Roboguru

Kutipan buku nonfiksi berikut untuk soal nomor 1 dan 2.      Isaac Newton, ilmuwan terbesar dan paling berpengaruh yang pernah ada, dilahirkan di Woolsthorpe, Inggris, pada 25 Desember 1642. Sebagai seorang anak, dia menunjukkan pemahaman mekanika yang besar dan sangat terampil dengan kedua tangannya. Meskipun cerdas, dia kurang memperhatikan pelajaran di sekolah dan tidak menonjol. Ketika remaja, ibunya mengeluarkan dia dari sekolah dengan harapan dia akan menjadi seorang petani yang berhasil. Untungnya, ibunya berhasil dibujuk bahwa bakat utama Isaac ada di tempat lain. Pada usia delapan belas tahun Isaac masuk ke Universitas Cambridge.      Di universitas tersebut dia dengan cepat menyerap apa pun yang pada masa itu diketahui sebagai ilmu pengetahuan dan matematika. lsaac segera melakukan riset independennya sendiri. Antara usia 21–27 tahun Isaac meletakkan fondasi bagi teori-teori ilmiah yang nantinya akan mengubah dunia.  Disadur dari: Michael H. Hart, 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia, Jakarta,Noura Books, 2012 Jelaskan informasi penting yang terdapat dalam kutipan buku tersebut!

Pertanyaan

Kutipan buku nonfiksi berikut untuk soal nomor 1 dan 2. 


    Isaac Newton, ilmuwan terbesar dan paling berpengaruh yang pernah ada, dilahirkan di Woolsthorpe, Inggris, pada 25 Desember 1642. Sebagai seorang anak, dia menunjukkan pemahaman mekanika yang besar dan sangat terampil dengan kedua tangannya. Meskipun cerdas, dia kurang memperhatikan pelajaran di sekolah dan tidak menonjol. Ketika remaja, ibunya mengeluarkan dia dari sekolah dengan harapan dia akan menjadi seorang petani yang berhasil. Untungnya, ibunya berhasil dibujuk bahwa bakat utama Isaac ada di tempat lain. Pada usia delapan belas tahun Isaac masuk ke Universitas Cambridge. 


    Di universitas tersebut dia dengan cepat menyerap apa pun yang pada masa itu diketahui sebagai ilmu pengetahuan dan matematika. lsaac segera melakukan riset independennya sendiri. Antara usia 21–27 tahun Isaac meletakkan fondasi bagi teori-teori ilmiah yang nantinya akan mengubah dunia. 


Disadur dari: Michael H. Hart, 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia, Jakarta,Noura Books, 2012


Jelaskan informasi penting yang terdapat dalam kutipan buku tersebut! undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

Informasi penting yang terdapat dalam kutipan buku tersebut adalah Isaac Newton, ilmuwan terbesar dan paling berpengaruh yang pernah ada pernah mengalami masa sulit karena ia dikeluarkan oleh ibunya dari sekolah sebab ia kurang memperhatikan pelajaran di sekolah, ternyata pada akhirnya ia dapat melakukan riset dan meletakkan fondasi bagi teori-teori ilmiah yang nantinya akan mengubah dunia.

Ternyata seseorang tidak bisa diukur dari seberapa dia pandai di sekolah tetapi kenyamanan dalam suatu lingkunganlah yang dapat membuat seseorang menjadi dirinya sendiri.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved