Watak tokoh emak dalam penggalan cerpen di atas adalah …

Pertanyaan

    Aku tahu emak tentu tak akan datang. Tidak mau, katanya tidak pantas. “Sekolah itu kan tempat priyayi lho, Gus. Emakmu ni apakah, .ndak ilok kalau berada di tempat itu.”
    “Oalah, Mak, Mak! Priyayi itu zaman dulu, sekarang ini orang sama saja, yang membedakan itu isinya.” Aku menekan telunjuk ke keningku,
    “itulah Gus yang emak maksudkan priyayi. Emak gak mau ke tempat yang angker itu. Nanti emakmu ini hanya akan jadi tontonan saja, karena plonga-plongo kayak kerbau. Kasihan kamu, Gus.”space 

Watak tokoh emak dalam penggalan cerpen di atas adalah …space 

  1. jujur, baik, pengertianspace 

  2. rendah hati, rendah dirispace 

  3. tidak sombong, baik, optimisspace 

  4. penuh pengertian, luguspace 

  5. rendah hati, lugu, pengertianspace 

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space undefined

Pembahasan

Cerpen merupakan kependekan dari cerita pendek. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),  cerpen adalah kisahan pendek yang kurang dari sepuluh ribu kata dan memberikan kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi pada suatu waktu. 

Salah satu unsur instrinsik teks cerpen adalah watak atau penokohan. Watak tokoh adalah bagaimana karakter atau sifat yang tokoh dalam suatu drama. Watak tokoh terdiri dari protagonis, antagonis, dan tritagonis.

Berdasarkan teks cerpen di atas diketahui tokoh Emak tidak ingin datang ke sekolah tokoh Gus karena tidak ingin tokoh Gus sampai malu karena kehadirannya. Watak tokoh emak dalam penggalan cerpen di atas adalah rendah hati, rendah diri. Hal ini dapat dilihat dari dialog tokoh emak pada kutian cerpen tersebut. Berikut kutipannya:

Aku tahu emak tentu tak akan datang. Tidak mau, katanya tidak pantas. “Sekolah itu kan tempat priyayi lho, Gus. Emakmu ni apakah, .ndak ilok kalau berada di tempat itu.”
“itulah Gus yang emak maksudkan priyayi. Emak gak mau ke tempat yang angker itu. Nanti emakmu ini hanya akan jadi tontonan saja, karena plonga-plongo kayak kerbau. Kasihan kamu, Gus.”

Dapat dilihat pada dialog tokoh emak di atas, bahwa emak tidak mau datang ke sekolah Gus karena merasa rendah diri.  Rendah diri adalah sikap dan cara pikir yang juga sering disebut rasa tidak percaya diri. Emak juga memiliki watak yang rendah hati. Hal ini dilihat dari betapa sayangnya emak kepada Gus, sehingga ia tidak mau membuat emaknya malu karena dirinya. Rendah hati adalah perilaku yang selalu menghargai keberadaan orang lain, perilaku yang suka memulyakan orang lain, perilaku yang selalu suka mendahulukan kepentingan orang lain, perilaku yang selalu suka menghargai pendapat orang lain.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space undefined

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Watak tokoh gadis dalam kutipan novel tersebut adalah ....

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia