Iklan

Iklan

Pertanyaan

Konflik yang terjadi antarsuku bangsa biasanya terjadi karena ….

Konflik yang terjadi antarsuku bangsa biasanya terjadi karena ….space space space

  1. perbedaan kebudayaanspace space

  2. perbedaan rasspace space

  3. fenomena suku asli dan pendatangspace space

  4. kesenjangan sosialspace space

  5. kesenjangan politikspace space

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Poin pada soal adalah sikap pemicu konflik antarsuku. Konsep pada soal terkait dengan adanya konflik horizontal yang ada dalam kehidupan masyarakat. Yang mana konflik horizontal ini konflik yang terjadi antara individu atau kelompok yang mempunyai kedudukan yang sama. Pada konflik horozontal ini biasanya konflik yang terjadi berkaitan dengan a danya perbedaan dalam kehidupan masyarakat seperti agama, ruku, ras, budaya dll. Yang mana pada konflik ini dapat dipicu karena adanya sikap etnosentrisme dan primordialisme. Yang mana pada sikap etnosentrisme ini merupakanpenilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai sosial dan standar budaya sendiri. Yang artinya sikap ini mengacu pada si kap dan sudut pandang oleh kelompok-kelompok tertentu yang memandang bahwa kebudayaannya lebih baik dibandingkan kebudyaan lainnya . Kemudian ada juga sikap primordialisme yaitusuatu perasaan-perasaan dimiliki oleh seseorang yang sangat menjunjung tinggi ikatan sosial yang berupa nilai-nilai, norma, dan kebiasaan-kebiasaan yang bersumber dari etnik, ras, tradisi dan kebudayaan yang dibawa sejak seorang individu baru dilahirka n. Pada sikap ini akan menyebabkan f anatisme pada diri seorang individu atau sekelompok orang sehingga akan membuat batasan-batasan terhadap kelompok atau budaya lain. Jika dianalisis bahwa setiap suku bangsa memiliki kebudayaan masing-masing yang berbeda dengansuku bangsa lain , dan kebudayaan ini akan terus dipertahankan sebagai warisan nenek moyang dan digunakan sebagai pedoman berperilaku. Sehingga setiap suku akan mempertahankan kebudayaan tersebut, yang mana t idak jarang pada kelompok suku tertentudapat memunculkan sikap primordialisme dan etnosentrisme yang dapat memicu konflik antar suku , karena mereka menganggap bahwa kebudayaan mereka lebih baik dibandingkan kebudayaan yang lain. Sehingga konflik antarsuku ini dapat disimpulkan karena adanya perbedaan kebudayaan . S eperti konflik suku sampit dengan suku madura dll. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah A

Poin pada soal adalah sikap pemicu konflik antarsuku. 

Konsep pada soal terkait dengan adanya konflik horizontal yang ada dalam kehidupan masyarakat. Yang mana konflik horizontal ini konflik yang terjadi antara individu atau kelompok yang mempunyai kedudukan yang sama. Pada konflik horozontal ini biasanya konflik yang terjadi berkaitan dengan adanya perbedaan dalam kehidupan masyarakat seperti agama, ruku, ras, budaya dll. Yang mana pada konflik ini dapat dipicu karena adanya sikap etnosentrisme dan primordialisme. 

Yang mana pada sikap etnosentrisme ini merupakan penilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai sosial dan standar budaya sendiri. Yang artinya sikap ini mengacu pada sikap dan sudut pandang oleh kelompok-kelompok tertentu yang memandang bahwa kebudayaannya lebih baik dibandingkan kebudyaan lainnya. Kemudian ada juga sikap primordialisme yaitu suatu perasaan-perasaan dimiliki oleh seseorang yang sangat menjunjung tinggi ikatan sosial yang berupa nilai-nilai, norma, dan kebiasaan-kebiasaan yang bersumber dari etnik, ras, tradisi dan kebudayaan yang dibawa sejak seorang individu baru dilahirkan. Pada sikap ini akan menyebabkan fanatisme pada diri seorang individu atau sekelompok orang sehingga akan membuat batasan-batasan terhadap kelompok atau budaya lain.

Jika dianalisis bahwa setiap suku bangsa memiliki kebudayaan masing-masing yang berbeda dengan suku bangsa lain, dan kebudayaan ini akan terus dipertahankan sebagai warisan nenek moyang dan digunakan sebagai pedoman berperilaku. Sehingga setiap suku akan mempertahankan kebudayaan tersebut, yang mana tidak jarang pada kelompok suku tertentu  dapat memunculkan sikap primordialisme dan etnosentrisme yang dapat memicu konflik antar suku, karena mereka menganggap bahwa kebudayaan mereka lebih baik dibandingkan kebudayaan yang lain. Sehingga konflik antarsuku ini dapat disimpulkan karena adanya perbedaan kebudayaan. Seperti konflik suku sampit dengan suku madura dll. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Aspace space

Latihan Bab

Mengenal Konflik Sosial dan Kekerasan

Sikap-Sikap Pemicu Konflik

Faktor Penyebab Konflik Sosial

Beberapa Tokoh Teori Konflik dan Pemikirannya

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikan masing-masing 2 contoh sikap primordialisme, etnosentrisme dan chauvinisme!

12rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia