Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikan masing-masing 2 contoh sikap primordialisme, etnosentrisme dan chauvinisme!

Berikan masing-masing 2 contoh sikap primordialisme, etnosentrisme dan chauvinisme!undefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Primordialisme adalah sebuah pandangan atau paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat-istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya. Contoh: Kepercayaan jika kejatuhan cicak akan membawa sial Tradisi Jawa yang mengharuskan membungkuk jika berjalan di depan orang yang lebih tua Etnosentrisme adalah penilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai dan standar budaya sendiri. Orang-orang etnosentris menilai kelompok lain relatif terhadap kelompok atau kebudayaannya sendiri, khususnya bila berkaitan dengan bahasa, perilaku, kebiasaan, dan agama. Contoh: Di Indonesia tidak diperbolehkannya praktik "kumpul kebo" karena melanggar nilai asusila. Sedangkan pada budaya barat, praktik tersebut umum terjadi karena beberapa pertimbangan seperti menghemat biaya sewa rumah atau kontrakan dan lainnya. Orang Asia menganggap budayanya yang menjunjung tinggi nilai asusila lebih beradab dibandingkan budaya barat. Segelintir orang di Indonesia yang menganggap bahkan mengejek bahasa Negara lain, dan membanding-bandingkannya dengan bahasa Indonesia. Chauvinisme merupakan paham nasionalisme yang terlalu berlebihan sehigga menganggap negara lain lebih rendah dan hina daripada negaranya. Contoh: Jerman mempunyai pemimpin yang diktaktor, kejam, dan bermusuhan dengan bangsa yang lain, utamanya bangsa Yahudi, ia adalah Adolf Hitler. Hitler mengutarakan bahwa Jerman di atas segalanya dalam dunia dan menganggap ras Jerman adalah ras arya sehingga menganggap bangsa lain tidak pantas ada. Italia memiliki seorang politisi bernama Benito Amilcare Andrea Mussolini (B. Mussolini), yang menganggap negara lain adalah negara peniru dan tidak kreatif, menjadikan pemahamannya dikenal sombong dan kaku.

Primordialisme adalah sebuah pandangan atau paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat-istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya. Contoh:

  1. Kepercayaan jika kejatuhan cicak akan membawa sial
  2. Tradisi Jawa yang mengharuskan membungkuk jika berjalan di depan orang yang lebih tua

Etnosentrisme adalah penilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai dan standar budaya sendiri. Orang-orang etnosentris menilai kelompok lain relatif terhadap kelompok atau kebudayaannya sendiri, khususnya bila berkaitan dengan bahasa, perilaku, kebiasaan, dan agama. Contoh:

  1. Di Indonesia tidak diperbolehkannya praktik "kumpul kebo" karena melanggar nilai asusila. Sedangkan pada budaya barat, praktik tersebut umum terjadi karena beberapa pertimbangan seperti menghemat biaya sewa rumah atau kontrakan dan lainnya. Orang Asia menganggap budayanya yang menjunjung tinggi nilai asusila lebih beradab dibandingkan budaya barat.
  2. Segelintir orang di Indonesia yang menganggap bahkan mengejek bahasa Negara lain, dan membanding-bandingkannya dengan bahasa Indonesia.

Chauvinisme merupakan paham nasionalisme yang terlalu berlebihan sehigga menganggap negara lain lebih rendah dan hina daripada negaranya. Contoh:

  1. Jerman mempunyai pemimpin yang diktaktor, kejam, dan bermusuhan dengan bangsa yang lain, utamanya bangsa Yahudi, ia adalah Adolf Hitler. Hitler mengutarakan bahwa Jerman di atas segalanya dalam dunia dan menganggap ras Jerman adalah ras arya sehingga menganggap bangsa lain tidak pantas ada.
  2. Italia memiliki seorang politisi bernama Benito Amilcare Andrea Mussolini (B. Mussolini), yang menganggap negara lain adalah negara peniru dan tidak kreatif, menjadikan pemahamannya dikenal sombong dan kaku.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

26

TIARA NOVITA DEVI AULIA

Mudah dimengerti

Auraa nf

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan beberapa indikator dalam menggambarkan intensitas konflik-konflik yang terjadi dalam masyarakat Indonesia!

23

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia