Roboguru
SD

la tersenyum ramah. Senyum lugu perempuan tua yang mungkin dulu pernah jadi wanita muda yang cantik jelita. Bekas-bekas kecantikannya jelas dapat terlihat pada raut wajahnya. Senyumnya, tatapan matanya, mengesankan bahwa ia perempuan waras, tidak gila seperti yang kusangka semula. Tapi, siapakah yang akan menganggapnya wanita waras jika tiap pagi ia datang ke lapangan beraspal itu dan asyik memberi makan tiga-empat puluh ekor kucing, malah ikut makan bersama mereka? Setahuku belum ada orang yang waras berbuat kebaikan seperti itu. Cara pengarang menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerpen tersebut adalah ….

Pertanyaan

la tersenyum ramah. Senyum lugu perempuan tua yang mungkin dulu pernah jadi wanita muda yang cantik jelita. Bekas-bekas kecantikannya jelas dapat terlihat pada raut wajahnya. Senyumnya, tatapan matanya, mengesankan bahwa ia perempuan waras, tidak gila seperti yang kusangka semula. Tapi, siapakah yang akan menganggapnya wanita waras jika tiap pagi ia datang ke lapangan beraspal itu dan asyik memberi makan tiga-empat puluh ekor kucing, malah ikut makan bersama mereka? Setahuku belum ada orang yang waras berbuat kebaikan seperti itu.

Cara pengarang menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerpen tersebut adalah ….

  1. pelukisan tindakan

  2. dialog antartokoh

  3. diceritakan langsung oleh pengarang

  4. diceritakan tokoh lain

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan yang paling tepat adalah A.

Pembahasan

Watak tokoh digambarkan pengarang melalui berbagai cara, yakni dialog antartokoh, diceritakan langsung oleh pengarang, diceritakan tokoh lain, keadaan sekitar tokoh, atau melalui tindakan tokoh. Tingkah laku atau tindakan tokoh, yaitu penggambaran watak tokoh yang dilakukan dengan penggambaran perbuatan yang dilakukan oleh tokoh. Diceritakan pengarang, yaitu penggambaran watak seorang tokoh yang dilakukan oleh pengarang. Diceritakan tokoh lain, yaitu penggambaran watak seorang tokoh yang dilakukan oleh pengarang melalui perantara yaitu komentar atau tanggapan tokoh lain terhadap seorang tokoh. Watak tokoh perempuan yang kurang waras digambarkan pengarang melalui tindakannya yang tidak lazim dilakukan orang waras. Dengan demikian, pilihan yang paling tepat adalah A.

170

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Watak tokoh gadis dalam kutipan novel tersebut adalah ....

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia