Pertanyaan

Bacalah kutipan tajuk rencana berikut dengan saksama!


Berdasarkan pengamatan BMKG, terdapat aktivitas MJO (Madden Jullian Oscillation) atau massa udara basah dan fenomena gelombang atmosfer (Rossby & Kelvin Wave) yang cukup signifikan terjadi di wilayah Indonesia. Akibatnya, terjadi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia.

Sumber: https://nasional.sindonews.comspace

Kutipan teks editorial tersebut termasuk struktur argumentasi karena berisi ....

Kutipan teks editorial tersebut termasuk struktur argumentasi karena berisi ....space

  1. masalahspace

  2. isuspace

  3. dataspace

  4. peristiwaspace

  5. kejadianspace

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah A.

jawaban yang benar adalah A.space

Pembahasan

Teks editorial adalah artikel utama yang ditulis oleh redaktur koran yang merupakan pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa (berita) aktual (sedang menjadi sorotan), fenomenal, dan kontroversial (menimbulkan perbedaan pendapat). Salah satu struktur teks editorial adalah penyampaian argumentasi . Penyampaian argumen berisi pembahasan berupa tanggapan redaksi terhadap isu yang sudah diperkenalkan sebelumnya. Alasan atau bukti digunakan untuk memperkuat pernyataan dalam tesis. Argumen bisa berbentuk data hasil penelitian, pernyataan para ahli, ataupun fakta-fakta berdasarkan referensi yang bisa dipercaya. Kutipan teks tersebut berisi struktur argumentasi karena berisi data pengamatan BMKG . Data tersebut terkait aktivitas MJO (Madden Jullian Oscillation) atau massa udara basah dan fenomena gelombang atmosfer (Rossby & Kelvin Wave) yang mengakibatkan terjadinya peningkatan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia. Dengan demikian, kutipan teks editorial tersebut termasuk struktur argumentasi karena berisi data . Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

Teks editorial adalah artikel utama yang ditulis oleh redaktur koran yang merupakan pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa (berita) aktual (sedang menjadi sorotan), fenomenal, dan kontroversial (menimbulkan perbedaan pendapat). Salah satu struktur teks editorial adalah penyampaian argumentasi. Penyampaian argumen berisi pembahasan berupa tanggapan redaksi terhadap isu yang sudah diperkenalkan sebelumnya. Alasan atau bukti digunakan untuk memperkuat pernyataan dalam tesis. Argumen bisa berbentuk data hasil penelitian, pernyataan para ahli, ataupun fakta-fakta berdasarkan referensi yang bisa dipercaya.

Kutipan teks tersebut berisi struktur argumentasi karena berisi data pengamatan BMKG. Data tersebut terkait aktivitas MJO (Madden Jullian Oscillation) atau massa udara basah dan fenomena gelombang atmosfer (Rossby & Kelvin Wave) yang mengakibatkan terjadinya peningkatan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia.
Dengan demikian, kutipan teks editorial tersebut termasuk struktur argumentasi karena berisi data.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space

1rb+

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Teks di atas termasuk struktur bagian….

6rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia