Bacalah kutipan nonfiksi berikut!     Kekayaan alam nonmineral terdapat di laut dan samudra. Kekayaan alam yang tidak mengandalkan mineral sebagai sumber penghasilan, yang diperoleh manusia. Kekayaan alam ini dapat berupa sumber energi. Sumber energi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, Sumber energi yang terdapat di bumi semakin lama akan terkikis dan akhirnya habis. Hal inilah yang memacu  para peneliti untuk mencari sumber energi alternatif yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat ke depannya.      Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti, cadangan energi yang paling besar terdapat di dalam laut. Energi laut ini merupakan energi alternatif yang dapat dikategorikan sebagai energi yang dapat diperbarui. Dalam hal ini termasuk sumber daya nonhayati yang memiliki potensi- besar untuk dapat dikembangkan.      Selain menjadi sumber pangan, laut juga mengandung kekayaan aneka sumber daya energi. Keberadaannya semakin dibutuhkan manakala energi yang bersumber dari bahan bakar fosil semakin menipis. Laut memang menjadi tujuan akhir menjawab tantangan masyarakat yang sangat membutuhkan energi untuk kebutuhan sehari-hari.      Sumber energi yang terdapat di lautan dapat difungsikan untuk memperoleh daya listrik guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Beberapa pembangkit dengan memakai tenaga alam yang ramah lingkungan seperti sinar matahari, air, angin, serta sumber energi nonkonvensional yang terbarui dari lautan seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik. Potensi laut mampu memenuhi empat kali kebutuhan listrik dunia sehingga berbagai negara maju telah berlomba memanfaatkan energi ini.  Disadur dari: Nunung Yuli Eti, Keanekaragaman Kekayaan Laut dan Samudra Kita, Klaten, Cempaka Putih, 2011  Tentukan ide pokok setiap paragraf!

Pertanyaan

Bacalah kutipan nonfiksi berikut!


    Kekayaan alam nonmineral terdapat di laut dan samudra. Kekayaan alam yang tidak mengandalkan mineral sebagai sumber penghasilan, yang diperoleh manusia. Kekayaan alam ini dapat berupa sumber energi. Sumber energi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, Sumber energi yang terdapat di bumi semakin lama akan terkikis dan akhirnya habis. Hal inilah yang memacu  para peneliti untuk mencari sumber energi alternatif yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat ke depannya. 
    Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti, cadangan energi yang paling besar terdapat di dalam laut. Energi laut ini merupakan energi alternatif yang dapat dikategorikan sebagai energi yang dapat diperbarui. Dalam hal ini termasuk sumber daya nonhayati yang memiliki potensi- besar untuk dapat dikembangkan. 
    Selain menjadi sumber pangan, laut juga mengandung kekayaan aneka sumber daya energi. Keberadaannya semakin dibutuhkan manakala energi yang bersumber dari bahan bakar fosil semakin menipis. Laut memang menjadi tujuan akhir menjawab tantangan masyarakat yang sangat membutuhkan energi untuk kebutuhan sehari-hari. 
    Sumber energi yang terdapat di lautan dapat difungsikan untuk memperoleh daya listrik guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Beberapa pembangkit dengan memakai tenaga alam yang ramah lingkungan seperti sinar matahari, air, angin, serta sumber energi nonkonvensional yang terbarui dari lautan seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik. Potensi laut mampu memenuhi empat kali kebutuhan listrik dunia sehingga berbagai negara maju telah berlomba memanfaatkan energi ini. 

Disadur dari: Nunung Yuli Eti, Keanekaragaman Kekayaan Laut dan Samudra Kita, Klaten, Cempaka Putih, 2011 



Tentukan ide pokok setiap paragraf!undefined  
 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Untuk menentukan ide pokok dapat ditentukan terlebih dahulu kalimat utama masing-masing paragraf.

  1. Kalimat utama paragraf pertama terdapat di akhir karena terdapat kalimat kesimpulan bahwa sumber energi akan semakin berkurang sehingga membutuhkan alternatif lain.undefined
  2. Kalimat utama paragraf kedua adalah cadangan energi terbesar terdapat di laut.undefined
  3. Kalimat utama paragraf ketiga adalah laut mengandung kekayaan aneka sumber daya energi.undefined
  4. Kalimat utama paragraf keempat adalah sumber energi di lautan dapat difungsikan untuk memperoleh daya listrik.undefined

 

196

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Nilai kehidupan yang terkandung dalam kutipan buku tersebut adalah ....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia