Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermatilah kutipan teks berikut!


Sebagai pusat kota dan pusat perdagangan elite pada masanya, Jalan Braga merupakan salah satu peninggalan sejarah yang harus dijaga. Jalan Braga ini mempunyai daya tarik sendiri bagi wisatawan.space 

Kutipan teks tersebut merupakan bagian struktur ....

Kutipan teks tersebut merupakan bagian struktur ....space 

  1. orientasispace 

  2. pengungkapan peristiwaspace 

  3. komplikasispace 

  4. evaluasispace 

  5. kodaspace 

Iklan

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Iklan

Pembahasan

Teks cerita sejarah yaitu prosa yang berisi rangkaian cerita tentang watak dan sikap tokoh berdasarkan kejadian masa lampau. Adapun struktur teks cerita (novel) sejarah, yaitu sebagai berikut: Pengenalan Situasi Cerita (Eksposisi/Orientasi), dalam bagian ini, pengarang memperkenalkan latar cerita baik waktu, tempat, maupun peristiwa. Selain itu, orientasi juga dapat disajikan dengan mengenalkan para tokoh, menata adegan, dan hubungan antartokoh. Pengungkapan Peristiwa, dalam bagian ini disajikan peristiwa awal yang menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya. Menuju Konflik (Rising Action) , terjadi peningkatan perhatian kegembiraan, kehebohan, ataupun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh. Puncak Konflik (Turning Point/Komplikasi) , bagian ini disebut pula sebagai klimaks. lnilah bagian cerita yang paling besar dan mendebarkan. Penyelesaian (Evaluasi/Resolusi), sebagai akhir cerita, pada bagian ini berisi penjelasan ataupun penilaian tentang sikap ataupun nasib-nasib yang dialami tokohnya setelah mengalami peristiwa puncak konflik. Koda, bagian ini berupa komentar terhadap keseluruhan isi cerita, yang fungsinya sebagai penutup. Pada teks di atas, termasukbagian struktur orientasi, karena berisi perkenalan latar yaitu Jalan Braga sebagai peninggalan sejarah dan daya tarik wisatawan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Teks cerita sejarah yaitu prosa yang berisi rangkaian cerita tentang watak dan sikap tokoh berdasarkan kejadian masa lampau. Adapun struktur teks cerita (novel) sejarah, yaitu sebagai berikut:

  1. Pengenalan Situasi Cerita (Eksposisi/Orientasi), dalam bagian ini, pengarang memperkenalkan latar cerita baik waktu, tempat, maupun peristiwa. Selain itu, orientasi juga dapat disajikan dengan mengenalkan para tokoh, menata adegan, dan hubungan antartokoh.
  2. Pengungkapan Peristiwa, dalam bagian ini disajikan peristiwa awal yang menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya.
  3. Menuju Konflik (Rising Action), terjadi peningkatan perhatian kegembiraan, kehebohan, ataupun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh.
  4. Puncak Konflik (Turning Point/Komplikasi), bagian ini disebut pula sebagai klimaks. lnilah bagian cerita yang paling besar dan mendebarkan.
  5. Penyelesaian (Evaluasi/Resolusi), sebagai akhir cerita, pada bagian ini berisi penjelasan ataupun penilaian tentang sikap ataupun nasib-nasib yang dialami tokohnya setelah mengalami peristiwa puncak konflik.
  6. Koda, bagian ini berupa komentar terhadap keseluruhan isi cerita, yang fungsinya sebagai penutup. 

Pada teks di atas, termasuk bagian struktur orientasi, karena berisi perkenalan latar yaitu Jalan Braga sebagai peninggalan sejarah dan daya tarik wisatawan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

25

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Teks tersebut termasuk struktur teks cerita sejarah bagian ...

4

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia