
    Tak heran jika ia harus kehilangan dagingnya yang tercebur ke dalam sungai.
  6. Bagian koda
    Karena keserakahannnya, ia sendiri harus merugi dan tidak jadi menikmati daging segar yang tadinya sudah ada di dalam gigitan mulutnya.

Jadi, teks tersebut terdiri dari 5 bagian yaitu orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved