Roboguru

Konflik yang terjadi antarsuku bangsa biasanya terjadi karena ….

Pertanyaan

Konflik yang terjadi antarsuku bangsa biasanya terjadi karena ….space space space

  1. perbedaan kebudayaanspace space

  2. perbedaan rasspace space

  3. fenomena suku asli dan pendatangspace space

  4. kesenjangan sosialspace space

  5. kesenjangan politikspace space

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah sikap pemicu konflik antarsuku. 

Konsep pada soal terkait dengan adanya konflik horizontal yang ada dalam kehidupan masyarakat. Yang mana konflik horizontal ini konflik yang terjadi antara individu atau kelompok yang mempunyai kedudukan yang sama. Pada konflik horozontal ini biasanya konflik yang terjadi berkaitan dengan adanya perbedaan dalam kehidupan masyarakat seperti agama, ruku, ras, budaya dll. Yang mana pada konflik ini dapat dipicu karena adanya sikap etnosentrisme dan primordialisme. 

Yang mana pada sikap etnosentrisme ini merupakan penilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai sosial dan standar budaya sendiri. Yang artinya sikap ini mengacu pada sikap dan sudut pandang oleh kelompok-kelompok tertentu yang memandang bahwa kebudayaannya lebih baik dibandingkan kebudyaan lainnya. Kemudian ada juga sikap primordialisme yaitu suatu perasaan-perasaan dimiliki oleh seseorang yang sangat menjunjung tinggi ikatan sosial yang berupa nilai-nilai, norma, dan kebiasaan-kebiasaan yang bersumber dari etnik, ras, tradisi dan kebudayaan yang dibawa sejak seorang individu baru dilahirkan. Pada sikap ini akan menyebabkan fanatisme pada diri seorang individu atau sekelompok orang sehingga akan membuat batasan-batasan terhadap kelompok atau budaya lain.

Jika dianalisis bahwa setiap suku bangsa memiliki kebudayaan masing-masing yang berbeda dengan suku bangsa lain, dan kebudayaan ini akan terus dipertahankan sebagai warisan nenek moyang dan digunakan sebagai pedoman berperilaku. Sehingga setiap suku akan mempertahankan kebudayaan tersebut, yang mana tidak jarang pada kelompok suku tertentu  dapat memunculkan sikap primordialisme dan etnosentrisme yang dapat memicu konflik antar suku, karena mereka menganggap bahwa kebudayaan mereka lebih baik dibandingkan kebudayaan yang lain. Sehingga konflik antarsuku ini dapat disimpulkan karena adanya perbedaan kebudayaan. Seperti konflik suku sampit dengan suku madura dll. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Aspace space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa konflik dan kekerasan sering terjadi di masyarakat?

Pembahasan Soal:

Poin soal menanyakan alasan konflik dan kekerasan sering terjadi di masyarakat. 
Konflik yang berkembang menjadi kekerasan sering terjadi pada masyarakat yang heterogen atau masyarakat majemuk karena keanekaragaman unsur di masyarakat  seperti perbedaan ras, suku bangsa, antar golongan dan profesi. Jika perbedaan tersebut disertai dengan munculnya sikap etnosentrisme, primordialismeperbedaan kepentingan dan tanpa adanya sikap empati dan toleransi maka dapat menimbulkan konflik. jika konflik tidak terselesaikan maka akan berkembang menjadi kekerasan.

0

Roboguru

Apa akibat yang ditimbulkan dari adanya perbedaan sosial, perbedaan individu, serta perbedaan antar kelompok?

Pembahasan Soal:

Dampak yang ditimbulkan akibat perbedaan sosial, perbedaan individu, serta perbedaan antar kelompok adalah rawannya terjadi gesekan antar masyarakat yang saling berbeda latar belakang.space space

Dampak negatif dari perbedaan yaitu:space space

  1. Munculnya sikap diskriminasi, yaitu suatu perbedaan yang dengan sengaja diadakan untuk membeda-bedakan orang lain.blank
  2. Munculnya primordialisme, yaitu anggapan yang dimiliki individu bahwa kelompoknya adalah yang paling unggul daripada yang lainnya.space space
  3. Munculnya etnosentrisme, yaitu anggapan individu yang meyakini bahwa suku bangsanya lebih baik daripada suku bangsa lainnya.space space
  4. Munculnya prasangka terhadap individu yang berbeda dari kita.space space

Hal ini dapat terjadi tergantung pada interaksi antara individu dan antar kelompok. Jika interaksi yang dibangun suatu masyarakat maupun antar kelompok masyarakat bersifat asosiatif maka kehidupan sosial yang terbangun adalah kehidupan yang serasi dan terintegrasi. Sebaliknya jika interaksi suatu masyarakat maupun antar kelompok masyarakat bersifat disosiatif maka berujung pada konflik dan kekerasan.space space 

0

Roboguru

Sikap superior salah satu suku di masyarakat tertentu berpotensi menimbulkan konflik antarsuku, yang banyak merugikan bagi kedua belah pihak baik moral maupun material. Artinya, faktor penyebab terjad...

Pembahasan Soal:

Ketika sebuah suku merasa superior dan merendahkan suku lainnya, maka hal ini berpotensi menimbulkan konflik antarsuku. Faktor penyebabnya adalah kuatnya paham primordialisme pada suku tersebut.

Primordialisme sebuah pandangan atau paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat-istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya. Kuatnya paham primordialisme yang dimiliki kelompok tertentu dapat berkembang menjadi sikap etnosentrisme dan merasa bahwa kelompoknya superior dibanding kelompok lain.

0

Roboguru

Sebutkan beberapa indikator dalam menggambarkan intensitas konflik-konflik yang terjadi dalam masyarakat Indonesia!

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas tentang indikator intensitas konflik yang terjadi di masyarakat Indonesia.

Soal ini berkaitan dengan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik di masyarakat Indonesia. Keberagaman di Indonesia menjadi salah satu indikator yang paling kuat pada terjadinya intensitas konflik di Indonesia, karena keberagaman tersebut akan mengakibatkan banyaknya perbedaan-perbedaan di masyarakat yang dapat memicu terjadinya konflik seperti perbedaan budaya, perbedaan bahasa, perbedaan nada bicara dan lain sebagainya yang menyebabkan berkembangnya paham etnosentrime, primordialisme dan politik aliran. 

0

Roboguru

Berikan masing-masing 2 contoh sikap primordialisme, etnosentrisme dan chauvinisme!

Pembahasan Soal:

Primordialisme adalah sebuah pandangan atau paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat-istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya. Contoh:

  1. Kepercayaan jika kejatuhan cicak akan membawa sial
  2. Tradisi Jawa yang mengharuskan membungkuk jika berjalan di depan orang yang lebih tua

Etnosentrisme adalah penilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai dan standar budaya sendiri. Orang-orang etnosentris menilai kelompok lain relatif terhadap kelompok atau kebudayaannya sendiri, khususnya bila berkaitan dengan bahasa, perilaku, kebiasaan, dan agama. Contoh:

  1. Di Indonesia tidak diperbolehkannya praktik "kumpul kebo" karena melanggar nilai asusila. Sedangkan pada budaya barat, praktik tersebut umum terjadi karena beberapa pertimbangan seperti menghemat biaya sewa rumah atau kontrakan dan lainnya. Orang Asia menganggap budayanya yang menjunjung tinggi nilai asusila lebih beradab dibandingkan budaya barat.
  2. Segelintir orang di Indonesia yang menganggap bahkan mengejek bahasa Negara lain, dan membanding-bandingkannya dengan bahasa Indonesia.

Chauvinisme merupakan paham nasionalisme yang terlalu berlebihan sehigga menganggap negara lain lebih rendah dan hina daripada negaranya. Contoh:

  1. Jerman mempunyai pemimpin yang diktaktor, kejam, dan bermusuhan dengan bangsa yang lain, utamanya bangsa Yahudi, ia adalah Adolf Hitler. Hitler mengutarakan bahwa Jerman di atas segalanya dalam dunia dan menganggap ras Jerman adalah ras arya sehingga menganggap bangsa lain tidak pantas ada.
  2. Italia memiliki seorang politisi bernama Benito Amilcare Andrea Mussolini (B. Mussolini), yang menganggap negara lain adalah negara peniru dan tidak kreatif, menjadikan pemahamannya dikenal sombong dan kaku.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved