lmaji yang terdapat dalam kutipan puisi tersebut adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan kutipan puisi berikut ini!

Klakson dan lonceng bunyi bergiliran
Dalam penghidupan sehari-hari, kehidupan sehari-hari

(lbukota Senja oleh Toto S. B.)space 

lmaji yang terdapat dalam kutipan puisi tersebut adalah ....space 

  1. didengarspace 

  2. dilihatspace 

  3. dirabaspace 

  4. dirasaspace 

N. Faizah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan

Puisi adalah genre karya sastra yang secara tipografi tersusun atas bait-bait dengan kata-kata singkat, penuh simbolis, dan sarat makna. Puisi dibentuk oleh unsur fisik dan unsur batin. Unsur fisik puisi terdiri atas: diksi,kata konkret, pengimajian, majas (gayabahasa) , ritme/rima, dan tipografi. Unsur · batin puisi terdiri atas: tema, amanat, perasaan, nada, dan suasana. 

 

  • ajas (figurative language) adalah bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. Untuk menimbulkan kesan-kesan tersebut, bahasa yang dipergunakan berupa perbandingan, pertentangan, perulangan, dan perumpamaan. Majas yang biasanya digunakan adalah majas personifikasi, majas paralelisme, majas metafora, majas hiperbola, dan majas perumpamaan.
  • Irama (musikalitas) adalah alunan bunyi yang teratur dan berulang-ulang. Irama berfungsi untuk memberi jiwa pada kata-kata dalam sebuah puisi yang pada akhirnya dapat membangkitkan emosi tertentu seperti sedih, kecewa, marah, rindu, dan bahagia. Rima (persajakan) adalah bunyi-bunyi yang ditimbulkan oleh huruf atau kata-kata dalam larik dan bait atau persamaam bunyi dalam puisi.
  • Kata konotasi adalah kata yang bermakna tidak sebenarnya. Kata itu telah mengalami penambahan-penambahan, baik itu berdasarkan pengalaman, kesan, maupun imajinasi, dan perasaan penyair. Kata-kata dalam puisi memang banyak menggunakan kata-kata bermakna konotatif. Kata-kata itu merupakan kiasan atau merupakan suatu perbandingan. Sebaliknya dari makna kata konotasi, adapun kata denotasi yaitu memiliki makna yang sebenarnya dan dapat dilihat pada KBBI.
  • Lambang atau simbol adalah sesuatu seperti gambar, tanda, ataupun kata yang menyatakan maksud tertentu. Misalnya, rantai dan padi kapas dalam gambar Garuda Pancasila, tunas kelapa sebagai lambang Pramuka. Lambang-lambang itu menyatakan arti tertentu yang bisa dipahami umum. Untuk kata-kata dalam puisi, seperti kata putih yang melambangkan kesucian atau kebersihan, bunga yang melambangkan kecantikan, api yang melambangkan kemarahan, dan baja yang melambangkan kekuatan atau ketangguhan.
  • Pengimajinasian adalah kata atau susunan kata yang dapat menimbulkan khayalan atau imajinasi. Dengan daya imajinasi tersebut, pembaca seolah-olah merasa, mendengar, atau melihat sesuatu yang diungkapkan penyair. Dengan kata-kata yang digunakan penyair, pembaca seolah-olah mendengar suara (imajinasi auditif), melihat benda-benda (imajinasi visual), atau meraba dan menyentuh benda-benda (imajinasi taktil).
  • Tipografi merupakan perwajahan puisi yang mencakup segala yang dapat dilihat dengan mata ketika membaca puisi, seperti pengaturan baris serta penulisan huruf, kata dan tanda baca.
  • Diksi adalah pemilihan kata dalam sebuah puisi. Dimana setiap kata dalam puisi mewakili suatu makna. Pemilihan kata biasanya dilakukan penyair dengan mempertimbangkan rima, nada dan estetikanya.

Imaji pada teks puisi di atas yaitu menggunakan imaji pendengaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan larik berikuit ini.

Klakson dan lonceng bunyi bergiliran

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

285

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Ceritakan maksud dari puisi di atas dengan menggunakan bahasamu sendiri!

20

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia