Roboguru

Konfigurasi elektron dapat digunakan untuk mempelajari keadaan elektron pada atom. Berdasarkan konfigurasi elektron tersebut, dapat diketahui struktur elektron yang stabil dan kurang stabil sehingga berkembang adanya konfigurasi elektron setengah penuh yang diketahui memiliki sifat lebih stabil. a. Mengapa perlu diketahui konfigurasi elektron yang stabil dan kurang stabil? b. Mungkinkah ada konfigurasi elektron lain yang lebih stabil dari konfigurasi elektron penuh dan  setengah penuh?

Pertanyaan

Konfigurasi elektron dapat digunakan untuk mempelajari keadaan elektron pada atom. Berdasarkan konfigurasi elektron tersebut, dapat diketahui struktur elektron yang stabil dan kurang stabil sehingga berkembang adanya konfigurasi elektron setengah penuh yang diketahui memiliki sifat lebih stabil.

a. Mengapa perlu diketahui konfigurasi elektron yang stabil dan kurang stabil?

b. Mungkinkah ada konfigurasi elektron lain yang lebih stabil dari konfigurasi elektron penuh dan 
setengah penuh?

Pembahasan Soal:

Stabil atau kurang stabilnya konfigurasi elektron dapat diketahui berdasarkan konfigurasinya. Pada unsur yang terletak di blok d dan memiliki konfigurasi elektron ns(n-1)d, berlaku aturan penuh dan setengah penuh. Jika elektron pada orbital ns(n-1)d terisi setengah penuh atau penuh, maka konfigurasinya lebih stabil. Pentingnya mengetahui konfigurasi elektron yang stabil adalah agar kita mengetahui tingkatan energi dan perpindahan energi yang terjadi, dapat mengetahui sifat unsur tersebut, dan bagaimana unsur tersebut berikatan dengan unsur lain.


Jadi, jawabannya untuk bagian:

a. karena dengan mengetahui konfigurasi elektron yang lebih stabil kita dapat mengetahui tingkatan energi dan perpindahan energi yang terjadi, mengetahui sifat unsur tersebut, dan bagaimana unsur tersebut berikatan dengan unsur lain.

b. konfigurasi elektron penuh dan setengah penuh adalah salah satu cara untuk membuat konfigurasi elektron unsur blok d lebih stabil, selain itu unsur golongan VIIIA juga merupakan unsur-unsur yang memiliki konfigurasi elektron stabil.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Yassa

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Konfigurasi elektron atom . Jumlah elektron yang tidak berpasangan pada atom  adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Jumlah elektron yang tidak berpasangan pada atom Mn dapat ditentukan dengan menggambarkan diagram orbitalnya. Suatu subkulit punya sejumlah orbital. Orbital digambarkan sebagai persegi dan berisi garis setengah panah yang mewakili elektron. Subkulit s punya 1 orbital, p punya 3 orbital, d punya 5 orbital, dan f 14 orbital. Menurut aturan Kaidah Hund pengisian elektron dalam orbital cenderung untuk tidak berpasangan lebih dahulu, kemudian apabila tidak ada lagi orbital yang kosong maka barulah elektron akan berpasangan.

Berikut diagram oribtal pada elektron valensi terakhir atom Mn space colon space open square brackets Ar close square brackets space 3 d to the power of 5 space 4 s squared

Berdasarkan gambar diagram orbital di atas maka elektron yang tidak berpasangan (1 ruang ditempati 1 elektron) berjumlah 5. 

Jadi, jawaban yang benar adalah E.space

1

Roboguru

Bagaimana pengisian elektron pada masing-masing orbital dari atom berikut? Hitunglah jumlah elektron yang tidak berpasangan! c.  24Cr d.  31Ga

Pembahasan Soal:

Mula-mula, tuliskan konfigurasi elektron sesuai aturan Aufbau. Selanjutnya, lakukan pengisian orbital. Satu orbital maksimum diisi dengan 2 elektron. Jumlah orbital pada subkulit s = 1 orbital, p = 3 orbital, d = 5 orbital, dan f = 7 orbital. Pengisian elektron pada orbital, mengikuti aturan Hund, yaitu 1 elektron diisi hingga semua orbital setengah penuh, baru diisi berpasangan. Untuk menentukan jumlah elektron yang tidak berpasangan, hanya gambarkan subkulit valensi dari atom tersebut.

c.  24Cr

Konfigurasi elektron = 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s1 3d5 atau [Ar]18 4s1 3d5. Konfigurasi ini dipilih karena lebih stabil dibandingkan jika [Ar]18 4s2 3d4. Subkulit valensinya adalah 4s1 3d5. Diagram orbital:

Terlihat bahwa, unsur Cr memiliki 6 elektron tidak berpasangan.

d.  31Ga

Konfigurasi elektron = 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d10 4p1 atau [Ar]18 4s2 3d10 4p1. Subkulit valensinya adalah 4s2 4p1. Diagram orbital:

Terlihat bahwa, unsur Ga memiliki 1 elektron tidak berpasangan.


Jadi, pengisian elektron pada orbital, mengikuti aturan Hund, yaitu 1 elektron diisi hingga semua orbital setengah penuh, baru diisi berpasangan. Unsur Cr memiliki 6 elektron tidak berpasangan dan unsur Ga memiliki 1 elektron tidak berpasangan.

0

Roboguru

Suatu unsur X memiliki nomor atom 27. Susunlah konfigurasi elektron dan tentukan jumlah kulit, subkulit, dan orbital yang berisi elektron penuh dan setengah penuh.

Pembahasan Soal:

Konfigurasi elektron unsur X berdasarkan konfigurasi Aufbau adalah:


X presubscript 27 equals 1 italic s squared italic 2 italic s to the power of italic 2 italic 2 italic p to the power of italic 6 3 italic s to the power of italic 2 3 italic p to the power of italic 6 4 italic s to the power of italic 2 3 italic d to the power of italic 7


Jumlah kulit ditunjukkan oleh bilangan terbesar pada konfigurasi elektron yaitu 4. Subkulitnya adalah 1 italic s italic space italic 2 italic s italic space italic 2 italic p italic space 3 italic s italic space 3 italic p italic space 4 italic s italic space 3 italic d.


Orbitalnya adalah:



Total orbital ada: 15 orbital dengan 12 orbital berisi elektron penuh dan 3 orbital berisi elektron setengah penuh.


Jadi,

konfigurasi elektronnya adalah: X presubscript 27 equals 1 italic s squared italic 2 italic s to the power of italic 2 italic 2 italic p to the power of italic 6 3 italic s to the power of italic 2 3 italic p to the power of italic 6 4 italic s to the power of italic 2 3 italic d to the power of italic 7

dengan jumlah kulit sebanyak 4 dan subkulit: 1 italic s italic space italic 2 italic s italic space italic 2 italic p italic space 3 italic s italic space 3 italic p italic space 4 italic s italic space 3 italic d.

Jumlah orbital totalnya adalah 15 dengan 12 orbital berisi elektron penuh dan 3 orbital setengah penuh.

0

Roboguru

Diketahui unsur P (Z = 15), Cr (Z = 24), dan Mn (Z = 25). Tuliskan masing-masing: a. konfigurasi elektron, b. diagram orbital, c. jumlah kulit, d. jumlah subkulit, dan e. jumlah elektron tunggal ...

Pembahasan Soal:

a. Konfigurasi ketiga unsur tersebut adalah sebagai berikut.

  • P left parenthesis Z equals 15 right parenthesis space colon space 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p cubed
  • Cr left parenthesis Z equals 24 right parenthesis space colon space 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 6 space 4 s to the power of 1 space 3 d to the power of 5
  • Mn left parenthesis Z equals 25 right parenthesis space colon space 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 6 space 4 s squared space 3 d to the power of 5

catatan : untuk atom Cr mengikuti kaidah kestabilan orbital penuh dan setengah penuh.

b. Dari konfigurasi di atas, kita dapat menggambarkan diagram orbital tiap-tiap unsur sebagai berikut.

  • P (Z=15)

  • Cr (Z=24)

  • Mn (Z=25)

c. Jumlah kulit untuk P, Cr, dan Mn berturut-turut adalah 3,3, dan 4. Jumlah kulit dapat dilihat dari kulit terluar masing-masing unsur.

d. Subkulit pada konfigurasi elektron dilambangkan dengan s,p,d,f, dan seterusnya. Dari konfigurasi dan diagram orbital di atas dapat dihitung jumlah subkulit masing-masing unsur. Jumlah subkulit untuk masing-masing unsur P, Cr, dan Mn adalah 5, 7, dan 7.

e. Dari diagram orbital dapat dilihat jumlah elektron yang tidak berpasangan. Jumlah elektron tak berpasangan dari unsur P, Cr, dan Mn berturut-turut adalah 3,6, dan 5.

Jadi, jawaban yang benar adalah sesuai uraian di atas.

1

Roboguru

Kulit K terdiri dari ... subkulit, yaitu .... Jadi, ada ... orbital dan ... elektron pada kulit K.

Pembahasan Soal:

Kulit K terdiri dari 1 subkulit, yaitu s. Subkulit s terdiri dari 1 orbital. Dimana ada setiap orbital dapat diisi oleh maksimal 2 elektron.

Jadi, ada 1 orbital dan 2 elektron pada kulit K. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved