Roboguru

Analisislah diksi dalam puisi berikut dengan cara menjelaskan maksud dari penggalan puisi tersebut sesuai dengan pemahaman kalian.

Pertanyaan

Analisislah diksi dalam puisi berikut dengan cara menjelaskan maksud dari penggalan puisi tersebut sesuai dengan pemahaman kalian.space 

Pembahasan Soal:

Puisi adalah sebuah hasil karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan perasaan dan pemikiran seorang penyair. Adapun salah satu struktur fisik puisi adalah diksi, yaitu pemilihan kata-kata yang dilakukan oleh penyair dalam puisinya. Pemilihan kata-kata dalam puisi erat kaitannya dengan makna, keselarasan bunyi, dan urutan kata. Penyair menggunakan diksi yang lugas, tegas, dan padat.
Berdasarkan puisi, diksi yang digunakan penyair menggunakan pilihan kata yang memerhatikan susunan bunyi. Hal itu tampak pada baris-baris berikut ini:

aku ini binatang jalang
dari kumpulannya terbuang

Penggunaan bunyi berulang /ng/ pada akhir larik yang terdapat pada kata jalang dan terbuang. Larik tersebut berarti dirinya seperti binatang jalang yang terbuang. Maknanya adala dirinya adalah sosok yang tidak mudah dikekang. Pemikiran si aku juga dianggap bagaikan seseorang yang terbuang atau tidak dianggap.

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih perih

Pengulangan bunyi /b/ pada kata bisa, bawa, berlari, berlari memperkuat keindahan puisi. Selain itu, larik Hingga hilang pedih perih  menggunakan pengulangan /h/ pada kata setiap katanya. Pengulangan /h/ tersebut menunjukkan kesedihan. Bait tersebut memiliki makna ketika si aku terluka maka luka itu tidak dihiraukan atau tidak dirasakan. Kata bisa menunjukkan semangat perjuangan hingga rasa sakit, pedih, dan perih itu akan menghilang/lenyap.

Dengan demikian, maksud dari penggalan puisi di atas berdasarkan diksinya adalah semangat tetap berjuang meski terkadang pemikirannya tidak dianggap.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 26 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved