Iklan

Iklan

Pertanyaan

Larutan NaCI 5,85 gram ( M r ​ = 58 , 5 ) dan 18 gram glukosa ( M r ​ = 180 ) dengan volume yang sama memiliki titik beku yang sama. SEBAB Kedua larutan tersebut mempunyai molalitas yang sama. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

Larutan 5,85 gram dan 18 gram glukosa  dengan volume yang sama memiliki titik beku yang sama.

SEBAB

Kedua larutan tersebut mempunyai molalitas yang sama.


Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...space

  1. pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat  

  2. pernyataan benar, alasan benar, namun keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat    

  3. pernyataan benar dan alasan salah  

  4. pernyataan salah dan alasan benar  

  5. pernyataan dan alasan salah  

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang paling tepat adalah opsi D. Sifat koligatif merupakan sifat larutan yang bergantung pada jumlah zat terlarut dan tidak tergantung pada jenis pelarut. Zat terlarut dikelompokkan antara zat terlarut elektrolit dan zat terlarut non elektrolit. Sifat koligatif larutan diantaranya adalah penurunan titik beku. Penurunan titik beku dapat terjadi ketika ada penambahan zat terlarut pada pelarutnya yang menyebabkan titik didih pelarut murni menjadi turun. Glukosa merupakan larutan non elektrolit sementara NaCI merupakan larutan elektrolit. Larutan elektrolit ini terionisasi sempurna dalam air sehingga nilai α = 1 . Molalitas merupakan salah satu satuan konsentrasi yang menunjukan banyaknya jumlah zat dalam mol tiap 1 kilogram pelarutnya. Pada larutan elektrolit dalam perhitungan penurunan titik bekunya harus dikalikan dengan jumlah ion (i). Penurunan titik beku glukosa Jika gram terlarut = P △ T f ​ = K f ​ × m △ T f ​ = K f ​ × ( M r ​ Massa ​ × gram pelarut 1000 ​ ) △ T f ​ = K f ​ × ( 180 18 ​ × P 1000 ​ ) △ T f ​ = K f ​ × ( P 100 ​ ) △ T f ​ = 100 P K f ​ ​ Penurunan titik beku NaCl Jumlah ion = i = 2 △ T f ​ = K f ​ × m × i △ T f ​ = K f ​ × ( M r ​ Massa ​ × gram pelarut 1000 ​ ) × 2 △ T f ​ = K f ​ × ( 58 , 5 5 , 85 ​ × P 1000 ​ ) × 2 △ T f ​ = 2 K f ​ × ( P 100 ​ ) △ T f ​ = 200 P K f ​ ​ Molalitas dilambangkan dengan huruf m. Pada perhitungan di atas molalitasnya sama yaitu ( P 100 ​ ) tetapi harga penurunan titik bekunya berbeda.

Jawaban yang paling tepat adalah opsi D. 


Sifat koligatif merupakan sifat larutan yang bergantung pada jumlah zat terlarut dan tidak tergantung pada jenis pelarut. Zat terlarut dikelompokkan antara zat terlarut elektrolit dan zat terlarut non elektrolit. Sifat koligatif larutan diantaranya adalah penurunan titik beku. Penurunan titik beku dapat terjadi ketika ada penambahan zat terlarut pada pelarutnya yang menyebabkan titik didih pelarut murni menjadi turun. Glukosa merupakan larutan non elektrolit sementara  merupakan larutan elektrolit. Larutan elektrolit ini terionisasi sempurna dalam air sehingga nilai  . Molalitas merupakan salah satu satuan konsentrasi yang menunjukan banyaknya jumlah zat dalam mol tiap 1 kilogram pelarutnya. Pada larutan elektrolit dalam perhitungan penurunan titik bekunya harus dikalikan dengan jumlah ion (i).   



Molalitas dilambangkan dengan huruf m. Pada perhitungan di atas molalitasnya sama yaitu  tetapi harga penurunan titik bekunya berbeda.  

98

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui larutan KOH, CO(NH 2 ) 2 (urea), MgCl 2 , dan NaBr, masing-masing mempunyai konsentrasi 1 m. larutan yang mempunyai titik beku yang sama adalah ...

3rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia