Roboguru

Kata tercetak tebal (kedai) tersebut mengandung makna ....

Pertanyaan

Kata tercetak tebal (kedai) tersebut mengandung makna ....space 

  1. bangunan tempat memproduksi barangspace 

  2. bangunan tempat berjualanspace 

  3. bangunan tempat menitipkan barangspace 

  4. bangunan tempat menumpuk barangspace 

Pembahasan Soal:

Kata 'kedai' pada teks di atas termasuk ke dalam latar. Latar adalah keterangan tentang ruang, waktu dan juga suasana terjadinya peristiwa di suatu karya. Kedai merupakan latar tempat.

Sesuai dengan pengertian yang ada pada Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI), kata 'kedai' pada teks di atas bermakna bangunan tempat berjualan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan latar tempat, waktu dan suasana dari cerita di atas!

Pembahasan Soal:

Teks cerita pendek (narasi) adalah kisah yang diceritakan dengan pendek atau singkat. Salah satu unsur intrinsik cerita pendek adalah latar. Latar dibedakan menjadi:

  • Latar tempat menjelaskan di mana kejadian atau peristiwa dalam cerpen terjadi.
  • Latar waktu menjelaskan kapan kejadian atau peristiwa dalam cerpen terjadi.
  • Latar suasana menjelaskan gambaran suasana dalam sebuah cerpen.

Dengan demikian, berikut adalah latar dari cerita di atas:

  • Latar tempat: penjara
  • Latar waktu: malam hari
  • Latar suasana: sunyispace 

0

Roboguru

Latar tempat dan suasana dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

     Cerita pendek merupakan cerita yang habis dibaca sekitar sepuluh menit atau setengah jam (dibaca sekali duduk). Cerita pendek dibentuk oleh sejumlah unsur. Adapun unsur cerpen tersebut dapat disingkat menjadi PT SALAG yaitu sebagai berikut.

  • Penokohan merupakan cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. Berikut cara penggambaran karakter tokoh.

           1. Teknik analitik langsung
           2. Penggambaran fisik dan perilaku tokoh.
           3. Penggambaran lingkungan kehidupan tokoh
           4. Penggambaran tata kebahasaan tokoh
           5. Pengungkapan jalan pikiran tokoh
           6. Penggambaran oleh tokoh lain

  • Tema, yaitu gagasan yang menjalin unsur cerita. Tema cerita menyangkut segala persoalan.
  • Sudut pandang (point of view), yaitu cara pandang pengarang dalam cerita. Sudut pandang tersebut bisa sebagai orang pertama (pelaku seperti, aku, kami), orang kedua (kamu), atau orang ketiga (pengamat cerita seperti, ia, penyebutan nama).
  • Alur, yaitu  jalan cerita yang dibuat oleh pengarang dalam menjalin kejadian secara beruntun dengan memerhatikan sebab-akibat sehingga merupakan satu kesatuan yang bulat.
  • Latar atau setting, yaitu tempat, situasi dan waktu terjadinya peristiwa yang ada dalam cerita itu.
  • Amanat, yaitu ajaran atau pesan yang hendak disampaikan pengarang dalam karyanya. Amanat pada cerpen khususnya bersifat tersirat (disembunyikan) pengarangnya dibalik peristiwa-peristiwa yang membentuk isi cerita.
  • Gaya bahasa. dalam cerita, penggunaan bahasa berfungsi untuk menciptakan suatu nada atau suasana persuasif serta merumuskan dialog yang mampu memerhatikan hubungan atau interaksi sesama tokoh.

    Di dalam soal, kita diminta untuk mencari unsur yang berupa latar tempat dan suasana dalam cerpen yang berjudul Rumah yang Terang Karya Ahmad Tohari. Latar tempat dalam cerpen tersebut yaitu di  sebuah kampung. Hal ini dapat dibuktikan pada kutipan cerpen berikut.

     Listrik sudah empat tahun masuk kampungku dan sudah banyak yang dilakukannya. Kampung seperti mendapat injeksi tenaga baru yang membuatnya menggeliat penuh gairah. Listrik memberi kampungku cahaya, musik, es, sampai api dan angin. Di kampungku, listrik juga membunuh bulan di langit. Bulan tidak lagi menarik hati anak-anak. Bulan tidak lagi mampu membuat bayang-bayang pepohonan. Akan tetapi, kampung tidak merasa kehilangan bulan. Juga tidak merasa kehilangan tiga laki-laki yang tersengat listrik hingga mati. Sebuah tiang lampu tertancap di depan rumahku. ....

     Dalam kutipan tersebut, pengarang menggambarkan sebuah kampung yang baru empat tahun mendapatkan listrik sebagai latar tempat dalam ceritanya. Sedangkan latar suasana dalam kutipan cerpen  yang berjudul Rumah yang Terang Karya Ahmad Tohari meunjukkan suasana yang kurang menyenangkan dari sikap tetangga yang digambarkan dalam cerita. Hal ini dapat dilihat dari penggalan kutipan cepen berikut.

... .Seperti semasa teman-temannya sesama tiang listrik yang membawa perubahan pada rumah yang terdekat, demikian halnya, beton langsing yang menyangga kabel-kabel di depan rumahku itu. Bedanya, yang dibawa ke rumahku adalah celoteh-celoteh sengit dua tetangga di belakang rumahku. Sampai sekian lama, rumahku tetap gelap. Ayahku tidak mau pasang listrik. lnilah yang membuat tetangga di belakang rumah jengkel terus-terusan. Keduanya sangat berhasrat menjadi pelanggan listrik. Namun, hasrat mereka tak mungkin terlaksana sebelum ada dakstang di bubungan rumahku. Rumah dua tetangga di belakang itu terlalu jauh dari tiang. Kampungku yang punya kegemaran berceloteh seperti mendapat jalan buat berkata seenaknya terhadap ayah. Tentu saja, dua tetangga itulah sumbernya.

     Suasana dalam cerita tersebut terlihat kurang menyenangkan, karena terdapat beberapa masyarakat kampung tersebut terutama dua tetangga tokoh "Aku" yang selalu berceloteh mengenai Ayahnya yang tidak mau memasang listrik dan berimbas kepada tetangganya tersebut.

     Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Latar dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Unsur intinsik dalam cerita pendek adalah sebagai berikut.

  1. Tema: inti yang terdapat dalam cerita tersebut
  2. Tokoh dan penokohan: menyebutkan siapa tokohnya dan bagaimana karakter/sifat dari tokoh tersebut
  3. Alur/plot: rangkaian kejadian yang terdapat cerita
  4. Latar/setting: menyebutkan latar tempat, kejadian, atau suasana yang terdapat dalam cerita
  5. Amanat: pesan yang ingin disampaikan penulis
  6. Sudut pandang: bagaimana arah pengarang dalam menyampaikan suatu cerita

Latar dibagi menjadi tiga, yaitu latar waktu, latar tempat, latar suasana. Berdasarkan teks tersebut, latar waktu yang disebutkan adalah siang hari, terlihat pada kalimat Jam sebelas lima belas, seseorang mengetuk pintu rumahnya, dan ia cepat-cepat menghapus air matanya dengan lengan bajunya, lalu bergegas mendekati pintu rumahnya. Pada lanjutan kalimat tersebut, dapat ditemukan latar tempat di depan rumah pada kalimat Di depan pintu ia mendapati seorang tukang pos telah berdiri dan menyodorkan sebuah koran nasional yang memuat tulisannya. Sementara, latar suasana bahagia dapat ditemukan di paragraf berikutnya di kalimat Lihat! Ini dia korannya! Aku sudah menerimanya. Aku bahagia. Jadi, latar waktu, latar tempat, dan latar suasana dalam teks tersebut adalah siang hari, di rumah, bahagia.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pillihan C.space 

0

Roboguru

Bukti bahwa latar waktu kutipan tersebut pada siang hari ditunjukkan pada nomor ....

Pembahasan Soal:

Cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek.

Latar atau setting adalah landas tumpu cerita. Latar berkaitan dengan pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.

Latar waktu merupakan waktu berlangsungnya suatu peristiwa. Latar waktu terbagi atas dua jenis, yaitu latar eksplisit dan juga latar implisit.

Pada kutipan cerpen terdapat kalimat, “Saat pulang sekolah, ia mendapat tawaran dari pamannya Abdulmanam, untuk bersekolah di Jakarta.” Saat pulang sekolah menyatakan bahwa cerpen tersebut memiliki latar di siang hari.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Buktikan hubungan antara latar dengan pemikiran dan konflik tokoh dalam kutipan cerpen berikut!   Membayangkan sisa hukuman dengan harus memikirkan dan menyiapkan lelucon setiap minggu sungguh-sunggu...

Pembahasan Soal:

Cerpen atau cerita pendek adalah karya sastra yang bersifat fiksi atau rekaan. Cerpen hanya terdiri dari satu alur cerita dan tidak lebih dari 10.000 kata, sehingga dapat dibaca sekali duduk.

Latar tempat dalam kutipan cerpen di atas adalah penjara. Latar tempat tersebut berkaitan erat dengan pemikiran dan konflik tokoh berupa konflik batin yang ada di dalam diri tokoh sendiri, mengenai dirinya yang merasa seperti pecundang.
 

Dengan demikian, hubungan antara latar dengan konflik tokoh dalam kutipan cerpen di atas adalah tokoh yang merasa seperti pecundang saat berada di penjara.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved