Roboguru

Latar tempat dalam kutipan cerpen tersebut adalah  ....

Pertanyaan

Latar tempat dalam kutipan cerpen tersebut adalah  ....space 

  1. sawahspace 

  2. kebunspace 

  3. ladangspace 

  4. hutanspace 

Pembahasan Soal:

Cerpen adalah karya sastra fiksi yang menceritakan suatu peristiwa cenderung singkat dan padat serta memiliki kesan tertentu. Salah satu unsur intrinsik cerpen adalah latar yang mencakup latar tempat, yaitu gambaran lokasi kejadian yang terjadi dalam cerita. Pada kutipan cerpen di atas diceritakan bahwa tokoh Aku dan Bapak masih dalam perjalanan ke Iadang ketika dari arah depan terdengar seseorang berteriak­-teriak. Oleh karena itu, latar tempat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ladang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Herwinda

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jawablah pertanyaan berikut!  a.) Setelah kamu membaca teks cerita pendek “Kupu-Kupu Ibu”, dapatkah kamu menyebutkan tokoh-tokohnya?  b.) Di manakah tempat cerita itu berlangsung?  c.) Bagaimana su...

Pembahasan Soal:

Teks cerita pendek adalah cerita narasi fiktif yang relatif pendek sehingga dapat selesai dibaca dalam sekali duduk. Dalam cerita pendek dikisahkan sepenggal kehidupan tokoh yang penuh pertikaian, peristiwa yang mengharukan atau menyenangkan, dan mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan.

Berikut jawaban dari pertanyaan pada soal di atas:

a.) Tokoh-tokoh dalam teks cerita pendek di atas adalah tokoh Aku atau Ning, ayah tokoh Aku (Ning), dan perempuan yang bermain dengan kupu-kupu di taman atau Ibu.

b.) Ada dua latar tempat cerita pendek di atas berlangsung, yaitu di taman dekat sekolah untuk latar tempat pada paragraf 1 s.d. paragraf 15 dan di halaman rumah untuk latar tempat pada paragraf 17 s.d. paragraf 19.

c.) Susunan peristiwa cerita pendek 
Orientasi : Cerita pendek di atas diawali dengan tokoh Aku yang bertemu dengan kupu-kupu dan perempuan yang ada di taman dekat sekolah. Sebelumnya, tokoh Aku hanya mendengar cerita dari ayahnya tentang mereka. Saat melihatnya sendiri, tokoh Aku jatuh cinta dengan kupu-kupu dan perempuan itu. Baginya, kupu-kupu di taman lebih cantik dari cerita ayahnya dan perempuan itu tidak semenyeramkan cerita ayahnya. Perempuan itu cantik dan baik kepada tokoh Aku sehingga dia betah saat bersama perempuan itu di taman dekat sekolah sembari bermain dengan kupu-kupu.

Komplikasi : Masalah dalam cerita pendek ini mulai muncul ketika ayah tokoh Aku menceritakan tentang kupu-kupu dan perempuan itu yang tidak jelas berasal dari mana dan apa yang dilakukannya saat di taman dekat sekolah. Ayah tokoh Aku juga menceritakan tentang rumor yang beredar di masyarakat bahwa perempuan itu memiliki ilmu hitam. Lalu, tokoh Aku dilarang untuk menemui mereka kembali. Namun, tokoh Aku tetap menemui mereka. Lalu, perempuan itu mengungkapkan kekecewaannya kepada tokoh Aku karena masih menemuinya dan kupu-kupu di taman dekat sekolah padahal sudah dilarang oleh ayahnya. Perempuan itu juga meminta tokoh Aku untuk bermain dengan kupu-kupu yang lain dan pergi meninggalkannya bersama kupu-kupu ini sendiri. Semenjak peristiwa ini, tokoh Aku tidak pernah lagi melihat mereka di taman dekat sekolah. Hal ini membuatnya sedih dan merengek kepada ayahnya untuk diizinkan dan diantar menemui kupu-kupu dan perempuan di taman dekat sekolah.

Resolusi : Akhir dari cerita pendek ini terjadi ketika banyak kupu-kupu datang di halaman rumah tokoh Aku. Di antaranya, ada tiga kupu-kupu yang lebih besar seperti yang ditemui di taman dekat sekolah. Kupu-kupu yang paling besar adalah kupu-kupu yang tercantik dari seluruh kupu-kupu itu dan warnanya persis sama dengan warna gaun perempuan itu ketika ditemui oleh tokoh Aku untuk yang terakhir kalinya. Namun, tokoh Aku tidak mau perempuan itu berubah menjadi kupu-kupu karena dia adalah ibu dari tokoh Aku yang sudah meninggal.

Berdasarkan pembahasan di atas, dalam cerita pendek tersebut mengisahkan tiga tokoh, yaitu Aku (Ning), ayah tokoh Aku (Ning), dan perempuan yang bermain dengan kupu-kupu di taman atau Ibu. Cerpen ini berlatarkan taman dekat sekolah dan halaman rumah tokoh Aku (Ning). Selanjutnya, untuk susunan peristiwa dalam cerita pendek di atas diawali dengan orientasi, yaitu saat tokoh Aku jatuh cinta pada kupu-kupu dan perempuan di taman dekat sekolah, selanjutnya komplikasi bermula ketika ayah tokoh Aku melarangnya untuk menemui mereka sehingga kupu-kupu dan perempuan itu memintanya untuk tidak menemui mereka lagi. Cerita itu berakhir (resolusi) ketika kupu-kupu dan perempuan itu tidak tampak di taman dekat sekolah, tetapi mendatangi tokoh Aku di halaman rumahnya.undefined 

0

Roboguru

Latar dalam cuplikan cerpen di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa dalam sebuah karya sastra.

Latar tempat adalah tempat berlakunya sebuah peristiwa dalam karya sastra.

Cara menemukan latar tempat adalah:
1) Baca karya sastra secara keseluruhan.
2) Temukan kata kunci berupa tempat yang dijelaskan secara eksplisit atau implisit melalui sebuah kejadian

Latar tempat dalam cuplikan Cerpen tersebut adalah di ruang kelas.

Berdasarkan kutipan:
Suatu ketika, guruku sedang menerangkan pelajaran.

Kalimat tersebut menunjukkan adanya latar tempat di ruang kelas, karena pembelajaran biasanya dilakukan di dalam ruang kelas.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.

0

Roboguru

Bacalah penggalan cerpen berikut! Di luar sudah gelap. Matahari sepenuhnya tenggelam. Ketika sedang asyiknya aku membaca buku Dunia di Ambang Kepunahan tulisan Anton Miline di bawah cahaya lampu keret...

Pembahasan Soal:

Jawaban: D

Pembahasan:

Latar waktu merupakan keterangan waktu yang berlangsung di dalam cerita. Latar waktu pada cerita tersebut terdapat pada kalimat Matahari sepenuhnya tenggelam. Kalimat tersebut menandakan bahwa latar waktu pada cerita tersebut adalah malam hari

0

Roboguru

Bacalah cuplikan berikut ! Dan hujan pun turun. Gerimis, gelap, lelah, dan dingin. Masih tak tentu arah, kami hanya melangkah saja, sekenanya berpegang pada pesan orang tua untuk menemukan masjid. ...

Pembahasan Soal:

Latar adalah tempat dan waktu kejadian serta suasana dalam cerita. Ada tiga jenis latar,  yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar suasana. Latas suasana terletak pada kalimat "Gerimis, gelap, lelah, dan dingin"

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined

0

Roboguru

Perhatikan kutipan cerita berikut! Bibirku tak sanggup lagi untuk berbicara sepatah kata pun. Langsung kunon-aktifkan hp ku. Dan kulempar jauh dariku. Aku benar-benar tidak pernah menduga bahwa dia a...

Pembahasan Soal:

Latar tempat di kamar tidur dibuktikan dengan adanya bagian si tokoh menggigit guling. Guling biasanya hanya ada di tempat tidur sehingga latar kutipan di atas adalah kamar tidur.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved