Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dibawah ini merupakan beberapa bentuk sikap antisosial yang bersifat sosiokultural, kecuali ...

Dibawah ini merupakan beberapa bentuk sikap antisosial yang bersifat sosiokultural, kecuali ... 

  1. primordialismeundefined 

  2. etnosentrismeundefined 

  3. stereotipundefined 

  4. fanatismeundefined 

  5. diskriminasiundefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Poin pada soal terkait dengan adanya sikap yang menyebabkan konflik. Pada hakikatnya konflik tidak akan terlepas dari kehidupan masyarakat, karena masyarakat memiliki banyak perbedaan-perebedaan masyarakat yang jika tidak ada rasa toleransi maka akan mengakibatkan konfl ik. Dan konflik merupakan proses sosial yang melibatkan masyarakat menjadi tem pat interaksinya namun memiliki sifat negatif yang mengakibatkan perpecahan dan konflik . Dari hal itu menimbulkan a ktivitas-aktivitas masyarakat yang kemudian menimbulkan sikap-sikap yang dapat memicu terjadinya konflik adalah salah satunya sik ap anti sosial yaituuntuk menggambarkan sebuah gangguan kepribadian di mana terjadi penyimpangan perilaku dari norma-norma, yang terus dilakukan dari waktu ke waktu, dan mengarah pada perbuatan yang berpotensi membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain. Sehingga dengan hal tersebut dapat mengakibatkan konflik-konflik di kehidupan masyarakat. Dalam sikap anti sosial juga memiliki konteks sosiokultural adalah sikap anti sosial yang berkaitan dengan konteks kebudayaan seorang individu. Seperti adanya sebuah sikap-sikap yang mengarah pada diri individu untuk melakukan sebuah pelanggaran atau bahkan penyimpangan terhadap budaya-budaya yang dianut oleh indiviu, Seperti sikap diskriminasi, stereotip, primordialisme, dan etnosentrisme. Sikap-sikap tersebut adalah sikap yang berakibat terhadap adanya konflik kebudayaan atau menghabat terwujudnya integrasi sosial. Dengan melihat penjelasan di atas, yang tidak termasuk sikap antisosial dalam konteks sosiokultural adalah D fanatisme, karena fanatisme adalah sikap seorang individu yang menykai berlebihan tentang suatu hal agama, politik dan lain-lain.

Poin pada soal terkait dengan adanya sikap yang menyebabkan konflik. 

Pada hakikatnya konflik tidak akan terlepas dari kehidupan masyarakat, karena masyarakat  memiliki banyak perbedaan-perebedaan masyarakat yang jika tidak ada rasa toleransi maka akan mengakibatkan konflik. Dan  konflik merupakan proses sosial yang melibatkan masyarakat menjadi tempat interaksinya namun memiliki sifat negatif yang mengakibatkan perpecahan dan konflik. Dari hal itu menimbulkan aktivitas-aktivitas masyarakat yang kemudian menimbulkan sikap-sikap yang dapat memicu terjadinya konflik adalah salah satunya sikap anti sosial yaitu untuk menggambarkan sebuah gangguan kepribadian di mana terjadi penyimpangan perilaku dari norma-norma, yang terus dilakukan dari waktu ke waktu, dan mengarah pada perbuatan yang berpotensi membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain. Sehingga dengan hal tersebut dapat mengakibatkan konflik-konflik di kehidupan masyarakat. 

Dalam sikap anti sosial juga memiliki konteks sosiokultural adalah sikap anti sosial yang berkaitan dengan konteks kebudayaan seorang individu. Seperti adanya sebuah sikap-sikap yang mengarah pada diri individu untuk melakukan sebuah pelanggaran atau bahkan penyimpangan terhadap budaya-budaya yang dianut oleh indiviu,  Seperti sikap diskriminasi, stereotip, primordialisme, dan etnosentrisme. Sikap-sikap tersebut adalah sikap yang berakibat terhadap adanya konflik kebudayaan atau menghabat terwujudnya integrasi sosial. 

Dengan melihat penjelasan di atas, yang tidak termasuk sikap antisosial dalam konteks sosiokultural adalah D fanatisme, karena fanatisme adalah sikap seorang individu yang menykai berlebihan tentang suatu hal agama, politik dan lain-lain.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Konflik Sosial dan Kekerasan

Sikap-Sikap Pemicu Konflik

Faktor Penyebab Konflik Sosial

Beberapa Tokoh Teori Konflik dan Pemikirannya

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

535

Andrew Krisnathan Purba

Mudah dimengerti

Cindy Malika

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan beberapa indikator dalam menggambarkan intensitas konflik-konflik yang terjadi dalam masyarakat Indonesia!

735

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia