Roboguru

Makna kata kapal dalam kutipan puisi tersebut adalah ....

Pertanyaan

Makna kata kapal dalam kutipan puisi tersebut adalah ....space 

  1. berlayar di tengah laut untuk menangkap ikanspace 

  2. berjuang menantang ombak di tengah lautspace 

  3. belajar mandiri dengan mengarungi samudraspace 

  4. bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluargaspace 

Pembahasan Soal:

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. Penulisan puisi dilakukan dengan bahasa yang cermat dan pilihan kata yang tepat, sehingga meningkatkan kesadaran orang akan pengalaman dan memberikan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan pemaknaan khusus.

Kata kapal dalam puisi di atas buka menceritakan makna yang sebenarnya melainkan sebuah makna kias yaitu bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Hal itu dapat dilihat dari isi puisi yang dapat dimaknai tentang kehidupan seseorang yang memiliki anak dan akan bertaruh untuk bekerja demi mencukupi kebutuhannya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Makna kata menyebut dalam kutipan puisi tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Dalam memaknai sebuah puisi, kita harus memahami diksi puisi atau pilihan kata yang memiliki makna denotasi maupun konotasi. Makna denotasi adalah makna yang tidak mengalami perubahan apa pun dari makna asalnya. Makna konotasi adalah makna yang telah mengalami penambahan atau pergeseran dari makna asalnya. Makna kata menyebut pada puisi di atas adalah memanggil. Menyebut atau memanggil nama-Mu juga dapat diartikan berzikir.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Kata untuk baris kelima adalah ....

Pembahasan Soal:

Puisi adalah teks atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata. Dalam menulis puisi, penyair berusaha mengungkapkan perasaan dan maksud (pikirannya) dengan kata yang setepat-tepatnya. Karena itu, penyair sering kali harus menggunakan kata-kata yang bermakna konotasi atau makna kias.

Berikut ini adalah analisis makna kata yang terdapat dalam setiap pilihan jawaban, yaitu:

  • Menurut KBBI, kata "menciptakan" memiliki makna menjadikan sesuatu yang baru tidak dengan bahan; membuat atau mengadakan sesuatu dengan kekuatan batin; membuat (mengadakan) sesuatu yang baru (belum pernah ada, luar biasa, lain dari yang lain); membuat suatu hasil kesenian (seperti mengarang lagu, memahat patung); menggubah.
  • Menurut KBBI, kata "meninggalkan" memiliki makna membiarkan tinggal (tetap ada, tidak dibawa pergi, dan sebagainya); menyisakan; membiarkan lepas (lewat, tetap demikian halnya, dan sebagainya); melepaskan (cita-cita, niat, dan sebagainya).
  • Menurut KBBI, kata "mewujudkan" memiliki makna menjadikan berwujud (benar-benar ada dan sebagainya); menyatakan; melaksanakan (perbuatan, cita-cita, dan sebagainya); menerangkan (memperlihatkan) dengan benda yang konkret.
  • Menurut KBBI, kata "menyia-nyiakan" memiliki makna membuang-buang (waktu, uang, tenaga, dan sebagainya); memandang (menganggap dan sebagainya) sia-sia.

Berdasarkan analisis makna kata di atas, kata yang tepat untuk melengkapi baris kelima yang berbunyi "Dan berusaha keras untuk ... cita-citamu adalah kata "mewujudkan."


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

0

Roboguru

Diksi yang tepat untuk melengkapi larik kedua puisi tersebut adalah ….

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, diksi adalah pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan).

Larik kedua puisi tersebut yaitu "Dan kita semua para …." Untuk melengkapi larik tersebut dapat melihat larik sebelumnya karena setiap larik tentu saling berkaitan. Pada larik pertama "Dialah sang sutradara" terdapat kata kunci yaitu sutradara. Pada larik keempat "Bagaimana memainkan peran kita" terdapat kata kunci yaitu peran. Diksi untuk melengkapi larik kedua harus berkaitan dengan sutradara dan yang bertindak sebagai pemain peran. Jadi, diksi yang tepat untuk melengkapi larik kedua puisi tersebut adalah aktor karena aktor merupakan pelaku atau pemeran yang diatur dan diarahkan oleh sutradara.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Makna yang terkandung dalam bait puisi di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Makna yang terkandung dalam puisi tersebut dapat ditemukan ketika membaca berulang kali dan menemukan kata kuncinya.

Kata kunci yang bisa ditemukan dari puisi tersebut adalah kematian, kelahiran, dan cinta. Penyair tidak mengerti soal kematian atau kelahiran, karena baginya cinta lebih penting.

Pilihan jawaban C sesuai dengan pernyataan tersebut.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Tentukan diksi puisi Partitur Hujan karya Faisal Syahreza!

Pembahasan Soal:

Diksi merupakan segala hal yang berkaitan dengan pemilihan kata yang dilakukan oleh penyair dalam menyajikan puisinya. Diksi akan menggambarkan perasaan yang meletup-letup (semangat, optimisme, keyakinan, dan gairah) atau sebaliknya, perasaan yang sendu (terluka, berduka, murung, dan menderita) yang terdapat di dalam puisi. Singkat kata, diksi akan menggambarkan bagaimana perasaan pengarangnya di dalam menulis puisi. Pada puisi Partitur Hujan karya Faisal Syahreza terdapat beberapa diksi yang mengandung makna konotasi atau kiasan, misalnya saja pada larik jalan-jalan atau bahkan gedung-gedung terasa menjauh menggambarkan kekosongan atau kesepian yang dirasakan oleh penyair.

Dengan demikian, pada puisi Partitur Hujan karya Faisal Syahreza terdapat beberapa diksi yang mengandung makna konotasi atau kiasan, misalnya saja pada larik jalan-jalan atau bahkan gedung-gedung terasa menjauh menggambarkan kekosongan atau kesepian yang dirasakan oleh penyair.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved