Roboguru

Kutipan teks tersebut merupakan struktur cerita bagian ....

Pertanyaan

Kutipan teks tersebut merupakan struktur cerita bagian ....space 

  1. Rangkaian peristiwaspace 

  2. Resolusispace 

  3. Orientasispace 

  4. Komplikasispace 

Pembahasan Soal:

Cerpen adalah sebuah karya sastra yang bersifat fiktif dan mengisahkan tentang suatu permasalahan yang dialami oleh tokoh dengan hanya satu konflik.

Struktur teks cerita pendek terdiri atas:

  1. Struktur orientasi, yang mengandung penentuan peristiwa, penciptaan gambaran visual latar tempat, latar suasana,  waktu kisah, pengenalan karakter, dan arah menuju komplikasi.
  2. Struktur komplikasi, cerita bergerak menuju konflik (pertentangan yang salah) atau puncak masalah yang memengaruhi  latar  waktu dan karakter.
  3. Struktur evaluasi, yaitu bagian yang menyatakan komentar pengarang atas peristiwa puncak yang telah diceritakannya.
  4. Struktur resolusi yang berisi solusi masalah, yakni bagaimana pengarang mengakhiri cerita.

Kutipan teks tersebut merupakan struktur cerita bagian komplikasi karena cerita menuju konflik antara pemuda berniat membetulkan jembatan dan warga sekitar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Ayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kutipan cerpen tersebut merupakan bagian ....

Pembahasan Soal:

Cerita pendek memiliki struktur sebagai berikut.

  1. orientasi, 
    Bagian ini memperkenalkan tokoh, menata berbagai adegan dan menjelaskan hubungan antartokoh.
  2. komplikasi merupakan bagian dimana berbagai konflik mulai muncul,
  3. pencapaian konflik,
    Berbagai masalah, peristiwa menantang, pertentangan atau kesukaran-kesukaran tokoh terus berkembang dan hampir mencapai puncaknya.
  4. puncak konflik,
    Konflik sering disebut juga sebagai klimaks. Ini adalah bagian puncak dari konflik. 
  5. penyelesaian,
    Evaluasi adalah tahap ketika konflik diselesaikan,
  6. koda (penutup, ending)
    Koda adalah penutup atau akhir dari keseluruhan isi cerita. 

Teks tersebut bercerita tentang arti persahabatan; persahabatan tak dapat ditukar dengan uang. Dari penjabaran di atas, kutipan cerpen tersebut merupakan bagian dari penyelesaian karena mengandung sebuah simpulan dari tokoh tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Roboguru

Bacalah teks berikut, kemudian jawablah pertanyaannya! Rumah Kecil Di Bukit Sunyi     Di atas bangku bambu reyot, Pak Kerto meluruskan kedua kakinya. Beberapa saat kemudian, ia beranjak dari bangk...

Pembahasan Soal:

Teks “Rumah Kecil di Bukit Sunyi” bercerita tentang seorang laki-laki tua bernama Pak Kerto yang bekerja di perkebunan. Pak Kerto merupakan petani desa yang polos yang hanya menuruti perintah juragannya. Pak Kerto tidak tahu nama tanaman yang ditanamnya selama hampir dua tahun, sampai akhirnya datang beberapa polisi untuk menangkapnya. Ternyata, selama ini Pak Kerto telah menanam dan menyimpan pohon ganja. Juragan Pak Kerto juga telah ditahan di kantor polisi. Disebabkan kejadian ini, Pak Kerto tidak bisa menemui anak dan istri yang sudah lama dirindukannya.

Berdasarkan isi cerita “Rumah Kecil di Bukit Sunyi” tersebut dapat kita disimpulkan bahwa teks “Rumah Kecil di Bukit Sunyi” memiliki unsur tema cerita, penokohan, latar (setting), alur, dan amanat yang mana unsur-unsur tersebut adalah unsur pembentuk teks cerita pendek (cerpen).

Dengan demikian, teks “Rumah Kecil di Bukit Sunyi” termasuk dalam jenis teks cerita pendek (cerpen). undefined 

Roboguru

Berdasarkan struktur cerpen, kutipan di atas termasuk pada bagian ....

Pembahasan Soal:

Struktur teks cerita pendek adalah sebagai berikut.

  • Abstrak

Abstrak yakni dapat memberikan gambaran umum tentang semua situasi, peristiwa, dan berbagai elemen cerita lainnya. Pada titik ini, ide-ide kasar penulis biasanya ditimpa, akan tetapi tidak ada awal yang konkret.

  • Orientasi

Bagian ini memperkenalkan pengaturan atau setting cerita dalam hal waktu, ruang, dan peristiwa. Orientasi juga dapat memulai tanda-tanda pengantar, mengatur adegan yang berbeda dan menjelaskan hubungan dengan antar tokoh.

  • Komplikasi

Bagian ini menjelaskan bagaimana penyebab dan dampak konflik muncul di antara para manajer. Biasanya, komplikasi juga mulai membentuk, mengubah, atau menunjukkan karakter asli ketika orientasi karakter sebenarnya tidak dalam karakter.

  • Resolusi

Bagian tersebut yakni telah berisi penjelasan dan evaluasi akhir dari cerita tentang sikap atau variasi nasib yang dialami karakter atau berupa penurunan konfik cerita.

  • Koda

Koda merupakan sebuah sampul atau akhir dari keseluruhan cerita. Koda dapat menarik kesimpulan dari keseluruhan cerita dan juga dari interpretasi penulis tentang cerita yang diceritakan.

Berdasarkan struktur cerpen, kutipan di atas termasuk pada bagian orientasi karena teks di atas berisi paparan cerita yang mengenalkan latar waktu, tempat, dan memulai peristiwa yang dialami tokoh.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Roboguru

Tentukan urutan struktur teks yang tepat dalam cerpen di atas...

Pembahasan Soal:

Struktur cerpen adalah berbagai tahapan yang mengisi suatu cerita atau narasi dalam cerpen.

 Struktur cerpen terdiri dari:

  • Abstrak, memberikan gambaran awal atau intisari cerita yang ingin disampaikan penulis.
  • Orientasi, memperkenalkan tokoh dan latar dalam cerpen. Latar yang dimaksud dapat berupa waktu, suasana atau kondisi, dan juga tempat.
  • Komplikasi, menyusun peristiwa yang dihubungkan dengan sebab akibat. Di tahap ini penulis memiliki tugas untuk menjaga karakter dan tokoh untuk tetap menarik minat pembaca melalui penggambaran konflik yang ada. 
  • Evaluasi, memaparkan perjalanan konflik menuju klimaks untuk selanjutnya ditemukan pelariannya.
  • Resolusi, konflik sudah bertemu dengan peleraiannya dengan cara penulis mengungkapkan solusi dari cerita yang telah dibangun.
  • Koda, bagian akhir untuk penulis mengungkapkan nilai-nilai atau pesan yang ingin disampaikan pada cerpennya.

Urutan struktur teks yang tepat dalam cerpen di atas yaitu 

  1. Abstrak = Kesedihan masih mendera diriku. Setelah ditinggal pergi pendamping hidupku, kini anakku satu-satunya juga telah tiada. (4)
  2. Orientasi = Latar suasana: sedih, latar waktu: kini, serta 40 hari setelah si pendamping hidup wafat dan 7 hari setelah anak wafat. (1)
  3. Komplikasi = Sang tokoh sedih karena ditinggal mati sang anak padahal sebelumnya telah ditinggal pendamping hidupnya, sang tokoh mulai menghilangkan rasa sedihnya dengan terus menjalani hidup dan menyibukan diri.(5)
  4. Evaluasi = Awal paragraf yakni saat tokoh yang kehilangan anak tercintanya. Alur cerita terus berlanjut dan tokoh pun mulai mencoba lebih tegar dalam menjalani hidupnya. Di akhir cerita tokoh yang menentukan sikap terhadap apa yang dia alami. (6)
  5. Resolusi = Tokoh yang memutuskan untuk menjalani hidupnya dan mulai menyibukan diri dengan bekerja. (3)
  6. Koda = Pesan yang disampaikan pada cerpen tersebut adalah bahwa kita harus tetap tegar dalam menjalani hidup meski ditimpa kesedihan yang mendalam. (2)

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Roboguru

Perbedaan pola pengembangan dua teks tersebut adalah diawali ...

Pembahasan Soal:

Cerpen atau cerita pendek adalah salah satu bentuk karya sastra prosa yang bersifat fiksi dengan isi cerita yang lebih sedikit daripada novel. Dalam sebuah cerpen terdapat struktur yang membangun yaitu (1) abstrak berisi gambaran awal mengenai isi cerita; (2) orientasi yakni bagian pengenalan latar dan tokoh; (3) komplikasi yaitu pemunculan masalah; (4) pencapaian konflik yaitu bagian yang menunjukkan sebuah peristiwa semakin berkembang; (5) puncak konflik yakni bagian yang menentukan perubahan nasib dari tokoh berdasarkan konflik yang telah terjadi; (6) evaluasi yaitu tahap perjalanan konflik menuju klimaks; (7) resolusi yaitu bagian pengungkapan solusi dari cerita yang telah dibangun; dan (8) koda yakni bagian pemaparan nilai-nilai atau amanat yang ingin disampaikan kepada pembaca. Struktur ini bisa lebih fleksibel sesuai kehendak penulis ingin mengembangkan pola cerita mulai dari struktur mana, bisa dengan pemunculan masalah atau langsung menjelaskan konflik kejadian dari cerita tersebut.

Pada teks 1 di atas dapat diketahui bahwa teks tersebut dimulai dengan pencapaian konflik. Hal ini sesuai dengan kalimat terakhir pada teks 1 yaitu "Saya bersiap meloncat seandainya mereka melakukan kekerasan terhadap kakek." yang menunjukkan bahwa terjadi sebuah konflik dan masih dalam proses perkembangan. Sedangkan, pada teks 2 diketahui bahwa teks tersebut diawali dengan pemunculan masalah berdasarkan kalimat "Mereka, dari kakek-nenek sampai anak-anak, hapal cerita keangkeran Gunung Beser." yang seterusnya akan dilanjutkan dengan berbagai rangkaian konflik terkait keangkeran Gunung Beser.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved