Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kompetisi merupakan peristiwa yang .... (1) Biasa terjadi di alam (2) Berlangsung baik pada hewan maupun padatumbuhan (3) Berlangsung pada organisme dari spesies yangsama atau berbeda (4) Merupakan persaingan untuk memperolehsumber yang tidak terbatas jumlahnya

Kompetisi merupakan peristiwa yang .... 

(1) Biasa terjadi di alam
(2) Berlangsung baik pada hewan maupun pada tumbuhan
(3) Berlangsung pada organisme dari spesies yang sama atau berbeda
(4) Merupakan persaingan untuk memperoleh sumber yang tidak terbatas jumlahnya

  1. (1), (2), dan (3) benar

  2. (1) dan (3) benar

  3. (2) dan (4) benar

  4. Hanya (4) yang benar

  5. Semuanya benar

Iklan

R. Fitriani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Nusantara PGRI Kediri

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kompetisi adalah hubungan antara organisme yang berusaha untuk mendapatkan sumber daya yang sama di tempat yang sama. Sumber daya tersebut bisamakanan, air, atau ruang. Hal ini terjadi karena masing-masing spesies memiliki kebutuhan yang sama. Persaingan dapat mengakibatkan organisme atau spesies yang kalah bersaing akan mati, tersingkir, atau berpindah ke tempat lain. Spesies yang berkompetisi dengan lebih efektif akan mempunyai kemampuan hidup yang lebih baik dibandingkan kompetitornya. Ada dua jenis kompetisi: Kompetisi intraspesifik terjadi antara anggota spesies yang sama. Misalnya, dua burung jantan dari spesies yang sama mungkin bersaing dengan rekan mereka di daerah yang sama. Jenis kompetisi merupakan faktor dasar dalam seleksi alam. Hal ini menyebabkan evolusi adaptasiyang lebih baik dalam suatu spesies. Kompetisi interspesifik terjadi antara anggota spesies yang berbeda. Misalnya, singa dan harimau yang bersaing untuk memperoleh mangsa jika berada di tempat yang sama.

Kompetisi adalah hubungan antara organisme yang berusaha untuk mendapatkan sumber daya yang sama di tempat yang sama. Sumber daya tersebut bisa makanan, air, atau ruang. Hal ini terjadi karena masing-masing spesies memiliki kebutuhan yang sama. Persaingan dapat mengakibatkan organisme atau spesies yang kalah bersaing akan mati, tersingkir, atau berpindah ke tempat lain. Spesies yang berkompetisi dengan lebih efektif akan mempunyai kemampuan hidup yang lebih baik dibandingkan kompetitornya. Ada dua jenis kompetisi:

  1. Kompetisi intraspesifik terjadi antara anggota spesies yang sama. Misalnya, dua burung jantan dari spesies yang sama mungkin bersaing dengan rekan mereka di daerah yang sama. Jenis kompetisi merupakan faktor dasar dalam seleksi alam. Hal ini menyebabkan evolusi adaptasi yang lebih baik dalam suatu spesies.
  2. Kompetisi interspesifik terjadi antara anggota spesies yang berbeda. Misalnya, singa dan harimau yang bersaing untuk memperoleh mangsa jika berada di tempat yang sama.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

18

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kompetisi merupakan peristiwa yang … (SBMPTN 2015) Bisa terjadi di alam Berlangsung baik pada hewan maupun pada tumbuhan Berlangsung pada organisme dari spesies yang sama atau berbeda M...

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia