Pertanyaan

Cermatilah kutipan teks berikut!
 

Pencemaran lingkungan hampir terjadi di seluruh Indonesia, terutama di kota-kota besar. Pencemaran itu tersebut berupa polusi udara dari kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin banyak, pembuangan limbah industri dari pabrik-pabrik yang tidak sesuai dengan prosedur, dan ulah masyarakat yang sering membuang sampah sembarangan. Pencemaran tersebut dapat mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Misalnya, udara menjadi kotor dan tidak sehat, menyebarnya berbagai virus dan bakteri atau menjangkitnya wabah penyakit, serta menyebabkan bencana banjir karena saluran-saluran air tersumbat oleh sampah.space 

Kutipan teks eksplanasi di atas termasuk ke dalam bagian ....

Kutipan teks eksplanasi di atas termasuk ke dalam bagian ....space 

  1. pernyataan umumspace 

  2. deskripsi bagianspace 

  3. deskripsi penjelasspace 

  4. interpretasispace 

  5. rekomendasispace 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat ialah pilihan C.

jawaban yang tepat ialah pilihan C.

Pembahasan

Teks eksplanasi ialah teks yang memuat penjelasan tentang penyebab atau latar belakang terjadinya suatu peristiwa yang disertai dengan urutan kejadian peristiwa tersebut. Selain itu, terdapat gagasan umum dan berbagai fakta penting dalam menjelaskan urutan peristiwa. Struktur teks eksplanasi: Identifikasi fenomena Dalam teks eksplanasi, unsur pertama yang dimunculkan adalah identifikasi fenomena. Padabagian ini penulis berusaha mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Artinya, bagianinimemaparkan latar belakang terjadinya berbagai peristiwaatau fenomena yang terjadi, seperti fenomena alam, fenomena sosial, hinggaberbagai peristiwa budaya dan politik yangterjadi di sekitar. Pada bagian ini disebut juga pernyataan umum. Proses kejadian Pada bagianini, penulis berusaha memerinci proses kejadian yang sesuai dengan peristiwa atau fenomena yang telah dijelaskan sebelumnya. Proses kejadian ini harus berusaha menjawab pertanyaan bagaimanadan mengapa peristiwa itu terjadi.Pertanyaan "bagaimana" akan menguraikan ataumemerinci peristiwa atau fenomena yang tersusun secara kronologis(berdasarkan urutan waktu). Sementaraitu, pertanyaan "mengapa"akan menguraikan atau memerinci peristiwa atau fenomena yang tersusun secara kausalitas (berdasarkanhubungan sebab akibat). Ulasan Struktur terakhir dalam teks eksplanasi adalah ulasan. Pada bagian ini, penulis memberikan komentar atau penilaian tentang akibat dari peristiwa atau fenomena yang telah diuraikan sebelumnya. Kutipan tersebut menjelaskan fenomena pencemaran lingkungan yang hampir terjadi di seluruh Indonesia. Pencemaran tersebut berupa polusi udara kendaraan bermotor, pembuangan limbah industri, dan ulah manusia yang membuang sampah sembarangan. Pencemaran tersebut mengakibatkan kerugian, yaitu udara menjadi kotor, menyebarnya virus dan bakteri, menjangkitnya wabah penyakit serta menyebabkan banjir. Maka, kutipan teks tersebut menjelaskan akibat yang ditimbulkan oleh fenomena pencemaran lingkungan . Sehingga, kutipan teks eksplanasi di atas termasuk ke dalam bagian deskripsi penjelas . Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan C.

Teks eksplanasi ialah teks yang memuat penjelasan tentang penyebab atau latar belakang terjadinya suatu peristiwa yang disertai dengan urutan kejadian peristiwa tersebut. Selain itu, terdapat gagasan umum dan berbagai fakta penting dalam menjelaskan urutan peristiwa.

Struktur teks eksplanasi:

  1. Identifikasi fenomena
    Dalam teks eksplanasi, unsur pertama yang dimunculkan adalah identifikasi fenomena. Pada bagian ini penulis berusaha mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Artinya, bagian ini memaparkan latar belakang terjadinya berbagai peristiwa atau fenomena yang terjadi, seperti fenomena alam, fenomena sosial, hingga berbagai peristiwa budaya dan politik yang terjadi di sekitar. Pada bagian ini disebut juga pernyataan umum.
  2. Proses kejadian
    Pada bagian ini, penulis berusaha memerinci proses kejadian yang sesuai dengan peristiwa atau fenomena yang telah dijelaskan sebelumnya. Proses kejadian ini harus berusaha menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa peristiwa itu terjadi. Pertanyaan "bagaimana" akan menguraikan atau memerinci peristiwa atau fenomena yang tersusun secara kronologis (berdasarkan urutan waktu). Sementara itu, pertanyaan "mengapa" akan menguraikan atau memerinci peristiwa atau fenomena yang tersusun secara kausalitas (berdasarkan hubungan sebab akibat).
  3. Ulasan
    Struktur terakhir dalam teks eksplanasi adalah ulasan. Pada bagian ini, penulis memberikan komentar atau penilaian tentang akibat dari peristiwa atau fenomena yang telah diuraikan sebelumnya.

Kutipan tersebut menjelaskan fenomena pencemaran lingkungan yang hampir terjadi di seluruh Indonesia. Pencemaran tersebut berupa polusi udara kendaraan bermotor, pembuangan limbah industri, dan ulah manusia yang membuang sampah sembarangan. Pencemaran tersebut mengakibatkan kerugian, yaitu udara menjadi kotor, menyebarnya virus dan bakteri, menjangkitnya wabah penyakit serta menyebabkan banjir. Maka, kutipan teks tersebut menjelaskan akibat yang ditimbulkan oleh fenomena pencemaran lingkungan.

Sehingga, kutipan teks eksplanasi di atas termasuk ke dalam bagian deskripsi penjelas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan C.

1rb+

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian dari …

2rb+

4.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia